Gandalf

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Karakter dalam legendarium Tolkien
Gandalf.JPG
Ian McKellen sebagai Gandalf dalam film The Lord of the Rings
Nama Gandalf
Jenis kelamin Pria
Nama lain Gandalf Greyhame (artinya berjubah abu-abu); Gandalf Greybeard (artinya berjenggot abu-abu); Gandalf the Grey, lalu berubah menjadi Gandalf the White
Gelar Olorin, Mithrandir, The White Rider, Stormcrow, Incanus, Tharkun
Ras Penyihir
Kultur Maia dari Manwe dan Varda
Tanggal lahir Sebelum Arda
Tanggal kematian Abadi
Umur Abadi
Dunia Arda (Bumi Tengah), Valinor
 

Gandalf merupakan seorang karakter fiksi dalam legendarium J. R. R. Tolkien. Ia diperkenalkan dalam buku The Hobbit, dan memiliki peranan dalam trilogi The Lord of the Rings sebagai seorang penyihir, dan memiliki peranan penting di dalam Peperangan Cincin. Ia merupakan pemimpin Sembilan Pembawa Cincin dan tentara Barat.

Dia seorang penyihir, atau Istar , dikirim oleh ke barat di Zaman Ketiga untuk memerangi ancaman Sauron. Dia bergabung dengan Thorin dan rekanannya untuk merebut kembali Erebor dari Smaug, untuk menghancurkan Cincin Sauron, dan memimpin Masyarakat Bebas dalam kampanye akhir Perang Cincin.

Gandalf adalah Maia bernama Olórin sebelum meninggalkan Negeri Tanpa Kematian yang di sebut Valinor

Penyumbang paling bijaksana dari para Maiar, Gandalf awalnya Maia dari Manwë raja para Valar, dam ratunya Varda Ratu dan penguasa bintang bintang, Irmo Penguasa dunia mimpi dan Nienna sang penangis bernama Olórin. Ketika para Valar memutuskan untuk mengirim urutan Istari (juga dikenal sebagai Wizards) ke Dunia Tengah, nasihat dan membantu semua orang di Dunia Tengah yang menentang Dark Lord Sauron, Manwë dan Varda memutuskan untuk memasukkan Olórin antara lima yang dikirim. Pada awalnya, Olórin gugup dan menggambarkan dirinya sebagai terlalu lemah dan terlalu takut Sauron. Manwë memahami, dan mengatakan kepadanya bahwa itu salah satu alasan utama mengapa ia harus pergi, untuk mengatasi rasa takut itu. Dengan demikian, dia bersikeras bahwa Olórin harus pergi sebagai yang ketiga, tapi Varda meyakinkannya untuk tidak menyertakan Olórin sebagai ketiga, tetapi sebagai yang kedua. Olórin setuju, dan siap untuk keberangkatannya dari Negeri Tanpa Kematian dengan empat penyihir lainnya.

Kedatangan di Tengah-Earth

Ketika ia tiba untuk Middle Earth, ia receivedNarya, cincin api, dari Cirdan Shipwright tersebut. Olórin, berganti nama menjadi Gandalf (nama "diterjemahkan" dari Westron ke Norse oleh Tolkien), menghabiskan berabad-abad berjalan di antara elf sebagai orang asing, belajar dari mereka dan mengajar mereka. Dia kemudian mengungkapkan dirinya sebagai salah satu Istari, dan akhirnya menjadi dikenal sebagai orang paling dan paling kuat dari urutan itu. Ia bergabung dengan Dewan Putih, yang dibentuk untuk menyelidiki kekuatan gelap di Dol Guldur, yang Galadrielwanted dia untuk menjadi pemimpin, yetSaruman datang untuk memimpin Dewan bukan dia. [1] Meskipun Saruman pada awalnya lebih kuat, lebih pengetahuan tentang banyak hal mengenai Sauron dan TheRings Power, dan kepala Dewan Putih sebelum Perang Cincin, ia kemudian tumbuh cemburu dan takut Gandalf, [2] yang merupakan alasan dari pengkhianatannya.

Quest untuk Erebor

Gandalf mengajak Bilbo pada petualangan.

Gandalf berjalan selama bertahun-tahun di antara Orang Bebas Dunia Tengah, tetapi menghabiskan sebagian besar waktu bahwa di antara kaum Peri, di mana ia banyak belajar dan mengajar banyak. Dia juga terus mengumpulkan informasi seperti tentang Sauron dan sejenisnya yang dia bisa, dan untuk itu, ia mulai curiga bahwa Necromancer dari Dol Guldur sebenarnya Sauron mengambil bentuk sekali lagi. Ia masuk Dol Guldur, tapi Sauron, masih sangat lemah, melarikan diri dari dia dan untuk waktu yang singkat, kejahatan Mirkwood itu sangat berkurang. Namun, Sauron cepat kembali ke Dol Guldur, dan oleh 2850 dari Zaman Ketiga, telah dibangun kembali pasukannya di sana. Pada tahun itu, Gandalf lagi memasuki benteng dan mengalami Thrain II, ayah dari Thorin Oakenshield, yang sedang sekarat setelah dipilih mengerikan tersiksa. Sebelum kematiannya, raja Dwarf tua dipercayakan Gandalf dengan peta untuk Erebor.

