Fred Meyer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Fred Meyer
Anak perusahaan
IndustriRitel
Didirikan1931; 93 tahun lalu (1931)
PendiriFred G. Meyer
Kantor
pusat
Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat
Portland, Oregon (kantor pusat regional)
Wilayah operasi
Washington, Oregon, Idaho, dan Alaska
Tokoh
kunci
Dennis Gibson, presiden
PendapatanUS$ 4,897 milyar
Karyawan
30.000
IndukIndependen (1931–1981)
Kohlberg Kravis Roberts (1981–1998)
Kroger (1998–saat ini)
Situs webwww.fredmeyer.com

Fred Meyer adalah sebuah jaringan superstore hipermarket yang didirikan pada tahun 1931 di Portland, Oregon, Amerika Serikat, oleh Fred G. Meyer. Gerainya dapat ditemukan di negara bagian Oregon, Washington, Idaho, dan Alaska. Perusahaan ini bergabung dengan Kroger pada tahun 1998, tetapi gerainya tetap memakai merek Fred Meyer. Jaringan ini merupakan salah satu yang pertama untuk mempromosikan konsep belanja satu atap di Amerika Serikat,[1] yang menggabungkan supermarket grosir lengkap dengan toko obat, bank, pakaian, perhiasan, dekorasi rumah, perbaikan rumah, taman, elektronik, restoran, sepatu, alat olahraga, dan mainan.

Fred Meyer berbeda dengan Frederik Gerhard Hendrik Meijer, mantan chairman jaringan superstore Meijer, yang berkantor pusat di Michigan, dengan gerainya berada di kawasan Barat Tengah Amerika Serikat. Regional barat dari The Kroger Company berkantor pusat di Portland.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

1930-an–1950-an: awal mula[sunting | sunting sumber]

Pusat belanja satu atap suburban pertama kali dibuka pada tahun 1931 di Hollywood District, Portland,[2] sebuah lokasi yang sengaja dipilih oleh Fred setelah melakukan riset pasar, yakni membayar tiket parkir berlebih yang pembeli habiskan saat berbelanja di toko miliknya yang berada di pusat kota, hanya untuk memperoleh alamat rumah dari pembeli tersebut.[3] Inovasi gerai ini meliputi toko grosir di samping toko obat dan produk rumah tangga, serta menyediakan lahan parkir dan SPBU, lalu kemudian menyediakan toko pakaian. Fred G. Meyer mendasarkan lokasi gerainya pada rencana pembangunan jalan tol.[2]

Pada tahun 1951, Fred Meyer Company membangun gudang di dekat Providence Portland Medical Center di Laurelhurst, walaupun ada keluhan dan kontroversi dari lingkungan sekitar dan dewan kota.[2] Lingkungan sekitar tidak ingin ada truk besar berlalu-lalang di kotanya, tetapi lokasi gudang tersebut sebenarnya memang telah direncanakan sebagai zona industri dan komersial.[2] Gudang ini dibangun di dekat Banfield Expressway, yang dibangun di Sullivan's Gulch tidak lebih dari lima tahun kemudian.[2] Gudang ini kemudian harus dibebaskan untuk memberi ruang pada jalan tol. Komisi jalan tol negara bagian lalu menjual lahan yang tidak dipakai oleh jalan tol di sini ke Bemis Company.[2] Fred Meyer Company lalu pindah ke Swan Island di atas tanah yang sebelumnya ditempati oleh perumahan dinas Kaiser Shipyards.[2]

1960-an–1970-an: akuisisi pertama dan kematian pendiri[sunting | sunting sumber]

Logo Fred Meyer sebelumnya

Pada dekade 1960-an, Fred Meyer masuk ke Seattle dengan mengakuisisi Marketime Drugs asal Seattle. Fred Meyer juga mengakuisisi toko grosir The Roundup Company asal Spokane. Roundup tidak memiliki satupun gerai di Spokane, tetapi memiliki gerai B&B di Kalispell, Montana dan Consumer Warehouse Foods di Soap Lake, Washington.

