Angela's Ashes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Angela's Ashes
AngelasAshes.jpg
Sampul edisi pertama
PengarangFrank McCourt
NegaraAmerika Serikat
BahasaIngggris
PenerbitScribner
Tanggal rilis5 September 1996
Halaman368 pp
ISBN0-684-87435-0
Nomor OCLC34284265
Desimal Dewey929/.2/0899162073 20
Klasifikasi LCE184.I6 M117 1996
Diikuti'Tis

Angela Ashes: A Memoir adalah memoar 1996 oleh penulis Irlandia-Amerika Frank McCourt. memoar yang terdiri dari berbagai anekdot dan cerita dari Frank McCourt kecil yang miskin dan kehidupan remaja awal di Brooklyn, New York, dan di Limerick, Irlandia. Dalam buku ini juga menceritakan perjuangan McCourt dalam kemiskinan dan alkoholisme ayahnya. Buku ini diterbitkan pada tahun 1996, dan memenangkan 1997 Penghargaan Pultizer untuk Biography atau Autobiography. Sekuel 'Tis diterbitkan pada tahun 1999, diikuti oleh Teacher Man pada tahun 2005. Buku Frank McCourt seperti Angelas's Ashes, 'Tis, dan Teacher Man (Pak guru) menjadi buku terjemahan yang cukup laris di Indonesia mulai tahun 2000[1]. bukunya Angela's Ashes, 'Tis, dan Teacher Man dikisahkan mengenai kehidupannya[2].

Ringkasan Alur[sunting | sunting sumber]

Lahir di Brooklyn, New York pada tanggal 19 Agustus 1930, Frank (Francis) McCourt adalah putra tertua dari Malachy dan Angela Sheehan McCourt. Dia tinggal bersama orang tuanya bersama ke empat saudaranya: Malachy, lahir pada tahun 1931; kembar Oliver dan Eugene, lahir tahun 1932; dan seorang adik perempuan, Margaret, yang meninggal tujuh minggu setelah lahir, pada tahun 1935. Setelah tragedi pertama ini, keluarganya pindah kembali ke Irlandia di mana saudara kembar, Oliver dan Eugene, meninggal setelah waktu satu tahun kedatangan keluarga McCourt di Limerick dan di mana saudara termuda Frank, Michael (lahir. 1936) dan Alphie (lahir. 1940), dilahirkan.

Angela Sheehan bermigrasi ke AS dan bertemu Malachy McCourt setelah ia menjalani hukuman 3 bulan untuk membajak truk. Angela mengandung anak Malachy; di bawah tekanan dari sepupu Angela, Philomena dan Delia MacNamara, Malachy menikahi Angela. Malachy tidak berpikir untuk menikahi Angela bahkan ingin berupaya untuk melarikan diri ke California, Malachy ayah McCourt menghabiskan semua uangnya dengan membeli minuman di pub. Selama beberapa tahun ke depan, Angela melahirkan Francis (Frank), kemudian Malachy, selanjutnya kembar Oliver dan Eugene, dan Margaret, yang meninggal pada masa bayi. Segera setelah kematian Margaret, keluarga McCourt berpindah kembali ke Irlandia, di mana mereka berdua memiliki anggota keluarga yang mungkin dapat membantu mereka.

Hidup di Irlandia, khususnya di Limerick, selama tahun 1930 sampai 1940-an dikisahnkan. Keluarganya tinggal di bobrok, jalur rumah beraspal yang selalu basah. Rumah McCourt adalah lokasi terjauh dari jalan, dekat dengan WC seluruh jaur Limerick. Pak Malachy suka bercerita dan lagu kepada anak-anaknya, tetapi dia seorang pecandu alkohol, alkoholisme dan jarang mendapat pekerjaan. Ketika dia berkerja, ia menghabiskan gajinya di pub. Keluarganya dipaksa untuk hidup dari sedekah karena ia selalu kehilangan pekerjaannya karena selalu dihabiskannya di Pub. Sang ayah lebih suka memuaskan kepentingan sendiri setelah mendapat gaji sebelum pulang untuk memberi nafkah keluarganya. Selama bertahun-tahun keluarga hidup dari roti dan teh. Mereka selalu bertanya-tanya kapan untuk makan berikutnya dan apakah anak-anak masih memiliki sepatu untuk sekolah. Meskipun semua kesulitan, banyak bagian cerita Frank McCourt dengan humor.

