Geliang-ular

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Geliang ular
Jynx

Eurasian wryneck (Jynx torquilla) Punjab, India
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPiciformes
FamiliPicidae
GenusJynx
Linnaeus, 1758
Species
Jynx torquilla
Jynx ruficollis

Range map for Eurasian wryneck

Burung geliang-ular atau pelatuk-semut (genus Jynx ) adalah sekelompok kecil burung pelatuk Dunia Lama yang kecil namun khas. Jynx berasal dari bahasa Yunani Kuno iunx, geliang ular Erasia .

Burung ini mendapatkan nama Indonesia karena kemampuannya memutar kepala hampir 180°. Saat diganggu di sarangnya, mereka menggunakan kepala seperti ular yang memutar dan mendesis sebagai bentuk ancaman. Kadang-kadang disebut "burung kepala ular" karena alasan itu. Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah atau memiliki nama yang salah.

Seperti burung pelatuk sejati, burung geliang ular memiliki kepala yang besar, lidah yang panjang, yang mereka gunakan untuk mengeluarkan serangga mangsanya, dan kaki zigodaktil dengan dua jari mengarah ke depan dan dua ke belakang, namun mereka tidak memiliki bulu ekor kaku yang digunakan burung pelatuk sejati saat memanjat pohon., jadi dibandingkan kerabatnya, mereka lebih cenderung bertengger di dahan daripada di batang yang tegak. Baik betina maupun jantan memiliki penampilan (Jynginae) serupa.[1]

Paruhnya lebih pendek dan tidak seperti belati dibandingkan burung pelatuk sejati, namun mangsa utama mereka adalah semut dan serangga lain, yang mereka temukan di kayu lapuk atau di tanah yang hampir gundul. Mereka memanfaatkan kembali lubang burung pelatuk untuk bersarang, dibandingkan membuat lubang sendiri. Telurnya berwarna putih, seperti banyak sarang lubang.

Kedua spesies ini memiliki bulu samar, dengan pola rumit berwarna abu-abu dan coklat. Burung dewasa berganti bulu dengan cepat antara bulan Juli dan September, meskipun beberapa mabung berlanjut di musim dingin.[2] Suaranya seperti panggilan sengau burung pelatuk. Bunyinya digambarkan sebagai pengulangan bunyi que, que, que, berkali-kali berturut-turut, awalnya cepat, tetapi lambat laun melambat dan dengan nada yang terus menurun. Hal ini baru terdengar selama beberapa minggu keberadaannya di Eropa. [3]

Spesies[sunting | sunting sumber]

Gambar Nama umum dan ilmiah Subspesies Distribusi spesies
</img> Geliang-ular Erasia



</br> Jynx torquilla
J.t. torquilla Linnaeus, 1758



</br> J.t. chinensis Hesse, 1911



</br> J. T. himalaya Vaurie, 1959



</br> J. T. mauretanica Rothschild, 1909



</br> J. T. sarudnyi Loudon, 1912



</br> J. T. tschusii Kleinschmidt, 1907
Palearktik dari Lingkaran Arktik ke selatan hingga Spanyol, Aljazair, Maroko, Siberia bagian selatan, Asia Tengah, Jepang, dan Tiongkok bagian selatan. [4] [5] Musim dingin di selatan Sahara dari Senegal, Gambia dan Sierra Leone di barat hingga Ethiopia di timur. , dan di Asia Selatan dan Tenggara yang tropis. [6]
</img> Geliang-ular leher-merah



</br> Jynx ruficollis
J.r. ruficollis Wagler, 1830



</br> J. R. aequatorialis Ruppell, 1842



</br> J. R. pulchricollis Hartlaub, 1884
Tinggal di Afrika sub-Sahara [7] dari Nigeria, Kamerun, Republik Afrika Tengah dan Ethiopia selatan hingga Afrika Selatan dan Eswatini . [4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Woodpeckers, Wrynecks, and Piculets (Picidae) | Encyclopedia.com". www.encyclopedia.com. Diakses tanggal 28 March 2023. 
  2. ^ RSPB Handbook of British Birds (2014). UK. ISBN 978-1-4729-0647-2.
  3. ^  Newton, Alfred (1911). "Wryneck". Dalam Chisholm, Hugh. Encyclopædia Britannica. 28 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 854. 
  4. ^ a b . 2016. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22680689A92872725.en.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  5. ^ Butchart, S.; Ekstrom, J. "Eurasian Wryneck Jynx torquilla". BirdLife International. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-10-21. Diakses tanggal 2013-08-06. 
  6. ^ Gorman (2022) pp. 4–6.
  7. ^ Gorman (2022) pp. 39–40.