Fasilitas Penerbangan Wallops

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Wallops Flight Facility (WFF) (IATA: WAL, ICAO: Kwal, FAA LID: WAL), yang terletak di pantai timur dari Virginia sekitar 100 mil utara-timur laut dari Norfolk, dioperasikan oleh Goddard Space Flight Center di Greenbelt, Maryland, terutama sebagai tempat peluncuran roket untuk mendukung ilmu pengetahuan dan misi eksplorasi untuk NASA dan lembaga federal lainnya. WFF mencakup rentang luas diinstrumentasi untuk mendukung peluncuran lebih dari selusin jenis roket sonda, suborbital kecil dan roket orbital, penerbangan balon ketinggian tinggi yang membawa instrumen ilmiah untuk penelitian atmosfer dan astronomi dan menggunakan Research Airport—flight untuk tes pesawat penelitian aeronautika termasuk kendaraan udara tak berawak.

Ada lebih dari 16.000 peluncuran dari berbagai pengujian roket di Wallops sejak didirikan pada tahun 1945 dalam upaya untuk informasi tentang karakteristik penerbangan dari pesawat terbang, meluncurkan kendaraan, dan pesawat ruang angkasa, dan meningkatkan pengetahuan atas atmosfer bumi dan lingkungan luar angkasa. Kendaraan peluncuran bervariasi dalam ukuran dan kekuatan dari roket meteorologi kecil Super Loki untuk kendaraan kelas orbital.

Fasilitas Penerbangan Wallops juga mendukung misi ilmu pengetahuan untuk Oceanic and Atmospheric Administration Nasional (NOAA) dan kadang-kadang untuk pemerintah asing dan organisasi komersial. Wallops juga mendukung tes pengembangan dan latihan yang melibatkan pesawat Angkatan Laut Amerika Serikat dan kapal elektronik berbasis dan sistem senjata di daerah operasi Virginia Capes, dekat pintu masuk ke Chesapeake Bay. Selain aset tetap instrumentasinya, kisaran WFF termasuk radar mobile, penerima telemetri, dan pemancar perintah yang dapat diangkut oleh pesawat kargo untuk lokasi di seluruh dunia, dalam rangka membangun berbagai sementara di mana tidak ada instrumentasi lainnya ada, untuk menjamin keamanan, dan untuk mengumpulkan data untuk memungkinkan dan mendukung peluncuran roket suborbital dari situs remote.

Aset berbagai mobile WFF telah digunakan untuk mendukung peluncuran roket dari lokasi di Kutub Utara dan daerah Antartika, Amerika Selatan, Afrika, Eropa, Australia, dan di laut. Pekerja di Wallops mencakup sekitar 1.000 karyawan PNS waktu penuh NASA dan karyawan dari kontraktor, sekitar 30 personel Angkatan Laut AS, dan sekitar 100 karyawan NOAA.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]