Pada bulan Maret 1968, Fred Meyer Inc. telah beroperasi di Oregon, Washington, Idaho, dan Montana, dengan 48 gerai ritel.[4] Pada tahun yang sama, Fred Meyer membuka gerai besar di Lynnwood, Washington. Gerai ini merupakan gerai Fred Meyer terbesar selama sekitar satu dekade.[butuh rujukan]

FredMeyer Origion

Pada tahun 1973, Fred Meyer mengakuisisi lima gerai Valu-Mart di Oregon (sebelumnya bernama Villa-Mart di Oregon) milik Weisfield's, Inc.[5] Pada tahun 1975, Weisfield's menyewakan sisa gerainya (diubah namanya menjadi "Leslie's").[6][7] Berdasarkan sebuah artikel yang diterbitkan di kolom bisnis dari The Seattle Times pada tanggal 10 Agustus 1975, Fred Meyer melakukan penyewaan jangka panjang terhadap sebagian besar dari 21 gerai milik Weisfield's (tidak termasuk gerai di Tacoma dan Everett). Sejumlah gerai di Oregon juga telah dibeli oleh Fred Meyer pada saat itu, tetapi Weisfield's tetap mempertahankan penyewaan di Seattle/Tacoma, karena penyewaan untuk bagian grosir (disewakan ke Associated Grocers pada tahun 1973) dan bisnis kecil lain di dalam toko tetap dipertahankan. Kroger mengakuisisi properti ini dari Weisfield's selama dekade 1990-an dan 2000-an. Sejumlah gerai, seperti di Greenwood dan Midway pun dibongkar untuk dibangun ulang. Pada tahun 1975, Fred Meyer membuka gerai pertama di Alaska setelah mengakuisisi Leslie's/Valu-Mart dan mengubah namanya menjadi Fred Meyer. Dengan makin populernya Fred Meyer di Seattle, jaringan Marketime Drug pun dikenal dengan nama Fred Meyer-Marketime. Sembari Fred Meyer membangun gerai baru di Washington, sejumlah gerai toko kecil pun menyewakan sebagian kecil ruangnya ke Fred Meyer, seperti di The Hi-Ho Shopping Center di Puyallup dan Yard Birds Shopping Center di Centralia.

Pada tahun 1977, Marketime diubah namanya menjadi Fred Meyer. Pada pertengahan dekade 1980-an, gerai B&B di Montana juga diubah namanya menjadi Fred Meyer.

Pada tanggal 2 September 1978, Fred G. Meyer meninggal pada usia 92 tahun. Hingga kematiannya, Mr. Meyer tetap memainkan peran penting dalam operasi sehari-hari perusahaan ini. Pada tahun yang sama, Fortune menempatkan Fred Meyer sebagai perusahaan ritel dengan penjualan terbesar ke-45.[2] Fred Meyer mencatatkan penjualan lebih dari $1 milyar pada tahun 1979.[2]

1980-an–1990-an: ekspansi tambahan dan keluar dari California[sunting | sunting sumber]

Lorong makanan kemasan di gerai Fred Meyer yang terletak di antara Interstate Avenue dan Jalan Lombard di Portland.

Pada tahun 1981, perusahaan ini dibeli oleh Kohlberg Kravis Roberts dalam salah satu pembelian terutang besar pertama KKR.[8][9] Hingga bulan Mei 1988, jaringan ini memiliki 99 gerai di enam negara bagian.[10]

Pada tahun 1984, Fred Meyer mengakuisisi Grand Central asal Salt Lake City, Utah. Gerai Grand Central di Utah dan Idaho pun diubah menjadi gerai Fred Meyer, walaupun sebagian besar dari gerai tersebut baru dilengkapi dengan departemen supermarket pada pertengahan dekade 1990-an.

Pada dekade 1990-an, Fred Meyer berekspansi ke California dengan membuka gerai di Chico. Fred Meyer pun berencana membuka gerai baru di Redding dan di Sacramento dengan membeli sejumlah lahan. Pada akhirnya, gerai di Chico ditutup dan dijual, sementara lahan di Sacramento juga dijual, dan lahan di Redding menjadi lokasi gerai Wal-Mart pada tahun 1996.

Pada tahun 1997, Fred Meyer mengakuisisi Smith's Food and Drug asal Salt Lake City, namun keduanya tetap beroperasi secara terpisah. Pada tahun yang sama, Fred Meyer mengakuisis Ralphs asal Los Angeles, California dan QFC asal Seattle. Keduanya tetap beroperasi secara terpisah dari Fred Meyer. Sebagai hasil dari akuisisi tersebut, Fred Meyer pun menjadi operator gerai makanan dan obat terbesar kelima di Amerika Serikat.

Pada tahun 1997, Fred Meyer mengubah nama gerainya di Columbia Falls dan Kalispell menjadi Smith's Food & Drug, serta menutup gerainya di Polson. Pada tahun 2001, gerai di Kalispell dibongkar dan digantikan dengan gerai baru di dekatnya. Gerai Columbia Falls tetap mempertahankan dekorasi Fred Meyer (dengan logo Smith's menutupi logo Fred Meyer), tetapi hanya berisi departemen grosir.