Pada tahun 2941, Gandalf menjadi terganggu oleh pengetahuan tentang kekuatan bangkit kembali Sauron. Dia tahu bahwa Sauron sudah merencanakan perang dari Dol Guldur, dan segera setelah ia merasa cukup kuat, dia akan menyerang Rivendell. Sayangnya, satu-satunya kekuatan yang tersisa selain Rivendell untuk menolak upaya dari Mirkwood untuk mendapatkan kembali tanah Angmar adalah Kurcaci Besi Hills. Lebih buruk lagi, Gandalf tahu bahwa Smaug ke Golden tinggal masih dalam Erebor, dan bahwa Sauron bisa dan akan menggunakan naga untuk dampak buruk sekali ia menjadi cukup kuat untuk mempengaruhi Smaug. Namun, Saruman tampak enggan untuk terlibat pasukan Sauron, meskipun tidak ada Dewan Putih menyadari bahwa ia sudah pengkhianat. Suatu malam, saat memikirkan masalah kelemahan Rakyat Gratis di Utara, Gandalf memiliki kesempatan pertemuan di Bree dengan Dwarf Thorin II Oakenshield, yang juga mencari, tanpa arah atau banyak harapan, cara untuk merebut kembali Kerajaan bawah Gunung. Gandalf dan Thorin kemudian mengarang rencana (lebih Gandalf dari Thorin) berpotensi menggambar naga keluar dari gunung dan merebut kembali kerajaan. Untuk itu, Gandalf mengunjungi Bilbo Baggins, seorang Hobbit dari Shire, untuk meyakinkan dia untuk pergi dengan Thorin dan Perusahaan untuk Erebor dan membantu mereka. Pada saat itu, Bilbo menganggapnya sebagai sedikit lebih dari sia-sia, tukang sulap tua rewel yang menghibur anak-anak dengan kembang api selama festival dan pesta, tapi segera menemukan sifat sejati. [3] Hal ini pada quest ini yang Gandalf menemukan pedangnya, Glamdring, dan bahwa Bilbo menemukan pedangnya, Sting, dan cincin (meskipun pada waktu itu adalah keliru untuk sebuah cincin yang lebih rendah).

Gandalf sendiri bergabung pencarian baik untuk melihat apa yang bisa ia lakukan untuk menghancurkan naga, dan mencoba untuk meyakinkan Dewan Putih (terutama Saruman) untuk menggulingkan Sauron dari Dol Guldur. Selama pencarian Kurcaci ', Gandalf menghilang dua kali - sekali untuk pramuka jalan mereka, kedua kalinya untuk "mengurus bisnis lain yang mendesak", sifat yang ia menolak untuk membahas. Dia benar-benar menghadiri pertemuan Dewan Putih. Ketika Bilbo menemukan Cincin, Gandalf segera mencurigakan dari cerita Hobbit tentang bagaimana ia bisa memperolehnya. Dia secara pribadi dihadapkan Bilbo dan memaksa kebenaran dari dia, dan sangat terganggu dengan ceritanya kekuasaan Ring sebagaimana yang tampak menakutkan akrab. Mungkin bahkan lebih mengganggu kepadanya adalah bahwa Bilbo, seorang yang tepat, hobbit terhormat, akan seperti biasanya berbohong tentang kisahnya.

Galadriel dan Gandalf

Gandalf ditinggalkan perusahaan Thorin ketika mereka mencapai Mirkwood untuk berpartisipasi dalam serangan Dewan Putih Dol Guldur. Serangan itu muncul untuk mengusir The Necromancer (Sauron), meskipun ia segera mundur ke benteng lama-siap nya Barad-dur. Gandalf bergabung kembali perusahaan Thorin pada saat theBattle Lima Pasukan pecah, bantalan berita tentang kedatangan seorang goblin dan tentara warg. Gandalf berjuang dalam pertempuran, dan membantu menghancurkan ancaman goblin. Thorin sendiri dibunuh selama pertempuran, tetapi tujuan utama Gandalf dicapai; dengan penghancuran Smaug dan mengusir tentara goblin, Dain II Ironfoot menjadi Raja di bawah Gunung dan dikembalikan Erebor ke sebuah kerajaan yang kuat. Ini, bersama dengan penguatan Kerajaan Dale, diperbolehkan Rakyat Bebas dari wilayah Utara Tengah-bumi untuk memiliki persiapan yang cukup terhadap pasukan Sauron selama kemudian Perang Cincin, di mana sebelum mereka memiliki hampir tidak ada. Berikut pertempuran, Gandalf disertai Bilbo kembali ke Shire. [4]

