Eufemia Odonicówna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Eufemia dari Wielkopolska (bahasa Polandia: Eufemia Odonicówna) (skt. 1230 – 15 Februari setelah 1281), merupakan seorang putri Polandia, ia berasal dari Wangsa Piast cabang Wielkopolska dan melalui pernikahan menjadi Adipati Kalisz, Wieluń dan Opole-Racibórz.

Eufemia adalah putri bungsu Władysław Odonic dan istrinya Jadwiga, yang diduga sebagai putri Mściwój I dan Swinisław, putri Mieszko III Stary.

Tanggal kelahiran Eufemia tidak diketahui. Di dalam literatur menyatakan bahwa Eufemia lahir pada sekitar tahun 1230. Kemungkinan besar ia lahir di antara tahun (1226–1230), yang sesuai dengan tanggal lahir saudara-saudaranya dan tanggal kematian orangtuanya.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Eufemia dan saudara-saudaranya menikah dengan baik. Saudaranya Przemysł I menikahi Elżbieta, putri Henryk II Pobożny. Saudaranya yang lain, Bolesław Pobożny menikahi Jolenta Helena, putri Béla IV dari Hongaria. Saudari Eufemia satu-satunya, Salome dari Wielkopolska menikah dengan Konrad I dari Głogów.

Eufemia menikah pada tahun 1251 dengan Władysław dari Opole, putra Kazimierz I dari Opole dan Wiola dari Opole. Pasangan tersebut saling terkait di tingkat keempat, sehingga mereka membutuhkan sebuah dispensasi kepausan agar pernikahan itu dianggap sah. Tidak diketahui apakah pasangan tersebut mendapat dispensasi kepausan.

Pernikahan tersebut adalah untuk mempererat kedua cabang Piast dan karena alasan politik yang harus dilakukan dengan saudara Eufemia, Przemysł.

Władysław dan Euphemia memiliki lima orang anak:

  1. Mieszko I (1252/56 – 27 Juni 1315).
  2. Kazimierz (1253/57 – 10 Maret 1312).
  3. Bolko I (21 Oktober 1258 – 14 Mei 1313).
  4. Konstancja (1256/65 – 1351), menikah tahun 1280 dengan Henryk IV Probus, Adipati Wrocław; mereka bercerai tahun 1286.
  5. Przemysław (skt. 12 Juni 1268 – 7 Mei 1306).

Pada tahun 1258, Eufemia dan suaminya mendirikan sebuah biara Sistersien di Rudy. Pada tahun 1281 mereka menyumbang ke Praemonstratensis.

Eufemia meninggal pada tanggal 15 Februari, selama setahun setelah 1281, diduga pada tahun 1287.[1] Ia dimakamkan di Silesia[2]

Silsilah[sunting | sunting sumber]

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Mieszko III Stary
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Odon dari Poznań
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Elżbieta węgierska
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Władysław Odonic
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Yaroslav Osmomysl
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Viacheslavna Yaroslavna
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Olga Yurievna dari Suzdal
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Eufemia dari Wielkopolska
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Sobiesław I Gdański
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Mściwój I
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
tdk diketahui
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Jadwiga dari Pommern
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Mieszko III Stary
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Swinisław dari Wielkopolska
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Eudoksja dari Kiev
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Referensi[sunting | sunting sumber]