Formula Ford Britania Raya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Formula Ford Britania Raya
KategoriRoda terbuka
Negara atau daerah Britania Raya
Musim pertama1976
Musim terakhir2014
KonstruktorMygale, Sinter
Pemasok mesinFord
Pemasok banDunlop Tyres, Hankook
Juara pembalap terakhirAfrika Selatan Jayde Kruger
Juara tim terakhirBritania Raya JTR

Kejuaraan Formula Ford Britania Raya adalah kategori balap mobil roda terbuka untuk pembalap pemula, dirancang untuk memberi langkah pertama kepada pembalap dalam balap mobil setelah kartracing. Pembalap-pembalap dari seluruh dunia tertarik untuk datang ke Inggris dan berkompetisi dalam seri ini, dan pembalap sukses Formula Satu seperti Ayrton Senna dan Jenson Button memenangkan gelar pertama mereka dalam balap mobil roda terbuka di kejuaraan ini. Kejuaraan ini dijalankan dengan berbagai peraturan Formula Ford selama bertahun-tahun, berdasarkan mesin-mesin yang disediakan oleh Ford Motor Company untuk kejuaraan ini. Peraturan/spesifikasi berdasarkan mesin-mesin ini termasuk mesin Ford Kent, mesin Ford Zetec, mesin Ford Duratec, dan dalam tahun-tahun terakhir, mesin Ford EcoBoost.

Mulai musim 2015, kejuaraan ini digantikan oleh MSA Formula, yang sesuai dengan regulasi Formula 4 baru dari FIA. Banyak dari tim dan pembalap yang berkompetisi dalam musim terakhir Formula Ford Britania pindah ke seri baru ini.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Meskipun Kejuaraan Formula Ford Inggris pertama kali diadakan pada tahun 1976, akar Formula Ford kuat terkait dengan scene balap Inggris. Balapan Formula Ford pertama kali diadakan di Brands Hatch pada tahun 1967 dan merupakan cikal bakal kelahiran kejuaraan domestik. Kejuaraan Formula Ford Inggris pertama kali yang diadakan pada tahun 1976 merupakan Kejuaraan Formula Ford asli yang melahirkan banyak kejuaraan lain selama bertahun-tahun, termasuk kejuaraan sukses di Australia dan Selandia Baru.[1]

Kejuaraan ini dimulai dengan mesin Ford Kent berkapasitas 1600cc dan terus menggunakannya hingga Ford memperkenalkan mesin Ford Zetec berkapasitas 1800cc yang lebih baru dan lebih bertenaga. Meskipun perubahan mesin ini tidak mempengaruhi peraturan teknis lainnya, yang masih meminta penggunaan rangka baja yang jauh lebih ekonomis dalam pembuatan dan pengoperasiannya dibandingkan dengan versi karbon serat, peningkatan tenaga mesin mempercepat perkembangan sasis, menyebabkan banyak produsen kecil berhenti memproduksi mobil, sehingga hanya ada sedikit konstruktor yang diwakili dalam kejuaraan.[2] Aturan Zetec berlangsung selama 12 tahun hingga mesin Ford Duratec diperkenalkan pada tahun 2006, yang memberikan penanganan yang lebih baik dan tenaga yang lebih baik karena bobot yang lebih ringan, meskipun spesifikasinya telah kembali ke mesin berkapasitas 1600cc.

Perubahan terbesar dalam kejuaraan terjadi pada tahun 2012 ketika mesin dan spesifikasi terbaru Ford EcoBoost diadopsi sebagai mesin utama dalam kejuaraan. Mobil EcoBoost menandai perubahan substansial dalam arah balapan Formula Ford karena memperkenalkan mesin bensin Turbocharged dengan kapasitas lebih kecil dan untuk pertama kalinya menggunakan transmisi sekuensial.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The History of Formula Ford Racing". [britishformulaford.com]. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 October 2012. Diakses tanggal 30 October 2012. 
  2. ^ "History". [formulafordzetec.co.uk]. Diakses tanggal 30 October 2012.