Kembali ke Shire

Gandalf menghabiskan tahun-tahun antara TA 2941 -TA 3001 bepergian Tengah-bumi dalam pencarian informasi tentang kebangkitan Sauron dan cincin misterius Bilbo. Ia menghabiskan waktu sebanyak yang dia bisa di Shire, bagaimanapun, memperkuat persahabatan dengan Bilbo dan berteman keponakan Bilbo, Frodo, sementara secara bersamaan menjadi curiga Saruman dan kesetiaan-Nya.

Gandalf kembali ke Shire.

Pada TA 3001, sekitar waktu "sebelas-Pertama" (111) pesta ulang tahun Bilbo, Gandalf kembali ke Shire, membawa serta banyak kembang api untuk acara ini. Setelah melihat Frodo dan mengunjungi Bilbo lagi, Gandalf menghadiri pesta.

Selama pidato Bilbo, ia mengenakan cincin misterius dan menghilang, sebagai lelucon pada tetangganya. Kemudian saat ia mengucapkan selamat tinggal kepada Gandalf, yang sudah tahu tentang rencananya untuk meninggalkan, Bilbo mulai berubah pikiran tentang meninggalkan cincin untuk Frodo, karena ia sebelumnya telah disepakati. Ketika Gandalf berusaha membujuknya untuk meninggalkannya, Bilbo menjadi bermusuhan dan menuduh Gandalf mencoba untuk mencuri cincin untuk kepentingannya sendiri, yang disebut sebagai "berharga." Ngeri dengan ledakan Bilbo, Gandalf berdiri setinggi-tingginya dan muncul mengancam, menakutkan hobbit. Ini membawa Bilbo kembali ke akal sehatnya; ia meminta maaf, mengakui bahwa Cincin telah mengganggunya akhir-akhir ini, dan meninggalkan cincin belakang. Bilbo dan Gandalf tawaran masing-masing selamat tinggal lain, sebelum Bilbo meninggalkan Shire untuk perjalanannya.

Gandalf merenungkan perilaku tak menentu Bilbo.

Bermasalah dengan ini, Gandalf merenungkan ini. Sebelum akhirnya meninggalkan Shire, Gandalf memberi cincin itu ke Frodo, menasihati dia untuk tetap aman. Selama tujuh belas tahun ke depan, Gandalf bepergian secara luas, mencari jawaban. Setelah lama dicari untuk Gollum dekat Mordor, ia bertemu Aragorn, yang telah menangkap makhluk di Mirkwood.

Gandalf diinterogasi Gollum dan mengetahui bahwa Sauron telah memaksa Gollum untuk memberitahu apa yang ia tahu tentang cincin di bawah penyiksaan. Gandalf meninggalkan Mirkwood segera setelah itu, dan meninggalkan Gollum dengan Wood-elf Utara Mirkwood.

pengkhianatan Saruman

Gandalf mengatakan Frodo tentang Cincin.

Setelah kembali ke Shire, Gandalf segera pergi ke Frodo dan dikonfirmasi kecurigaannya dengan melemparkan Cincin ke Frodo perapian api, yang mengungkapkan, di Black Speech, prasasti pada cincin.

Gandalf kemudian mengatakan kepada Frodo tercengang tentang Cincin dan sejarahnya, dan bagaimana Sauron akan berusaha untuk mendapatkannya kembali. Menginstruksikan Frodo untuk pergi ke Rivendell dengan ring, Gandalf menyuruhnya untuk membuat pengaturan untuk meninggalkan Shire diam-diam.

Naik dekat Shire, Gandalf encounteredRadagast Brown, Wisaya lain, disebut sebagai "sepupunya", yang memintanya untuk mencari outSaruman Putih, sebagai Nazgûl telah muncul dan menyeberangi Sungai Anduin.

Gandalf dipenjarakan di Isengard.

Meninggalkan catatan untuk Frodo dengan Barliman Butterbur, sebuah penginapan-penjaga di Bree, Gandalf berangkat ke Isengard untuk berbicara dengan Saruman. Sesampai di sana, namun, Gandalf menemukan bahwa Saruman ingin Cincin untuk dirinya sendiri dan menyatakan dirinya Saruman dari Banyak Colours. Dia mencoba untuk meyakinkan Gandalf baik bergabung dengan dia dalam pelayanan kepada Sauron, sehingga mereka akhirnya bisa mengendalikan Kegelapan dan dengan demikian mencapai tujuan yang baik, meskipun melalui cara-cara yang jahat, atau untuk membantu dia menemukan Cincin sehingga mereka bisa mengambil kekuasaan dari Sauron . Gandalf menolak, dan ditahan di puncak menara Orthanc.

