Eru Ilúvatar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Karakter dalam legendarium Tolkien
Nama Eru Iluvatar
Jenis kelamin Pria
Nama lain Iluvatar Yang Esa Yang Mahakuasa Pencipta Ea Dewa Tertinggi Adra
Ras Pencipta
Tanggal lahir Abadi
Dunia
 

Eru Iluvatar adalah dewa tertinggi dari Arda. Dia adalah pencipta tunggal, di atas Valar, Dia yang paling berkuasa dan pemegang kendali serta yang menciptakan alam semesta yang disebut Ea bersama sama para Ainur, termasuk pembentukan Bumi (Arda) itu sendiri.

Eru adalah yang ilahi, dan benar-benar di luar jangkauan para penghuni dunia. Dia pertama kali menciptakan sekelompok makhluk yang serupa malaikat, yang disebut para "Ainur," inilah roh-roh suci yang berperan penting dalam penciptaan Arda. Ainur menciptaka musik suci dan teriakan yang disebut "Music para Ainur, Ainulindale " Ia dikenal juga sebagai "Pembantu Yang Mahakuasa".

Eru adalah bagian penting dari cerita The Silmarillion namun tidak disebutkan namanya dalam karya paling terkenal Tolkien, The Hobbit dan The Lord of the Rings (ia disinggung sebagai "Yang Esa" di bagian Lotr yang bercerita tentang kejatuhan Numenor).

Elf dan Manusia diciptakan oleh Eru langsung, tanpa bantuan para Ainur, dan karena itu mereka disebut "Anak anak Ilúvatar" (Eruhini). Dwarf diciptakan oleh Vala Aule dengan berkat kehidupan dari Ilúvatar, meskipun mereka disebut juga Bani Ilúvatar atau anak anak yang kedua dari Eru Iluvatar. Ent juga diciptakan oleh Eru atas permintaan Vala Yavanna yang beralasan bahwa Kurcaci ingin menebang dan ingin bermain main diatas pohon yang juga disebut sahabat Dwarf. Vala Melkor menanamkan beberapa kemiripan seperti Vala Aule dan Vala Yavanna, yaitu kehendak berkreasi dan ingin menciptaka para Orc dan Troll.

Hal pertama yang diciptakan Ilúvatar adalah Ainur (yaitu dari pikirannya). Dia kemudian memerintahkan Ainur bernyanyi kepadanya; ini disebut Ainulindalë, atau musik dari para Ainur. Melkor menciptakan perselisihan musik, dan Iluvatar menambahkan tiga tema ke Ainulindale, yang berbicara tentang nasib Arda.

Hal berikutnya yang dibuatnya adalah Ea, "Dunia dan segala isinya", dan di dalam Ea juga terdapat Void yaitu alam maut berupa penjara. (Melkor dimasukan ke Void, pada awal pembentukan Arda karena penghiantatannya, ia dibuang jauh ke kedalaman Void.

Eru Iluvatar kemudian memberi Ainur pilihan untuk masuk ke Ea dan mengikat mereka dengan alam semesta itu karena mereka akan ditugasi untuk menjaga dan melestarikan ciptaannya itu. Ainur dengan golongan paling kuat disebut Valar, dan mereka menguasai dan membentuk Arda. Mereka tidak bisa membuat kehidupan sendiri, namun, seperti Vala Aule yang telah membuktikan, bahwa ia mampu memberikan kehidupan dengan ijin Eru Iluvatar berupa mahkhluk berbentuk seperti Kurcaci, sementara kesadaran dan jiwa diberikan kepada mereka oleh Eru. Valar disertai oleh para Maiar, yaitu Ainur dengan kemampuan lebih rendah dari pada Valar.