Ainur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Ainur atau dikenal sebagai para Kudus, adalah makhluk makhluk dalam fiksi ciptaan Tolkien mencakup dua golongan baik Valar maupun Maiar. Mereka adalah makhluk yang pertama dan terkuat yang dicipatakan oleh Eru Ilúvatar jauh pada waktu sebelum awal Dunia.

Valar adalah bentuk jamak dari para Vala yaitu Ainur dengan kemampuan diatas rata rata dan Maiar merupakan bentuk jamak dari para Maia dengan kemampuan dibawah rata-rata yang diciptakan untuk membantu tugas tugas para Vala, Manwe dan Melkor adalah Vala yang terkuat dari yang lainnya, sedangkan Sauron dan Balroq adalah Maia terkuat diantara para Maiar lainnya. Dua Maiar inilah diantara yang jatuh dalam kegelapan dan menjadi abdi sang tuhan kegelapan Melkor. Seorang Maia terkuat tidak bisa melawan Vala terlemah sekalipun.

Raja para Valar

Manwë, Dewa Angin, Raja para Valar.

Melkor, Dewa Kegelapan, dan yang paling kuat dari para Valar. Dia tidak dihitung sebagai Vala lagi, atas pengkhianatannya

Ulmo, Dewa Air dan penguasa Lautan .

Aulë, Dewa Bumi, Dewa Pandai besi dan semua yang dibawah permukaan tanah.

Oromë, Dewa Hutan, Dewa para pemburu dan Dewa Perang.

Námo (Mandos), Dewa Gunung dan Hakim Agung, Malaikat kematian.

Irmo (Lorien), Dewa dan penguasa Mimpi, Wahyu, dan Hasrat.

Tulkas, Pegulat, Dewa Ilmu beladiri.

Ratu para Valar

Varda, Ratu bintang bintang,Ratu para Valar, istri Manwe.

Yavanna, Dewi Pertanian, Dewi Buah-buahan dan hasil bumi, istri Aule

Nienna, Dewi Ratap Tangis dan Dewi belas kasih, istri Ulmo

Estë, yang Lembut, Dewi penyembuhan dan kedamaian, dan pasangan dari Irmo.

Vairë, Dewi para penenun dan pasangan dari Mandos.

Vána, Dewi kecantikan dan pasangan dari Orome.

Nessa, Dewi penari dan pasangan dari Tulkas

Eru Iluvatar, yang Esa, dan yang menciptakan Arda disebut Ilúvatar; dan ia membuat dan menciptakan yang pertama tama dan yang utama yaitu para Ainur, yang Kudus, dan yang pemikirannya serta kata-katanya adalah yang pertama dari Ainulindalë

Mereka adalah roh primordial, yang ada dengan dan bersama-sama dengan Ilúvatar, dan dengan dia menciptakan dunia melalui Ainulindalë, Musik dari para Ainur. Setelah penciptaan Arda, banyak Ainur turun ke dalamnya untuk membimbing dan mempersiapkan pertumbuhannya; mereka adalah lima belas Ainur yaitu yang lebih kuat dari pada yang lain. Empat belas dari golongan Ainur besar ini adalah Ainur yang tetap setia kepada sang pencipta Eru Iluvatar, mereka lah para Valar, atau yang disebut "The Powers of Arda". Adalah yang Kelima belas, Melkor atau yang disebut juga Morgoth yang menyimpang dari jalan itu dan menjadi Tuhan pertama dari dunia kegelapan. Banyak yang lebih rendah dari para Ainur yang disertai para Valar ke Arda yang dikenal sebagai Maiar.

Sejarah Dan Asal

Ainur adalah 'keturunan dari pemikiran Eru Ilúvatar' dan kepada masing-masing diberi pemahaman sesuai dengan sifat Eru Iluvatar dan bagian dari pikiran Ilúvatar itu sendiri. Pengecualian untuk salah satu Ainur ialah Melkor, karena Melkor tidak lagi menjadi bagian dari pikiran sang Eru Iluvatar. Vala Manwë adalah Raja para Valar ( The Lord of the Valar ) Eru Iluvatar mempercayakan kepadanya pikiran dan sifat "Roh Penyemangat" dan Dewa Angin, tetapi untuk semua karunia-Nya ia tidak tahu pikiran penuh sang Eru. Melkor dan Manwë adalah yang paling kuat dari para Ainur.