Perjalanan ke Rivendell

Gandalf diselamatkan.

Setelah menghabiskan beberapa saat sebagai tahanan Saruman, Gandalf akhirnya diselamatkan oleh Gwaihirthe Elang. Besar Elang ditetapkan Gandalf turun di Rohan, di mana ia mengimbau kepada Raja Théodenfor kuda.

Grima Wormtongue, mata-mata Saruman, diperbolehkan Gandalf untuk mengambil kuda yang ia inginkan, tetapi hanya untuk melakukannya dengan cepat. Ada, Gandalf memilih kuda Shadowfax. Naik untuk Shire, Gandalf tiba terlambat untuk Frodo; ia sudah ditetapkan.

Mengetahui bahwa Frodo akan menuju forRivendell, Gandalf mulai membuat jalan sendiri di sana. Tak lama setelah tiba di Bree, Gandalf belajar bahwa hobbit sudah mulai bepergian ke Rivendell dengan sekutunya dan teman lama: Aragorn. Selanjutnya, Gandalf dihadapkan satu malam oleh Sauron Nazgûl di Weathertop. Setelah pertempuran sepanjang malam dengan Hantu Cincin, Gandalf mampu akhirnya melarikan diri, meskipun empat dari sembilan Nazgûl mengejarnya.

Beberapa hari kemudian, Frodo, Aragorn, dan perusahaan tinggal di Weathertop dan berhadapan dengan lima Nazgûl sisanya. Meskipun pelarian mereka, Frodo ditikam dalam proses oleh pemimpin Hantu Cincin, yang menggunakan Morgul-blade. Gandalf mampu menghindari empat Nazgûl dan berhasil mencapai Rivendell. Namun, beberapa hari kemudian, sebuah Frodo terluka tiba di Ford Bruinen, meskipun Nazgûl mengejarnya sepanjang perjalanan ke sana. Gandalf, bersama dengan Elrond, disimpan Frodo dari Nazgûl oleh mempesona air dan menyapu mereka pergi.

Pembentukan Fellowship

Pada Rivendell, Gandalf, bersama dengan Frodo, Bilbo, dan banyak lainnya, menghadiri rahasia Dewan Elrond. Ada Gandalf menjelaskan kepada orang lain bagaimana Saruman telah memenjarakannya dan bagaimana White Wizard menciptakan tentara sendiri Orc untuk menyaingi Sauron.

Seperti semua orang di Dewan diperdebatkan selama cincin, Frodo ditawarkan menjadi cincin pembawa dan membawanya ke Gunung Doom untuk dihancurkan. Gandalf sukarela membantu dan melindungi Frodo quest, bersama dengan Aragorn, Boromir, Legolas, dan Gimli. Sam menyelinap masuk dan diizinkan untuk pergi karena ini.

Gandalf memimpin Fellowship.

Dengan ini Fellowship of the Ring dibentuk, dengan Gandalf sebagai pemimpin. Gandalf kemudian meyakinkan Elrond untuk memungkinkan sepupu Frodo, Merry dan Pippin, untuk bergabung dengan Fellowship. Selanjutnya, setelah mempersiapkan perjalanan, Fellowship meninggalkan Rivendell.

Gandalf mengambil kepemimpinan Fellowship, memimpin kelompok selatan setelah meninggalkan Rivendell. Dia dan Aragorn memimpin hobbit dan sahabat mereka pada upaya yang gagal untuk menyeberangi Gunung Caradhras.

Perang Cincin

Tambang Moria

Mereka kemudian mengambil "gelap dan rahasia cara" melalui Pertambangan Moria, banyak ketidaknyamanan Aragorn; meskipun ia telah melewati Mines sekali sebelumnya, ia tidak punya keinginan untuk pergi melalui mereka lagi, dan ia takut untuk Gandalf jika mereka melakukannya. Ketika mereka mencoba untuk meninggalkan tambang, di jembatan dari Khazad-dum, Gandalf menghadapi Balrog, umumnya dikenal sebagai Durin Bane. Ini adalah salah satu Maiar rusak oleh Melkor pada hari-hari awal Arda.