Pada tahun 1998, Fred Meyer bergabung dengan Kroger asal Cincinnati, Ohio. Sebelum bergabung, saham Fred Meyer sempat diperdagangkan di Bursa Saham New York.

2000-an–2010-an: Fred Meyer sebagai anak usaha Kroger[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2000, semua gerai Fred Meyer di Arizona (sebelumnya merupakan gerai Smith's yang diakuisisi oleh Fred Meyer), diubah namanya menjadi Fry's Marketplace.

Pada tahun 2004, Smith's Food and Drug melanjutkan pengelolaan gerai Fred Meyer di Utah, dan kemudian diubah namanya menjadi Smith's Marketplace. Selain itu, sejak mengakuisisi Fred Meyer Company, Kroger mulai menyatukan standar mereka, dengan menerapkan sejumlah standar Fred Meyer, serta juga menerapkan standar Kroger di gerai Fred Meyer. Manajemen gerai Kroger dan Fred Meyer pun makin mirip.

Selain itu, satu gerai Fred Meyer di Capitol Hill, Seattle digabung dengan gerai QFC di Broadway Market. Gerai Fred Meyer yang satu ini mungkin merupakan gerai terkecil Fred Meyer, karena hanya menjual produk perawatan tubuh dan kesehatan, dan tidak menjual pakaian ataupun makanan. Gerai tersebut kini diubah namanya menjadi QFC Marketplace.

Pada tanggal 16 Maret 2018, Fred Meyer menyatakan bahwa mereka telah memutuskan untuk berhenti menjual senjata dan amunisi ke orang berumur di bawah 21 tahun.[11]

Merek sendiri[sunting | sunting sumber]

Fred Meyer menggunakan pabrik Kroger untuk memproduksi produk dengan mereknya sendiri. Selain produk bermerek Kroger atau Fred Meyer, pembeli juga dapat menemui merek berikut di gerai Fred Meyer, yakni Kivu Coffee (dibuat di Portland, Oregon dan Seattle, Washington), Country Oven, Everyday Living (dan versi mewahnya, eL²), F•M•V ("For Maximum Value"), Moto Tech, Private Selection, HD Designs, Michael Morgan, Great Northwest, GNW, Curfew, Kidz Korner, Splash Spa, Simple Truth, Psst, Homesense, dan Naturally Preferred. Sejumlah merek yang juga pernah berasosiasi dengan Fred Meyer antara lain My-Te-Fine, President's Choice, Fred Bear, F. G. Meyer First Choice, Personal Choice, dan Perfect Choice.

Pada tahun 2018, departemen mainan di tiap gerai Fred Meyer akan menggunakan nama Geoffrey's Toy Box selama musim Natal.

Program hadiah[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 4 Mei 2004, Fred Meyer memperkenalkan Fred Meyer Rewards, sebuah program untuk memberi hadiah pada pembeli yang berbelanja di Fred Meyer. Jika ingin berpartisipasi, tiap pembeli harus mengisi formulir registrasi untuk mendapat sebuah kartu dan dua gantungan kunci. Saat program ini diperkenalkan, pembeli yang berpartisipasi dapat memperoleh satu poin tiap membelanjakan $5 pada satu transaksi (transaksi di bawah $5 tidak mendapat poin). Jika seorang pembeli memperoleh 100 poin (menghabiskan setidaknya $500) dalam waktu 13 minggu, maka pembeli tersebut dapat memperoleh kupon diskon sebesar $5. Hadiah juga dapat berupa kupon diskon untuk produk tertentu.[12]

Pada tanggal 19 April 2007, perusahaan mengubah mekanisme program ini, bersamaan dengan peluncuran Fred Meyer Rewards MasterCard. Mulai tanggal tersebut, pembeli dapat memperoleh satu poin tiap membelanjakan $1, tetapi nilai tiap poin juga diturunkan secara proporsional, dan seorang pembeli harus mengumpulkan 500 poin dalam 13 minggu untuk dapat memperoleh kupon diskon. Pembeli yang menggunakan versi MasterCard dapat memperoleh dua poin tiap membelanjakan $1 di Fred Meyer, dan memperoleh satu poin tiap membelanjakan $1 di toko manapun yang menerima MasterCard.[13]

Pada tahun 2011, perusahaan ini beralih dari MasterCard ke Visa, tetapi format poinnya tetap sama. Selain poin, pemegang kartu Visa dapat memperoleh diskon 15 sen jika telah mengumpulkan 100 poin dari membeli bahan bakar.

