FG 42

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
FG42.jpg

FG 42 (bahasa Jerman: Fallschirmjägergewehr 42, "Senapan pasukan penerjun payung 42") merupakan senapan otomatis yang dibuat Jerman untuk pasukan penerjun payungnya, karena senapan mesin seperti MG-34 terlalu berat untuk dibawa terjun bersama personelnya sehingga harus diterjunkan terpisah.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Kala 1941, pasukan penerjun Jerman meminta senjata baru karena bila menerjunkan pasukan penerjun payung yang hanya bermodalkan senjata berjarak tembak pendek sangatlah riskan, sebab peti senjata yang mengangkut senjata dengan jarak tembak lebih jauh tidak selalu jatuh dekat penerjun mendarat. Hal ini menyebabkan musuh akan lebih mudah mengungguli pasukan penerjun Jerman. Maka dari itu, muncul konsep senapan selective fire dengan berat ringan dan ukuran kompak. Dimulailah pengembangan senapan Fallschirmjägergewehr.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pada versi pertama, Fallschirmjägergewehr 42 memiliki banyak bagian yang terbuat dari logam sehingga lebih mahal dan kompleks, menjadikannya lebih sulit diproduksi dalam jumlah banyak. Pada versi kedua, Fallschirmjägergewehr 42 disempurnakan dengan memakai lebih banyak bagian yang terbuat dari kayu serta beberapa penyederhanaan, sehingga lebih cocok untuk diproduksi massal.

Spesifikasi[sunting | sunting sumber]

Fallschirmjägergewehr 42 memiliki berat 4,2kg (versi awal) atau 4,95kg (versi kedua) dengan panjang sekitar 37 inchi sehingga cukup kompak. menembakan kaliber 7,92x57 mauser dengan rpm 750 dan magazen berkapasitas 20 butir, senapan ini mampu memberikan kemampuan cukup bagi penerjun Jerman untuk melakukan misi penyerangan setelah mendarat. Bagian magazen masuk dari samping tepat diatas pistol grip, berbeda dari MKB-42 yang di depan grip sehingga dapat memangkas ukurannya. Kekurangannya senjata ini adalah senjata ini hanya bisa digunakan oleh pengguna tangan kanan saja. Bagian ejection shell yang berada di kanan dekat dengan stock menyebabkan penembakan senapan ini dengan tangan kiri sangatlah beresiko. Selain itu, diperlukan sarung tangan anti bakar bagi operator sebab terkadang gas panas keluar dekat bagian senjata yang dipegang di depan dan beresiko membakar tangan operator ketika digunakan.

Pengguna[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Julio S. Guzmán, Las Armas Modernas de Infantería, Abril de 1953
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama WWII-Vietnam

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Bishop, Chris (2002). The Encyclopedia of Weapons of World War II. New York, NY: Sterling Publishing. ISBN 1-58663-762-2. 
  • Dugelby, Thomas B.; R. Blake Stevens (2007) [1990]. Death from Above—The German FG42 Paratroop Rifle. Cobourg, ON: Collector Grade Publications. ISBN 0-88935-429-4. 
  • Miller, David (2007). Fighting Men of World War II: Axis Forces : Uniforms, Equipment and Weapons. Mechanicsburg, PA: Stackpole Books. ISBN 978-0-8117-0277-5. 
  • Senich, Peter (1987). The German Assault Rifle: 1935–1945. Boulder, CO: Paladin Press. ISBN 0-87364-400-X. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]