Ayah Frank akhirnya menemukan pekerjaan di sebuah pabrik pertahanan di Coventry, Inggris, namun sekali mengirim uang ke Irlandia bagi keluarganya, menghambur-hamburkan sisanya. Ibu mereka dipaksa untuk meminta bantuan dari Gereja dan Masyarakat Saint Vincent de Paul. Kadang-kadang, Frank dan saudara-saudaranya mengutip batubara yang berjatuhan dijalan atau gambut rumput untuk bahan bakar memasak dirumah, atau mencuri roti untuk bertahan hidup; mereka juga kadang-kadang mencuri sisa makanan dari restoran. Ibu Angela (janda) dan adik enggan untuk membantunya karena mereka tidak menyetujui suaminya, karena ia tidak dari Limerick, dan mereka merasa dia melakukan "cara yang aneh". Untuk menebus kegagalan ayahnya untuk menghidupi keluarga, Frank mulai bekerja sebagai pengirim surat di kantor pos saat ia berumur 14 tahun. Dia memberikan sebagian pendapatannya untuk ibunya untuk memberi makan anak-anak yang masih hidup, dan sisanya ia simpan untuk rencana pergi ke Amerika. Sekolah Frank berakhir pada usia tiga belas, yang merupakan hal umum bagi sebagian besar anak-anak miskin di jalur Limerick. Meskipun kedua gurunya, Mr. O'Halloran, dan pustakawan memberitahu Frank untuk melanjutkan sekolahnya, dia ingin mulai bekerja "seperti seorang pria", dalam artian seorang pria yang memiliki penghasilan sendiri.

Anak-anak McCourt memiliki pakaian yang cukup dan sepatu meskipun hujan terus-menerus, dan menderita karena iklim yang lembap, di Irlandia juga dingin. Frank sempat terkena tipus dan harus dibawa ke rumah sakit, dan saat itulah ia mendapat kehangatan dan makanan yang memadai dan kehangatan. Kemudian, ia mencoba bekerja membantu seorang pria di pengolahan batu bara dan mengirim ke rumah-rumah, Keluarga Frank akhirnya diusir karena mereka membongkar dinding rumah untuk bahan bakar kayu. Mereka akhirnya pindah kerumah sepupu Angela yang suka memerintah dan mengatur mereka dan memaksa berhubungan seksual pada ibu Frank, Angela. Ketika Frank dan Angela pergi ke Christian Brothers (seorang guru) untuk menanyakan tentang sekolah Frank lebih lanjut, namun ditolak. Beberapa hari setelah ulang tahunnya yang ke-14, Frank mulai pekerjaan pertamanya sebagai anak pengiriman telegram kantor pos. Selama ini, Frank memiliki hubungan seksual dengan seorang wanita bernama Theresa Carmody, yang mengidap Tuberkulosis dan kemudian meninggal, membuat Frankie merasa bersalah "mengirimnya ke neraka" karena berhubungan seks dengannya.

Frank terdorong untuk mengikuti tes pekerja di kantor pos, tetapi malah sebaliknya dan dia mulai berkerja sebagai pengirim surat kabar dan majalah untuk Eason. Untuk mendapatkan uang tambahan ke arah perjalanannya ke Amerika Serikat, ia juga menulis surat kepada daftar peminjam uang dari seorang rentenir wanita. Ketika wanita itu meninggal, Frank mengambil uang dari dompetnya dan melempar buku debiturnya ke sungai. Frank akhirnya mendapatkan uang yang cukup untuk melakukan perjalanan ke AS. Cerita berakhir saat Frank berusia 19 tahun tiba di Poughkeepsie, New York, dan bersiap untuk memulai hidup baru di negeri ini kelahirannya.

