Foreign Affairs

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Foreign Affairs
Foreign Affairs Sept Oct 2010.png
RedakturGideon Rose
Mantan editorJames F. Hoge, Jr.
KategoriUrusan luar negeri
FrekuensiDwibulanan
Total sirkulasi
(2013)
163,134[1]
Terbitan pertamaSeptember 1922 (September 1922)
PerusahaanCouncil on Foreign Relations
NegaraAmerika Serikat
Berpusat diNew York City, New York
BahasaInggris
Situs webwww.foreignaffairs.com

Foreign Affairs adalah jurnal hubungan internasional dan kebijakan luar negeri Amerika Serikat.[2] Jurnal ini diterbitkan enam kali setahun sejak 1922 oleh Council on Foreign Relations (CFR), grup swasta yang didirikan di New York City tahun 1921. Misinya adalah menyebarkan pemahaman kebijakan luar negeri dan peran Amerika Serikat di dunia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Council on Foreign Relations awalnya terdiri dari 75 anggota berlatar belakang akademik dan profesional. Pada tahun pertama, CFR mengadakan diskusi terbatas di kantor pusatnya di New York City. Karena ingin mendapat perhatian yang lebih luas, CFR mulai menerbitkan Foreign Affairs pada September 1922.

Sejak akhir Perang Dingin, khususnya setelah serangan 11 September, jumlah pembaca jurnal ini meningkat drastis. Samuel P. Huntington menerbitkan artikel "Clash of Civilizations" di jurnal ini.

Di Foreign Affairs edisi November/Desember 2003, Kenneth Maxwell menulis tinjauan buku The Pinochet File: A Declassified Dossier on Atrocity and Accountability karya Peter Kornbluh. Buku tersebut mengangkat kontroversi hubungan Henry Kissinger dengan rezim diktator Chili Augusto Pinochet dan Operasi Condor. Maxwell mengklaim bahwa beberapa anggota penting Council on Foreign Relations yang mewakili Kissinger menekan pemimpin redaksi Foreign Affairs, James Hoge, untuk menyampaikan keputusan akhir terhadap tinjauan ini kepada William D. Rogers, rekan dekat Kissinger, alih-alih Maxwell; ini bertentangan dengan kebijakan Foreign Affairs.[3]

Ketua oposisi dan mantan Perdana Menteri Ukraina Yulia Tymoshenko memicu kontroversi setelah menerbitkan artikel berjudul "Containing Russia" di Foreign Affairs edisi Mei–Juni 2007. Artikel tersebut menuduh Rusia era Vladimir Putin melakukan ekspansionisme dan meminta agar seluruh Eropa menentang Putin. Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menulis artikel balasan yang menyebutkan "penyensoran" dari dewan redaksi Foreign Affairs; ia kemudian menarik artikel ini. Partai Tymoshenko memenangkan pemilu 2007 dan ia menjadi Perdana Menteri periode kedua.

Pada tahun 2009, Foreign Affairs meluncurkan situs web ForeignAffairs.com yang menyediakan konten majalah ini dan berbagai fitur terbitan daring.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Consumer Magazines". Alliance for Audited Media. Diakses tanggal February 10, 2014. 
  2. ^ "Foreign Affairs". britannica.com. Diakses tanggal 29 August 2014. 
  3. ^ A Plot Thickens from the Washington Post

Pranala luar[sunting | sunting sumber]