Pelarangan kantong plastik[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juli 2010, Fred Meyer mengumumkan bahwa mulai tanggal 1 Agustus, mereka tidak akan menawarkan kantong plastik pada sepuluh gerainya di Portland, karena kantong plastik berdampak buruk bagi lingkungan. Hingga akhirnya Pemerintah Kota Portland melarang penggunaan kantong plastik di sejumlah toko pada bulan Oktober 2011,[14] Fred Meyer merupakan jaringan toko ritel terbesar di wilayah metropolitan Portland yang menerapkan kebijakan ini.[15] Seorang juru bicara menyatakan bahwa makin banyak pembeli Fred Meyer yang menggunakan kantong pakai ulang, karena terjadi peningkatan penjualan kantong tersebut sebesar 30% pada tahun 2008 hingga 2009 di Fred Meyer.[15]

Kebijakan senjata dan amunisi[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Maret 2018, Fred Meyer mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan penjualan semua macam senjata api dan amunisi ke orang yang belum berusia 21 tahun, sebagai respon terhadap Penembakan Marjory Stoneman Douglas High School.[16] Kemudian, diumumkan bahwa Fred Meyer akan berhenti menjual semua macam senjata api.[11] Selain itu, Fred Meyer juga akan berhenti menjual majalah yang memuat "senapan serbu," namun mereka tidak menjelaskan bagaimana cara mereka mengecek isi majalah yang akan dijualnya.[17]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Fred Meyer Story". The Oregon Encyclopedia. Oregon Historical Society. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 28, 2018. Diakses tanggal November 28, 2018. 
  2. ^ a b c d e f g h i MacColl, E. Kimbark (1979). The Growth of a City: Power and Politics in Portland, Oregon 1915-1950. Portland, Oregon: The Georgian Press. ISBN 0-9603408-1-5. 
  3. ^ Barnard, Jeff (1998-10-20). "Fred Meyer's: A Oregon Icon". AP News (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-07-31. Diakses tanggal 2018-10-03. 
  4. ^ "Fred Meyer Sales Climb". The Oregonian, March 24, 1968; section 3, p. 11.
  5. ^ "Five Valu-Mart stores sold to Fred Meyer by Weisfield's". (May 15, 1973). The Oregonian, p. 15.
  6. ^ Seattle Times, May 14, 1973
  7. ^ "Pay Less gets store". (September 18, 1975). The Oregonian, p. D7.
  8. ^ Kohlberg Kravis Roberts & Co. Company History Diarsipkan 2012-05-09 di Wayback Machine.. Funding Universe. Retrieved December 10. 2014.
  9. ^ MacKenzie, Bill (April 24, 1988). "Retired Fred Meyer chairman [Oran B. Robertson] recounts career". The Sunday Oregonian. hlm. E1. 
  10. ^ Nokes, Gregory R. (May 1, 1988). "Store chain's founder started with little capital, no formal education". The Sunday Oregonian. hlm. L1. 
  11. ^ a b "Superstore chain Fred Meyer to stop selling guns, ammunition". ABC News. The Associated Press. 17 March 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-03-22. Diakses tanggal 23 March 2018. 
  12. ^ "Fred Meyer Rolls Out New Rewards Card". Progressive Grocer (dalam bahasa Inggris). 2004-05-05. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-13. Diakses tanggal 2018-11-24. 
  13. ^ "Fred Meyer Rewards -- Now even easier to use!". Fred Meyer Alaska. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-11. Diakses tanggal 2018-11-14. 
  14. ^ "Portland adopts ban on plastic bags that takes effect Oct. 15". The Oregonian. July 21, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-15. Diakses tanggal 2020-07-01. 
  15. ^ a b Gunderson, Laura (July 21, 2010). "Fred Meyer drops plastic bags at Portland stores". The Oregonian. hlm. 1. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-10-24. Diakses tanggal 2010-07-29. 
  16. ^ Bomey, Nathan (1 March 2018). "Kroger: No more gun sales at Fred Meyer stores unless you're 21". USA Today. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-07. Diakses tanggal 23 March 2018. 
  17. ^ Smith, Aaron. "Kroger will stop selling magazines about assault rifles". CNNMoney. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-13. Diakses tanggal 2018-04-02. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Fred Meyer di Wikimedia Commons