Flavia Maximiana Teodora

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Flavia Maximiana Theodora. Pada sisi sebaliknya, dewi Pietas, dewi keluarga.

Flavia Maximiana Teodora, yang juga dikenal sebagai Teodora, adalah seorang Permaisuri Romawii, istri dari Konstantius Klorus.

Ia sering disebut sebagai putri tiri dari Kaisar Maximian oleh sumber-sumber kuno, yang berujung pada klaim-klaim yang dibuat oleh sejarawan Otto Seeck dan Ernest Stein yang menyatakan bahwa ia lahir dari pernikahan sebelumnya antara Eutropia, istri Maximian, dan Afranius Hannibalianus.[1] Pria tersebut merupakan konsul pada 292 dan prefek praetorian di bawah Diokletianus.

Pada 293, Theodora menikah dengan Flavius Valerius Yulius Konstantius (yang kemudian dikenal sebagai Konstantius Klorus), setelah ia bercerai dari istri pertamanya, Helena, untuk memperkuat posisi politiknya. Pasangan tersebut memiliki enam anak:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Aurelius Victor, Epitome de Caesaribus 39.25; Eutropius, Breviaria 9.22; Jerome, Chronicle 225g; Epitome de Caesaribus 39.2, 40.12, quoted in Timothy Barnes, New Empire, 33; Barnes, New Empire, 33.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Barnes, Timothy D.. The New Empire of Diocletian and Constantine. Cambridge, MA: Harvard University Press, 1982. ISBN 0-7837-2221-4

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Gelar penyandang kekuasaan
Didahului oleh:
Prisca
(istri Diokletianus)
Permaisuri Romawi
305–306
bersama dengan Galeria Valeria (305–306)
Diteruskan oleh:
Galeria Valeria
Didahului oleh:
Eutropia
(istri dari Maximian)