Frank McCourt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Frank McCourt
McCourt di New York City Housing Works bookstore in 2007
McCourt di New York City Housing Works bookstore in 2007
LahirFrancis McCourt
(1930-08-19)19 Agustus 1930
Brooklyn, New York City, New York, U.S.
Meninggal19 Juli 2009(2009-07-19) (umur 78)
Manhattan, New York City, New York, U.S.
PekerjaanMemoirist, penulis, guru
KebangsaanIrish-American
PasanganAlberta Small (1961–1979; divorced)
Cheryl Floyd (1984–1985; divorced)
Ellen Frey (1994–2009; his death)
McCourt tertawa

Francis "Frank" McCourt (19 Agustus 1930 - 19 Juli 2009) adalah seorang guru Irlandia-Amerika dan penulis. Ia mendapat penghargaan Pulitzer untuk bukunya, Angelas's Ashes, sebuah buku yang diangkat dari masa kecilnya di Irlandia[1].

Kehidupan Awal dan Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Frank McCourt lahir di Brooklyn borough New York City, pada 19 Agustus 1930 ayahnya Malachy McCourt, seorang mantan IRA dari Moneyglass, Antrim (1899-1985), dan ibunya Angela Sheehan beragama Khatolik dari Limerick (1908-1981)[2][3]. awalnya Frank McCourt tinggal di New York bersama orang tuanya dan empat adik-adik: Malachy, lahir pada tahun 1931; si kembar Oliver dan Eugene, lahir tahun 1932; dan seorang adik perempuan, Margaret, yang meninggal padahal hanya tujuh minggu setelah kelahirannya, pada tahun 1935. Di tengah Depresi Besar, keluarganya pindah kembali ke Irlandia. Dan tidak mendapat pekerjaan tetap di Belfast atau Dublin dan ia seorang pecandu alkohol, keluarga McCourt kembali ke ibu mereka di Limerick, di mana yang menjadi tempat yang penuh kesengsaraan bagi mereka[4]. Mereka tinggal di daerah kumuh yang sering diguyur hujan, ayah McCourt selalu menghabiskan lebih banyak uang untuk membeli minuman di Pub (tempat orang minum). Si kembar Oliver dan Eugene meninggal pada usia dini karena keadaan mereka yang melarat, dan kemudian dua anak laki-laki lahir kembali. Frank McCourt sempat hampir meninggal karena demam tipus yang di idapnya saat berusia 11.

Ketika McCourt berusia 11 tahun, ayahnya meninggalkan Limerick untuk mencari pekerjaan di pabrik-pabrik perang Coventry, Inggris, jarang mengirim uang untuk sebagaimana untuk menghidupi keluarganya. Ayahnya pernah pulang ke Limerick namun kemudian setelah kepergian berikutnya Malachy McCourt tidak pernah kembali dan meninggalkan isterinya Agela untuk membesarkan empat nak yang masih hidup, ditengah kelaparan, tanpa ada sumber pendapatan[5]. masa bersekolah Frank berakhir pada usia 13, ketika Irish Christian Brothers mengeluarkannya. Akhirnya Frank melakukan pekerjaan yang aneh dan mencuri roti dan susu dalam upaya untuk menyediakan makanan kepada ibunya dan tiga saudara yang masih hidup.

Karier[sunting | sunting sumber]

Awal Karier[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Oktober 1949, di usia 19 tahun, McCourt meninggalkan Irlandia, ia menggunakan uang yang telah dikumpulkannya saat bekerja di kantor pos. Atau, dalam sebuah wawancara TV McCourt mengatakan bahwa salah satu orang wanita seorang rentenir yang menyuruhnya untuk mengantarkan telegram kepada peminjam uang, setelah kematiannya, ia mencuri £ 55 dari wanita tersebut untuk perjalanan[6]. ia berangkat dengan kapal dari Cork ke Kota New York. Ia Bertemu seorang imam di kapal yang memberikannya ruangan untuk tinggal dan pekerjaan di Biltmore Hotel di Kota York City. Ia mendapatkan sekitar $ 26 dalam seminggu dan mengirim $ 10 untuk ibunya di Limerick. Saudara Malachy dan Michael menyusul McCourt ke New York dan kemudian ibu mereka Angela. Pada tahun 1951, McCourt di dipekerjakan sebagai penulis selama Perang Korea dan dikirim ke Bavaria selama dua tahun yang awalnya melatih anjing, kemudian menjadi pegawai. Setelah keluar dari Angkatan Darat AS, ia kembali ke Kota New York, di mana dia sibuk dengan serangkaian pekerjaan di dermaga, di gudang, dan bank.