Anda tidak bisa lewat, "katanya. Para Orc berdiri diam, dan diam mati jatuh." Saya seorang hamba dari Rahasia Api, wielder dari api Anor. Kau tidak bisa lewat. Api gelap tidak akan memanfaatkan Anda, nyala Udun. Kembali ke Shadow! Anda tidak dapat pass.The Lord of the Rings, The Fellowship of the Ring, Buku II, Bab 5: "The Bridge of Khazad-dum"

Gandalf berhenti di Jembatan, berdiri di tengah-tengah rentang, yang memungkinkan orang lain untuk melarikan diri. Ia bersandar pada staf di tangan kirinya dan memegang pedang Glamdring, berkilauan dingin dan putih, di kanannya. Balrog melangkah ke Bridge, menghadapi Gandalf, dan bayangan tentang hal itu mengulurkan tangan seperti dua sayap besar. Ini mengangkat cambuk nya, dan tali merengek dan pecah-pecah. Api berasal dari lubang hidungnya. Tapi Gandalf berdiri kokoh dan menyatakan bahwa Balrog tidak bisa lulus. Mereka bentrok, dan pedang Balrog itu hancur. Kemudian Balrog melompat penuh atas jembatan, dan Gandalf mengangkat stafnya dan memukul span. stafnya pecah, tetapi Bridge retak di kaki Balrog ini. Batu di bawah Balrog pecah dan jatuh, mengambil Balrog dengan itu ke dalam jurang, tapi tali cambuk yang dijerat Gandalf tentang lututnya, dan Wizard dan Balrog jatuh bersama-sama ke dalam kegelapan di bawah ini. Galdalf menangis, "Fly, Anda bodoh!" dan pergi.

"Fly, Anda bodoh!"

Gandalf dan Balrog jatuh untuk waktu yang lama, dan Gandalf dibakar oleh api Balrog ini. Kemudian mereka terjun ke danau jauh di kedalaman gunung, yang Gandalf kemudian mengatakan itu dingin seperti gelombang kematian dan hampir membeku hatinya. Mereka berjuang di dalam air sampai akhirnya Balrog melarikan diri ke terowongan gelap, di mana dunia sedang digerogoti oleh hal-hal yang tak dikenal, yang lebih tua bahkan dari Sauron. Gandalf mengejar makhluk itu sampai membawanya ke tangga tak berujung spiral, dan mereka naik sampai mereka mencapai Durin Menara di ofZirakzigil batu hidup, puncak dari Silvertine atas awan. Di sana mereka bertempur, sampai Gandalf lalu melemparkan musuhnya, dan Balrog memecahkan gunung-side seperti jatuh. Kemudian kegelapan mengambil Gandalf, dan ia meninggal. Tubuhnya terbaring di puncak. Seluruh pertempuran, dari konfrontasi di Jembatan Khazad-dum untuk kematian saling Balrog dan Gandalf, telah mengambil sepuluh hari.

Kemudian kegelapan membawa saya, dan saya menyimpang dari pikiran dan waktu, dan aku berjalan jauh di jalan-jalan yang saya tidak akan tell.Gandalf Putih.

Dua puluh hari kemudian Gandalf kembali ke kehidupan, dan berbaring di trans.

Telanjang saya dikirim kembali - untuk waktu yang singkat, sampai tugas saya dilakukan. Dan telanjang aku berbaring di atas puncak gunung. ... Ada aku berbaring menatap ke atas, sementara bintang-bintang berputar lebih, dan setiap hari adalah selama hidup-usia Earth.The Lord of the Rings, The Two Towers, Buku Tiga, Bab V: "The White Rider"

Gandalf pengembalian Putih terlahir kembali

Tiga hari kemudian ia ditemukan oleh windlord Gwaihir, Tuhan dari Eagles, yang telah dikirim oleh Galadriel untuk menemukannya. Gandalf dibawa ke Caras Galadhon di Lothlórien, di mana ia telah sembuh, dan berpakaian putih, dan dengan demikian menjadi Gandalf Putih.

Di hutan Fangorn ia bertemu Aragorn, Gimli, dan Legolas sementara mereka melacak Pippin dan Merry, yang telah ditangkap oleh Orc tanpa kehadiran Gandalf.

Rohan

Jauhkan juga Tuhan dari Mark, sampai aku kembali. Menunggu saya di Helm Gerbang. Perpisahan! Gandalf untuk Aragorn dan Eomer dan orang-orang dari keluarga raja.

Mengungkapkan dirinya untuk tiga, ia menjelaskan bagaimana ia selamat dan kembali. Ada, Gandalf mencoba membujuk Aragorn pergi ke Rohan sebaliknya, bersikeras ada hal-hal lain menekan, seperti Perang datang ke Rohan dan yang akan datang serangan terhadap Edoras oleh Saruman.

Gandalf menghadapi Theoden, dikendalikan oleh Saruman.