Ainur digambarkan 'menyala dengan api Kekekalan', yang dapat diartikan bahwa mereka diberikan kehendak bebas oleh Pencipta mereka. Ilúvatar mewariskan mereka dengan seni musik, sampai ia membawa mereka bersama-sama untuk membuat musik dari Ainur: lagu kebesaran yang menciptakan Visi Ilúvatar dan akhirnya menciptakan dunia nyata. Pada awalnya, semua Ainur selaras dengan Eru, tapi Melkor ternyata bermaksud lain dan bukan untuk keselarasan melainkan untuk kebanggaan sendiri, mencari kekuasaan untuk dirinya sendiri dan membawa perselisihan Music untuk melawan Eru Iluvatar. Dia kemudian memimpin banyak Maiar yang kemudian menyesatkan mereka sehingga mereka jatuh dalam kegelapan.

Melalui Musik dari Ainur, Ilúvatar menciptakan Visi Dunia; ia menunjukkan kepada para Ainur, dan menjelaskan banyak sifat dan takdir untuk mereka, sehingga Ainur memiliki banyak pengetahuan tentang dunia, tetapi tidak maha tahu. Dari visi inilah jagad raya yang disebut Ea terbentuk. Didalam Ea yang tercipta itu juga munculah Arda yaitu sebuah bidang datar yang didalamnya terdapat daratan dan lautan dimana daratan disebelah barat disebut Valinor dan yang disebelah timur dan yang dipisahkan oleh lautan luas yang membentang dari ujung Selatan sampai ke atas hampir ke ujung Utara disebut sebagai Midle Earth atau Dunia Tengah. Valar dan Maiar yang ditugaskan dan masih berdiam didalamnya membentuknya dan dalam kesiapan untuk menyambut kedatangan Bani Ilúvatar yaitu makhluk makhluk hidup hasil karya dan buah-buah pikiran Eru Iluvatar (yaitu, Elf dan Manusia).

Para Ainur yang memasuki Dunia dan memilih untuk hidup di dalamnya pada awalnya, tetap terikat sampai akhir. Vala Melkor akhirnya dilemparkan dan di penjara ke Void oleh para Valar atas pengkhianatan yang ia lakukan, namun ia bernubuat untuk kembali dan akan menghancurkan semua ciptaan Eru Iluvatar dan ciptaan para Valar lainnya dengan merebut Arda menjadi miliknya. Sedikit yang diketahui tentang masa depan dan akhir dari para Ainur, bahkan oleh diri mereka sendiri, tetapi dikatakan bahwa setelah pertempuran besar di akhir dunia, mereka akan berjanji akan membuat ciptaan Kedua, dengan nyanyian dan Musik yang lebih besar bersama sam Bani Ilúvatar.

Garis Melian

Di antara dari banyak Ainur yang memasuki dunia lama, ada satu dari urutan Maiar yang bernama Maia Melian seorang Maiar perempuan yang diperbantukan untuk Vala Aule dan istrinya Vala Yavanna, satu satunya dari semua Ainur yang menikahi anak anak Ilúvatar, yaitu salah satu Raja para Elf, Raja Elu Thingol dari Doriath, Maia Melian bermukim di Doriath selama berabad-abad. Dari dia, keturunan Ainur memasuki garis keturunan dari Elf (Dunia Tengah) dan Manusia, diwariskan dari generasi ke generasi, dan masih hadir pada saat Perang Cincin. Lord Elrond adalah garis keturunan Melian dari cucunya, Aragorn, juga adalah keturunan nya, meskipun melalui lebih banyak generasi dari Lord Elrond.

Etimologi

Ainur adalah kata Quenyan berasal dari bahasa Valarin dan berarti "yang Kudus". Tampaknya datang dari aina kata, yang berarti 'suci'. Meskipun asal dari elemen kedua kurang jelas, mungkin ada link antara kata 'Ainur' dan kata 'Eru' sebagai elemen pertama 'er' berarti 'satu', meskipun ini mungkin tidak benar karena ada penjelasan lebih lanjut tentang hal ini.

Bentuk tunggal dari Ainur adalah Ainu, hanya berarti "Satu Roh ".

Ainur bisa disamakan dengan peran Malaikat.