Fathya Artha Utami

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Fathya Artha Utami
Latar belakang
Nama lahir Fathya Artha Utami
Lahir 16 Mei 1991 (umur 27)
Jakarta, Indonesia
Pekerjaan aktris, penyanyi, Mahasiswi
Tahun aktif 1998 - sekarang
Orang tua Musri Djaja dan Harmani Riza

Fathya Artha Utami (biasa dipanggil Fathya, lahir di Jakarta, 16 Mei 1991; umur 27 tahun) merupakan seorang aktris dan penyanyi Indonesia. Ia mengawali karierya sebagai artis cilik.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Fathya adalah anak sulung dari dua bersaudara, adiknya bernama Ezra Reyhan Artha Pradipta. Diperkenalkan dengan dunia seni oleh orang tuanya dan memulai karier sebagai artis cilik.

Pada tahun 1998, Fathya membintangi telesinema anak pertamanya berjudul Gelas-gelas Berdenting sebagai Daza arahan sutradara Hanung Bramantyo yang menjadi wakil Indonesia di ajang Festival Film Anak di Cairo dan mendapatkan Bronze dalam kategori Film Anak Terbaik. Pada tahun 2000 Fathya menjadi pemeran Amelia dalam serial musikal anak tahun 2000 yaitu Oh Amelia. Vakum di televisi pada tahun 2006-2009. Menjadi MC acara-acara off air adalah kegiatan yang juga Fathya geluti hingga saat ini. Kegiatan sosial juga menjadi kegiatan baru yang Fathya senangi dan jalani hingga saat ini, Mengajar anak jalanan dan aktif menjadi sukarelawan di LAPAS Anak Pria Tangerang. Fathya terpilih menjadi duta anak Indonesia bidang kesehatan pada tahun 2005. Kini Fathya mencoba kembali ke dalam dunia hiburan dengan menunjukkan kemampuan bernyanyinya. Bergabung dengan duo Auvie menggantikan posisi Fitri Tropica sebagai vokalis.

Karier[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]