Tiba di Rohan dengan Aragorn, Gimli, dan Legolas, Gandalf menemukan Raja Theoden, dilemahkan oleh agen Saruman, Grima Wormtongue. Namun, Gandalf cepat pecah Wormtongue dan Saruman terus lebih Theoden.

Sementara Theoden dan Rohirrim naik ke Helm Deep untuk melakukan pertempuran dengan gerombolan Isengard, Gandalf naik ke Orthanc dan meminta Treebeard untuk mendorong Huorns Bantu dia dalam mengalahkan Saruman dan Uruk-hai-nya. Dia juga naik untuk menemukan Erkenbrand dan orang-orangnya dan membujuk mereka untuk naik ke Helm Deep.

Pengepungan Gondor

Setelah menggulingkan Saruman, Gandalf pecah staf saingannya dan membuangnya dari theOrder dari Wizards. Kemudian, melawan nasihatnya, Pippin melirik ke palantir Orthanc bahwa ia pulih dari Saruman dan membuat kontak dengan Sauron. Dia kemudian mengambil Pippin dengan dia untuk Gondor untuk membantu dalam pertahanan kota. Sepanjang jalan, Gandalf memberi Pippin sejarah singkat palantir, menyebutkan Feanor, dan bagaimana itu beruntung bahwa Pippin melakukan kontak dengan Sauron bukan dirinya, karena ia belum siap untuk pertemuan dengan Sauron. Sesampainya di Minas Tirith, ia bertemu withDenethor II dan mencoba untuk memberinya nasihat.

Setelah biaya Faramir, tuan rumah Morgul diserang kota. Gandalf memberikan bantuan yang berharga untuk White City dan membeli waktu yang berharga yang memungkinkan Rohirrim untuk menyimpan Gondor selama Pertempuran Pelennor Fields. Ketika pendobrak Grond melanggar gerbang kota, banyak troll bergegas melalui, menyerang pembela. Namun, Gandalf berkuda dan membantu membunuh beberapa. Gandalf sendiri berdiri menentang Witch-King, namun kekuatan Gandalf tidak pernah diuji. Dengan kedatangan tepat waktu Rohan, Raja Penyihir tersisa untuk berurusan dengan ancaman baru. Dengan kedatangan Rohan, dan permohonan dari Pippin tentang niat Denethor untuk membunuh Faramir dan dirinya sendiri, Gandalf bergegas untuk bantuan Faramir. Gandalf mengambil Faramir dari tumpukan kayu dan mencoba untuk mencegah Denethor dari bunuh diri. Namun, gila karena kesedihannya dan pesan Sauron melalui Palantir dari Minas Tirith, Denethor mengatur terbakar tumpukan kayu sambil melihat ke kata palantir. Dalam kesedihan, Gandalf menutup pintu-pintu ruangan. Denethor kemudian memberi menjerit dan mengatakan tidak lebih. Segera setelah itu, Gandalf didelegasikan kendali kota kepada Pangeran Dol Amroth.

Kejatuhan Sauron

Gandalf, bersama Aragorn, memimpin pertempuran terakhir melawan pasukan Sauron di Gerbang Hitam, melancarkan pertempuran habis-habisan untuk mengalihkan perhatian theDark Tuhan jauh dari Frodo andSam, yang pada saat yang sama skala Gunung Doom untuk menghancurkan Cincin. Meskipun kekuatan yang baik yang sangat kalah jumlah, mereka mampu menahan musuh sampai hobbit mencapai puncak Gunung Doom. Pada jurang dalam, melihat dari atas api Gunung Doom, Frodo akhirnya menyerah kekuatan Cincin, tergelincir itu ke jarinya. Namun, Gollum, tidak dapat menanggung pikiran bahwa Cincin akan dihancurkan, menerjang Frodo, menggigit jari manisnya, dan cincin, dalam proses. Gollum dan cincin jatuh ke dalam api, dan Cincin akhirnya hancur. Tanpa upaya Gandalf, Sauron mungkin telah belajar di mana dua hobbit dan membunuh mereka sebelum mereka bisa menyelesaikan tugas mereka.

Keberangkatan

Empat tahun setelah cincin dihancurkan, Gandalf menghabiskan beberapa waktu dengan "lumut pengumpul" Tom Bombadil, kemudian, setelah menghabiskan lebih dari 2.000 tahun di Dunia Tengah, berangkat dengan Frodo, Galadriel, Celeborn, Bilbo, Elrond, (dan mungkin Shadowfax ) melintasi laut ke Negeri Tanpa Kematian, dan tidak pernah terlihat lagi di dunia Tengah.

DISAJIKAN OLEH minggu ini di E3

Kratos Mengembalikan di 'God of War' baru

'Call of Duty: Tak Terbatas Warfare' baru Ruang Tempur Footage Tampil

Breaking Down New 'Horizon Nol Dawn' Gameplay Footage

Kojima Apakah Kembali!

