Francisco de Vitoria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Francisco de Vitoria

Francisco de Vitoria OP (kr. 1483 – 12 Agustus 1546; juga disebut Francisco de Victoria) adalah seorang filsuf, teolog dan yuris Katolik Spanyol pada zaman Renaisans. Ia adalah pendiri tradisi dalam filsafat yang disebut sebagai Mazhab Salamanca, yang dikenal karena kontribusikan dalam teori perang yang benar dan hukum internasional. Pada masa lampau, ia disebut oleh beberapa cendekiawan sebagai salah satu "bapak hukum internasional", bersama dengan Alberico Gentili dan Hugo Grotius, meskipun para akademisi kontemporer menyatakan bahwa deskripsi semacam itu bersifat anakronistik, karena konsep hukum internasional blum benar-benar berkembang sampai beberapa masa berikutnya.[1][2] Yuris Amerika Serikat Arthur Nussbaum menyatakan bahwa Vitoria adalah "orang pertama yang memberikan pernyataan (meskipun bukan istilahnya) dari kebebasan berdagang dan kebebasan kelautan."[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Woods, Thomas E. (Jr.) (2005). How The Catholic Church Built Western Civilization. Washington, DC: Regnery Publishing. ISBN 0-89526-038-7. 
  2. ^ Pagden, Anthony (1991). Vitoria: Political Writings (Cambridge Texts in the History of Political Thought). UK: Cambridge University Press. hlm. xvi. ISBN 0-521-36714-X. 
  3. ^ Arthur Nussbaum (1947). A concise history of the law of nations. New York: Macmillan Co. hlm. 62. 

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]