Masa mengajar[sunting | sunting sumber]

Ia menggunakan G.I. Bill untuk masuk ke Universitas New York, ia menceritakan perjalannyanya di Universitas New York dengan mengklaim dirinya cerdas dan banyak membaca; mereka mengakuinya dalam masa percobaan satu tahun ia mempertahankan nilai rata-rata B. Dia lulus pada tahun 1957 dari New York University dengan gelar sarjana bahasa Inggris. Dia mengajar di enam sekolah di New York, termasuk SMK McKee dan Ralph R. McKee CTE High School di Staten Island, New York City College of Technology di Brooklyn, SMA Stuyvesant, Seward Park High School, SMA Washington Irving, dan Sekolah Tinggi Industri fashion, semuanya di Manhattan. Pada tahun 1967, ia meraih gelar master di Brooklyn College, dan pada akhir tahun 1960 ia menghabiskan 18 bulan di Trinity College di Dublin, dan gagal untuk mendapatkan gelar Ph.D. sebelum kembali ke New York City.

Pada 1997 New York Times essay, McCourt menulis tentang pengalamannya mengajar ibu-ibu imigran di New York City College of Technology di Brooklyn[7].

Menulis[sunting | sunting sumber]

McCourt memenangkan Penghargaan Pulitzer tahunan untuk Biografi atau Otobiografi (1997)[8] dan penghargaan sebagai kritikus buku nasional (1996)[9] bukunya Memoar Agelas's Ashes (1996), yang mengisahkan masa kecilnya yang miskin di Brooklyn dan Limerick. buku Angelas's Ashes menjadi bestseller dan membuatnya menjadi jutawan. buku ini juga menjadi novel terjemahan yang beredar laus di Indonesia. Tiga tahun kemudian, versi film dari Angela's Ashes diliris. Aktor Irlandia Utara Michael Legge memerankan McCourt saat remaja. McCourt juga menulis 'Tis (1999), narasi selanjutnya dari hidupnya, dialnjutkan dari cerita hidupnya di Angela's Ashes dan berfokus menceritakan hidupnya setelah ia kembali ke New York. Dia kemudian menulis Teacher Man (2005) yang menceritakan pengalamannya ketika menjadi guru. Novel terjemahan Teacher Man juga banyak beredar di Indonesia.

McCourt di sebut melebih-lebihkan kisah di Angelas's Ashes atas kehidupan mereka di Limerick[10].

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

McCourt pertama menikah pada Agustus 1961 (sampai 1979), dengan Alberta Kecil, dan memiliki seorang putri, Margaret. Ia menikah untuk kedua kalinya pada November 1984 (sampai. 1989) dengan psikoterapis Cheryl Floyd. Kemudia menikah lagi dengan istri ketiganya, Ellen Frey McCourt, pada Agustus 1994, dan mereka tinggal di New York City dan Roxbury, Connecticut[11].

pada waktu luangnya, McCourt berolahraga mendayung. Dia pernah tenggelam tempat rekreasi WinTech di Sungai Mohawk di New York, dan harus diselamatkan oleh tim dayung lokal.

Bilibiografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Grossman, Lev (19 July 2009). "Frank McCourt, 'Angela's Ashes' Author, Dies". TIME. Diakses tanggal 17-04-2016.. Untuk sebagian besar dari hidupnya, sampai tahun 60-an, Frank McCourt tidak penulis; ia adalah seorang guru. Tetapi sebagai penulis, penulis memoar sangat sukses Angela Ashes, bahwa ia akan diingat. Dia meninggal pada tanggal 19 Juli di New York meningitis. Dia berusia 78 tahun. 
  2. ^ Telegraph "Frank McCourt " obituary. Diakses 16-04-2016.
  3. ^ Grimes, William (2009-07-19). "Frank McCourt, Whose Irish Childhood Illuminated His Prose, Is Dead at 78". The New York Times. Diakses tanggal 17-04-2016. 
  4. ^ Telegraph "Frank McCourt " obituary. Diakses tanggal 16-04-2016.
  5. ^ Telegraph "Frank McCourt " obituary. Diakses tanggal 16-04-2016.
  6. ^ "Frank McCourt on TVO (Mentioned at minute 9 of interview clip originally aired February 2006)". Diakses tanggal 16-04-2016. 
  7. ^ McCourt, Frank (May 11, 1997). "Mothers Who Get By". NYT.com. Diakses tanggal 16-04-2016. 
  8. ^ "The 1997 Pulitzer Prize Winners: Biography or Autobiography". The Pulitzer Prizes. Diakses tanggal 17-04-2016. 
  9. ^ "All Past National Book Critics Circle Award Winners and Finalists". Diakses tanggal 17-04-2016. 
  10. ^ Byrne, Terry (4 February 2013). "Frank McCourt's 'The Irish… and How They Got That Way' is a celebration - Theater & art - The Boston Globe". Frank McCourt’s ‘The Irish… and How They Got That Way’ is a celebration - Theater & art - The Boston Globe. Diakses tanggal 4 April 2013. The proceedings bear out a determination to set the record straight about the tragedy of the Great Famine, and evince a reverence for John F. Kennedy, a pride in iconic Irish-Americans George M. Cohan and James Cagney, and a humorous, slightly bitter attitude toward British oppression. 
  11. ^ Telegraph "Frank McCourt " obituary. 20 July 2009

Ekternal Link[sunting | sunting sumber]