'Resident Evil 7' Diumumkan di Sony Konferensi Pers

LIHAT SEMUA

senjata

Gandalf terutama digunakan stafnya, tetapi juga membawa pedang dalam pertempuran. Kadang-kadang selama pertempuran, Gandalf akan terlihat memegang kedua senjata melawan musuh-musuhnya.

Staf

Artikel utama: Wisaya Staf

Gandalf dimanfaatkan stafnya untuk berbagai mantra dan kemampuan. Dia tidak menggunakannya hanya sebagai senjata; ia juga dimanfaatkan staf seolah-olah itu adalah tongkat. Dia awalnya memiliki staf kayu tua yang ia kalah di Pertambangan Moria saat berperang Balrog. Dia menggunakan yang baru setelah menjadi Gandalf Putih. Dalam film adaptasi diperpanjang, Raja Penyihir dari Angmar tampaknya tahu 'aktivasi kata' untuk staf - menghancurkan dan meninggalkan Gandalf terkena sejenak - selama Pertempuran Pelennor Fields, di Minas Tirith.

Glamdring

Artikel utama: Glamdring

Ini adalah pedang Gandalf ditemukan di sebuah gua troll. Sejak saat itu, ia menggunakan ini sebagai senjata untuk stafnya, memegang mereka dengan keterampilan yang sama. Dalam banyak kasus, ia berjuang dengan kedua senjata sekaligus.


nama

Olórin, namanya di Valinor dan di zaman yang sangat kuno. "Olórin adalah nama saya di masa muda saya di Barat yang terlupakan". Ini wasQuenya, dan artinya dikaitkan dengan mimpi (mungkin "pemimpi" atau "mimpi"), dari akar Olos-.Mithrandir, nama Sindarin nya, digunakan inGondor dan oleh elf, yang berarti Putih Pilgrim atau abu-abu Wanderer.Old Greybeard , dengan Mulut Sauronwhen mereka bertemu di Morannon.The Putih Rider (jika dipasang pada kuda besar Shadowfax) Stormcrow (referensi ke kedatangannya dikaitkan dengan masa-masa sulit), sering digunakan oleh musuhnya berarti ia adalah merepotkan mencampuri urusan dalam urusan others.Incánus (di selatan), dari bahasa yang tidak jelas dan makna. Tolkien beberapa kali berubah pikiran tentang hal itu, yang bervariasi antara kata Latin Incanus (berarti abu-abu dan penemuan yang mungkin Westron berarti "Greymantle"), kata Ind-cano (artinya Penguasa Kejam), atau bahkan bentuk dari Southron berarti "Mata-mata Utara ".Lathspell, oleh Grima Wormtongue yang mengatakan" Lathspell saya nama Anda, Ill-berita, dan berita sakit adalah tamu yang sakit yang mereka katakan ". (Di The Two Towers, "The King of the Golden Hall", pg. 117.) Tharkûn (ke Kurcaci), mungkin berarti staf-man.Gandalf GreyhameGandalf Grey, dan kemudian Gandalf Putih setelah ia dilahirkan kembali sebagai penerus untuk Saruman.

Dalam Tolkien legendarium, "Gandalf" diterjemahkan nama yang tidak diketahui dari makna "Wand-Elf" (alternatif tebu / staf) di tua seperti laki-laki utara. Sebagian besar penghuni Middle-earth salah diasumsikan Gandalf adalah AMAN (manusia), meskipun ia benar-benar semangat Maia (kurang lebih setara dengan malaikat). Namun, kesalahpahaman kurang umum yang terjadi selama awal kariernya di Tengah-bumi adalah bahwa bagi seseorang untuk menjadi abadi dan menggunakan sebanyak sihir seperti yang dia lakukan, dia pasti elf, meskipun segera menjadi jelas bagi semua bahwa dia tidak bisa menjadi elf, karena ia sudah tua dan elf umumnya tidak usia. Bahkan karena ini, julukan terjebak dengan dia. Dia kemudian memberikannya sebagai namanya kepada orang lain ia bertemu yang tidak tahu makna aslinya.