Tokoh dan Karakter[sunting | sunting sumber]

Keluarga McCourt[sunting | sunting sumber]

  • Francis McCourt: Penulis buku dan karakter utama. Frank orang religius, dan seorang inteligen Irlandia-Amerika yang berjuang untuk mencari kebahagiaan dan kesuksesan di tengah kehidupan yang keras.
  • Malachy McCourt: ayah Frank dan seorang pecandu alkohol. Meskipun begitu, Mr. McCourt berhasil mendapatkan kasih sayang anak-anaknya dengan menceritakan kisah Irlandia.
  • Angela McCourt, née Sheehan: ibu Frank. Dia juga lucu dan jenaka
  • Malachy (lk) (muda): saudara muda Frank
  • Oliver (pr): saudara Frank, kembar dengan Eugene, yang meninggal pada usia dini di Irlandia
  • Eugene(pr): saudara Frank, yang meninggal dari pneumonia enam bulan setelah Oliver, kembarnya
  • Margaret(pr): adik kecil Frank, yang meninggal dalam tidurnya di Amerika Serikat
  • Michael(lk): Saudara Frank
  • Alphonsus(lk): Saudara muda Frank
  • Bibi Aggie: bibi Frank, tidak memiliki anak, yang tidak hanya cemburu keluarga besar Angela, tapi tidak percaya dengan kelayakan ANgela, tetapi membantu dan setia tetap.
  • Paman Pa Keating: suami Bibi Aggie, yang sangat menyukai Eugene
  • Paman Pat Sheehan: saudara Angela
  • nenek Frank, yang mengirim Angela uang untuk datang ke Irlandia[3]

Latar belakang penulis[sunting | sunting sumber]

Setelah melakukan perjalanan ke Amerika (cerita akhir buku), Frank akhirnya bekerja di Hotel Biltmore di Kota New York, ia menetap sampai 1951. Frank menjadi penulis arsip selama perang Korea yang ditempatkan di Bayern, Jerman. setelah dari sana, Frank kembali ke New York dan mencoba-coba beberapa pekerjaan yang berbeda sampai ia masuk sekolah di Universitas New York. Setelah lulus pada tahun 1957 dengan gelar sarjana bahasa Inggris, McCourt mulai mengajar di sekolah-sekolah New York. Dia kemudian memperoleh gelar master dan melakukan perjalanan ke Dublin dalam mengejar PhD, namun tidak selesai.

Penghargaan

Angela Ashes memenangkan beberapa penghargaan, termasuk Penghargaan Pultizer (1997)[4] untuk Biografi atau Autobiography, 1996 National Book Critics Circle Award (Biografi)[5], dan 1997 Boeke Prize.

Ia menjadi orang Irlandia-Amerika terpilih pada tahun 1998.

Film[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1999 versi film dari (inggris) Angelas's Ashes dirilis. disutradarai oleh Alan Parker dibintangi Joe Breen, Ciaran Owens, dan Michael Legge, sebagai Frank saaat remaja,

Pada tahun 2012, sebuah rekaman live dari Angela Ashes Suite yang dilakukan oleh John Williams dan diriwayatkan oleh Frank McCourt sendiri dirilis untuk di-download di www.tanglewood.org. akan tetapi film ini tidak begitu banyak beredar untuk negara indonesia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Novel yang mempertahankan pekerjaannya (lifestyle.liputan6.com/read/2214696/7-penulis-novel-yang-mempertahankan-pekerjaan-mereka-sehari-hari), Liputan 6, termasuk Angela's Ashes, laris di Indonesia, 19 April 2015, Diakses tanggal 17 April 2016.
  2. ^ Review Buku Angela's Ashes (Frank McCourt) Kisah Nyata, Angela's Ashes merupakan buku pertama yang ditulis oleh Frank McCourt. Angela's Ashes mengisahkan kehidupani nyata dari penulisnya Frank McCourt. Bisnisday.com, Diakses tanggal 17 April 2016.
  3. ^ McCourt, Frank (1996). Angela's Ashes. 1230 Avenue of the Americas New York, NY 10020: Scribner. ISBN 0-684-87435-0. 
  4. ^ "The 1997 Pulitzer Prize Winners: Biography or Autobiography". The Pulitzer Prizes. Diakses tanggal 17 April 2016. 
  5. ^ "National Book Critics Circle: Awards". National Book Critics Circle. Diakses tanggal 17 April 2016. 

Eksternal link[sunting | sunting sumber]