Friedensreich Hundertwasser

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Friedensreich Hundertwasser
Hundertwasser nz 1998 hg.jpg
Hundertwasser 1998 di Selandia Baru
Lahir(1928-12-15)15 Desember 1928
Meninggal19 Februari 2000(2000-02-19) (umur 71)
KebangsaanAustria
Dikenal atasSeni, arsitektur, patung
Hundertwasser (kiri) 1965 di Hannover

Friedensreich Regentag Dunkelbunt Hundertwasser (15 Desember 1928 – 19 Februari 2000) adalah seorang pelukis dan pematung Austria. Hundertwasser adalah salah satu seniman kontemporer Austria paling terkenal dari abad ke-20.

Walaupun Hundertwasser pertama terkenal karena lukisan-lukisannya, sekarang Hundertwasser lebih terkenal karena gaya arsitekturnya yang memberi bentuk tidak teratur kepada bangunan. Hundertwasserhaus, sebuah bangunan apartemen di Wina, memiliki lantai yang tidak rata, atap yang ditutup dengan tanah dan rumput, dan pohon-pohon tinggi yang tumbuh dari dalam ruangan, dengan cabang-cabang keluar dari beberapa jendela. Hundertwasser tidak mengambil bayaran untuk rancangan Hundertwasserhaus.

Hundertwasser merasa bahwa arsitektur standar tidak dapat disebut seni, dan menyatakan bahwa rancangan suatu bangunan harus dipengaruhi oleh rasa seni penghuninya. Karyanya telah digunakan sebagai perangko, bendera, uang logam, poster, sekolah, gereja, toilet umum di Kawakawa di Selandia Baru, dan bangunan apartemen. Benderanya yang paling terkenal adalah bendera Koru. Hundertwasser juga merancang perangko untuk Tanjung Verde dan kantor PBB Jenewa dalam rangka ulang tahun Universal Declaration of Human Rights ke-35.

Hundertwasser menganggap Selandia Baru sebagai rumah resminya, dan ke manapun Hundertwasser pergi, jam tangannya selalu menunjukkan waktu Selandia Baru. Hundertwasser dimakamkan di Selandia Baru setelah meninggal di laut di atas kapal RMS Queen Elizabeth 2 pada tahun 2000.

Bangunan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]