Pengembangan karakter

Banyak yang hidup layak mati. Dan beberapa yang mati layak hidup. Anda dapat memberikan kepada mereka? Maka jangan terlalu bersemangat untuk menangani keluar kematian dalam penghakiman. Bahkan sangat bijaksana tidak dapat melihat semua ends.The Lord of the Rings, The Fellowship of the Ring, Buku I, Bab 2: "The Shadow of the Past"

akar Mythical

The Old nama Norse "Gandalfr" muncul dalam daftar kurcaci di Völuspá dari Elder Edda; nama berarti "tongkat-elf," atau "tongkat peri-." Tolkien mengambil nama beserta nama thedwarves ketika ia menulis The Hobbit pada 1930-an. Dia datang ke menyesal penciptaan ini "pengacau dari kurcaci eddaic-bernama, [...] diciptakan dalam satu jam siaga" (The Return of Shadow: 452), karena memaksa dia untuk datang dengan penjelasan mengapa Old nama Norse harus digunakan dalam Zaman Ketiga dunia Tengah. Dia memecahkan dilema pada tahun 1942 oleh penjelasan bahwa Norse adalah translationof bahasa Dale. Sosok Gandalf memiliki pengaruh lainnya dari mitologi Jermanik, khususnya Odin dalam inkarnasi sebagai "Wanderer", seorang pria tua dengan satu mata, janggut putih panjang, topi lebar bertepi, dan staf. Tolkien menyatakan bahwa ia berpikir dari Gandalf sebagai "pengembara Odinic" di surat 1946. [5] Gandalf juga mirip dengan Väinämöinen, sebuah Bard dalam mitologi Finlandia.

der Berggeist

der Berggeist

Tolkien memiliki kartu pos berlabel Der Berggeist ( "roh gunung"), dan di sampul kertas di mana ia terus itu, ia menulis "asal Gandalf" di beberapa titik. kartu pos mereproduksi lukisan sosok berjanggut, duduk di atas batu di bawah pohon pinus dalam pengaturan pegunungan. Dia memakai putaran topi lebar, dan jubah panjang dan rusa putih nuzzling tangan yang terbalik.

Humphrey Carpenter pada tahun 1977 biografinya mengatakan bahwa Tolkien telah membeli kartu pos selama liburannya 1911 di Swiss. Namun, Manfred Zimmerman (1983) menemukan bahwa lukisan itu dengan Germanartist Josef Madlener dan tanggal untuk akhir 1920-an. Humphrey Carpenter menyimpulkan thatTolkien mungkin keliru tentang asal-usul kartu pos sendiri. Tolkien harus telah memperoleh kartu pada beberapa waktu di awal 1930-an, pada saat The Hobbit sudah mulai terbentuk. [6]

Lukisan asli dilelang atSotheby di London pada tanggal 12 Juli 2005 untuk 84.000. Pemilik sebelumnya telah diberikan lukisan oleh Madlener di tahun 1940-an dan ingat bahwa ia telah menyatakan pegunungan di latar belakang lukisan itu adalah Dolomites.

Penampilan

Gandalf digambarkan sebagai seorang pria tua dengan topi abu-abu runcing, jubah panjang abu-abu, dan syal perak. Dia memiliki janggut putih panjang dan alis lebat yang mencuat di luar pinggiran topi.

Setelah ia dibangkitkan, perubahan warna tanda tangannya dari abu-abu menjadi putih adalah signifikan, karena ia dikirim kembali untuk menggantikan kepala rusak Orde Wizards dan pemimpin Dewan Putih Saruman sebagai Kepala Ordo Wizards. Dalam buku itu, ia mengatakan bahwa ia sendiri telah menjadi apa yang Saruman seharusnya.

Cirdan Shipwright tampaknya telah meramalkan ini, karena ia mempercayakan perawatan ofNarya, Cincin Api (salah satu dari Tiga Cincin dari Peri) ke Gandalf daripada Saruman.

Penampilan di Buku dan Film

Dalam film

The Hobbit: An Unexpected JourneyThe Hobbit: The Desolation of SmaugThe Hobbit: The Battle of Lima ArmiesThe Fellowship dari RingThe Dua TowersThe Return of the King

Penggambaran di adaptasi

Hobbit dan Lord of the Rings trilogi film yang

Sir Ian McKellen digambarkan Gandalf dalam The Lord of the Rings trilogi film yang disutradarai oleh Peter Jackson.

Saya memberi Anda kesempatan membantu saya rela, tapi Anda telah memilih cara nyeri! Saruman ke Gandalf.

Sean Connery awalnya dipertimbangkan untuk peran Gandalf, tapi menolaknya karena dia tidak ingin menghabiskan waktu begitu lama di New Selandia, di mana film ditembak. interpretasi McKellen tentang peran secara luas dipuji. Dia dinominasikan untuk Academy Award untuk perannya sebagai Gandalf di The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring, membuatnya satu-satunya pemeran individu yang akan dinominasikan untuk penampilannya. Christopher Lee, seorang penggemar seumur hidup dari buku-buku, berharap untuk berperan sebagai Gandalf, tapi karena usianya memajukan, ia malah memilih untuk peran Saruman, sebagai Gandalf diperlukan menunggang kuda lebih dan lebih banyak pekerjaan pedang.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Tgw