Eurik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Patung di Madrid oleh Juan Porcel, (1750-53)

Eurik (Gothic: Aiwareiks), juga dikenal sebagai Evaric, atau Eurico dalam bahasa Spanyol dan Portugis (skt. 440 – 28 Desember 484), merupakan putra Theodoric I, bertakhta sebagai raja (rex) Visigoth, setelah membunuh saudaranya, Theodoric II,[1] dari tahun 466 sampai kematiannya pada tahun 484. Terkadang ia disebut Eurik II.

Dengan ibukotanya di Toulouse, Eurik mewarisi sebagian besar harta Visigoth di wilayah Aquitaine Galia, wilayah yang berada di bawah kendali Visigoth sejak tahun 415. Selama beberapa dekade, Visigoth secara bertahap memperluas kepemilikan mereka dengan mengorbankan pemerintah Romawi yang lemah, termasuk pengepungan Eurik dari Clermont pada tahun 475 dan 476,[2] serta maju ke Hispania dalam prosesnya.

Setelah menjadi raja, Eurik mengalahkan beberapa raja Visigoth lainnya dan kepala suku dalam serangkaian perang sipil dan segera menjadi penguasa pertama dari sebuah bangsa Visigoth yang benar-benar terpadu. Memanfaatkan dari masalah Roma, dia memperluas kekuatan Visigoth di Hispania, mendorong Suevi ke barat laut Iberia. Pada saat Kekaisaran Romawi Barat berakhir pada tahun 476, dia menguasai hampir seluruh semenanjung Iberia.

Pada tahun 470 Eurik mengalahkan sebuah percobaan serangan dari Galia oleh raja Inggris Riothamus dan memperluas kerajaannya lebih jauh ke utara, mungkin sejauh Sungai Somme, wilayah Mark Franka.

Raja-raja Visigoth sebelumnya secara resmi hanya bertakhta sebagai legatus kaisar Romawi tapi Eurik adalah orang pertama yang menyatakan kemerdekaannya sepenuhnya dari kaisar boneka. Pada tahun 475, dia memaksa Kaisar Barat Julius Nepos untuk mengakui kemerdekaan penuhnya sebagai imbalan kembalinya wilayah Provence di Galia. Warga negara Romawi Hispania kemudian menjanjikan kesetiaan mereka kepada Eurik, dan mengakui dia sebagai raja mereka. Pada tahun yang sama Clermont(-Ferrand) menyerah kepadanya setelah pengepungan yang panjang, dan uskupnya, Sidonius Apollinaris, menuntut perdamaian. Dia membagi Kekaisaran Romawi Barat dengan Odoaker.

Eurik adalah salah satu raja Visigoth yang lebih terpelajar dan merupakan orang Jerman pertama yang secara resmi mengkodifikasi undang-undang bangsanya. Kode Eurik dari tahun 471 mengkodifikasi undang-undang tradisional yang telah dipercayakan untuk mengenang spesialis yang ditunjuk yang telah mempelajari setiap artikel dengan hati. Dia mempekerjakan banyak bangsawan Galia-Romawi di istananya seperti Leo dari Narbonne.

Pada kemation Eurik tahun 484 Kerajaan Visigoth mencakup seluruh Iberia kecuali wilayah Galicia (diperintah oleh Suebi) dan sepertiga dari Prancis modern.

Keberuntungan bangsa sering bergantung pada kecelakaan; dan Prancis mungkin menganggap kehebatannya pada kematian dini raja Gotik, pada saat putranya oleh istrinya Ragnachildis, Alarik II adalah bayi yang tidak berdaya, dan Clovis lawannya adalah pemuda yang ambisius dan gagah berani.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ian Wood, The Merovingians Kingdoms:450-751, (Longman Group, 1994), 16.
  2. ^ Ian Wood, The Merovingians Kingdoms:450-751, 17

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Raja Eurik dari Visigoth
Lahir: 415 Meninggal: 484
Gelar pemerintahan
Didahului oleh:
Theodoric II
Raja Visigoth
466–484
Diteruskan oleh:
Alarik II