Flavius Iulius Dalmatius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Flavius Dalmatius (†337), juga dikenal sebagai Dalmatius Sensor, merupakan seorang sensor (333), dan anggota dari dinasti Konstantinus yang memerintah atas Kekaisaran Romawi pada awal abad ke-4.

Dalmatius adalah putra Konstantius Klorus dan Flavia Maximiana Teodora, dan dengan demikian saudara tiri Kaisar Konstantinus I.

Dalmatius menghabiskan masa mudanya di Galia Tolosa. Hal ini kemungkinan bahwa dua putra ini, Dalmatius dan Hannibalianus, lahir di sini. Selama pertengahan tahun 320-an, Flavius ​​Dalmatius kembali ke Konstantinopel, ke istana saudara tirinya, dan diangkat sebagai konsul dan sensor pada tahun 333.

Di Antiokhia, Flavius bertanggung jawab atas keamanan perbatasan timur kerajaan. Selama periode ini, ia meneliti kasus Uskup Athanasius dari Aleksandria, lawan penting dari Arianisme, yang dituduh pembunuhan. Pada tahun 334, Flavius ditekan pemberontakan Calocaerus, yang telah menyatakan diri sebagai kaisar di Siprus. Pada tahun berikutnya ia mengirim beberapa prajurit ke Konsili Tyros untuk menyelamatkan nyawa Athanasius.

kedua putranya ditunjuk untuk kantor penting di bawah pemerintahan Konstantinus, tapi Flavius ​​Dalmatius dan putra-putranya tewas dalam pembersihan yang diikuti kematian Kaisar pada bulan Mei 337.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Lucius Papius Pacatianus,
Maecilius Hilarianus
Konsul Kekaisaran Romawi
333
bersama dengan Domitius Zenophilus
Diteruskan oleh:
Amnius Anicius Paulinus,
Flavius Optatus