Frida

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Frida
Fridaposter2002.jpg
Poster film Frida
Sutradara Julie Taymor
Produser Sarah Green
Salma Hayek
Jay Polstein
Lizz Speed
Nancy Hardin
Lindsay Flickinger
Roberto Sneider
Skenario Clancy Sigal
Diane Lake
Gregory Nava
Anna Thomas
Berdasarkan Frida: A Biography of Frida Kahlo 
oleh Hayden Herrera
Pemeran Salma Hayek
Alfred Molina
Geoffrey Rush
Musik Elliot Goldenthal
Sinematografi Rodrigo Prieto
Penyunting Françoise Bonnot
Perusahaan
produksi
Ventanarosa
Lionsgate Films
Distributor Miramax Films
Tanggal rilis
  • 29 Agustus 2002 (2002-8-29) (Festival Film Venesia)
  • 25 Oktober 2002 (2002-10-25) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 22 November 2002 (2002-11-22) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
123 menit[1]
Negara Amerika Serikat[2]
Bahasa Bahasa Inggris
Bahasa Spanyol
Bahasa Perancis
Bahasa Rusia
Anggaran $12 juta[3]
Pendapatan kotor $56,298,474[3]

Frida adalah film biografi drama romantis Amerika Serikat tahun 2002 yang disutradarai oleh Julie Taymor dan diproduseri oleh Sarah Green, Salma Hayek, Jay Polstein, Lizz Speed, Nancy Hardin, Lindsay Flickinger dan Roberto Sneider. Naskah film ini ditulis oleh Clancy Sigal, Diane Lake, Gregory Nava dan Anna Thomas berdasarkan buku Frida: A Biography of Frida Kahlo karya Hayden Herrera. Film ini dibintangi oleh Salma Hayek, Alfred Molina dan Geoffrey Rush.

Film Frida ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 29 Agustus 2002 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 25 Oktober 2002 secara terbatas dan 22 November 2002 secara luas. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film ini diawali tepat sebelum kecelakaan traumatis Frida Kahlo (Salma Hayek) pada usia 18 tahun ketika bis yang ditumpanginya bertabrakan dengan trem. Ia tertusuk tiang logam dan luka yang dideritanya membekas selama sisa hidupnya. Untuk membantunya melewati masa pemulihan, ayahnya (Roger Rees) memberikan kanvas untuknya agar Frida mulai melukis.

Frida berhubungan tidak harmonis dengan muralis Diego Rivera (Alfred Molina). Ketika Diego melamar Frida, ia memberitahu Diego bahwa ia mengharapkan kesetiaan dari Diego. Penilaian Diego atas kemampuan melukisnya adalah salah satu alasan mengapa Frida terus melukis. Selama pernikahan mereka, Diego berselingkuh dengan beberapa wanita, sementara Frida, yang biseksual, berselingkuh dengan kekasih pria dan wanita, termasuk berselingkuh dengan wanita yang sama dengan Diego dalam satu kejadian.

Frida dan Diego melakukan perjalanan ke New York sehingga ia dapat melukis mural Man at the Crossroads di Rockefeller Center. Ketika berada di Amerika Serikat, Frida menderita keguguran dan ibunya (Patricia Reyes) meninggal di Meksiko. Diego menolak menodai visi komunisme atas karyanya untuk kebutuhan para penyokong, Nelson Rockefeller (Edward Norton), yang menyebabkan muralnya hancur. Frida dan Diego kembali ke Meksiko, meskipun Diego merasa keberatan atas apa yang terjadi dengan dirinya.

Adik Frida, Cristina (Mía Maestro), pindah bersama mereka berdua di rumah studio San Ángel untuk bekerja sebagai asisten Diego. Segera setelah itu, Frida menemukan bahwa Diego berselingkuh dengan Cristina. Frida meninggalkan Diego, lalu ia menjadi alkoholik. Frida dan Diego berdamai ketika Diego memintanya untuk menyambut dan menyediakan rumah untuk Leon Trotsky (Geoffrey Rush), yang telah diberikan tempat perlindungan politik di Meksiko. Frida dan Leon memulai perselingkuhan, memaksa Leon yang sudah menikah untuk meninggalkan rumah perlindungan Coyoacán.

Frida berangkat ke Paris setelah Diego menyadari bahwa Frida berselingkuh dengan Leon. Meskipun Diego memiliki masalah dengan perselingkuhan Frida yang lain, Leon terlalu penting bagi Diego untuk terlibat secara intim dengan istrinya. Ketika Frida kembali ke Meksiko, Diego meminta perceraian. Segera setelah itu, Leon dibunuh di Mexico City. Diego awalnya menjadi tersangka pembunuhan Leon, namun Frida dikurung di posisi Diego ketika Diego tidak ditemukan. Diego akhirnya membantu membebaskan Frida.

Frida telah memotong jari kakinya saat menjadi gangren. Diego meminta Frida untuk menikah lagi dengannya dan Frida menyetujuinya. Kesehatan Frida terus memburuk, termasuk amputasi kakinya dan Frida meninggal setelah ia akhirnya memiliki pameran tunggal lukisannya di Meksiko.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Frida mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 75%, berdasarkan 153 ulasan, dengan rating rata-rata 6.9/10.[4] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 61 dari 100, berdasarkan 38 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[5]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Frida mendapatkan $25,885,000 di Amerika Utara dan $30,413,474 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $56,298,474, melebihi anggaran produksi film $12 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $205,996, menempati posisi ke-31 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $2,369,554, menempati posisi ke-10 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Frida (15)". British Board of Film Classification. January 15, 2003. Diakses tanggal March 6, 2014. 
  2. ^ "Frida (2002)". British Film Institute. London. Diakses tanggal November 6, 2012. 
  3. ^ a b c d "Frida (2002)". Box Office Mojo. Diakses tanggal November 11, 2012. 
  4. ^ "Frida (2002)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "Frida reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]