Ermenilda dari Ely

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Santa Ermenilda dari Ely
Abdis
LahirEormenhild
Meninggalskt. 700/703
Pesta13 Februari

Eormenhild (atau Ermenilda, Ermenildis, Ermengild, semuanya berarti "pertempuran hebat", dari eormen- "hebat", hild- "pertempuran") († skt. 700/703) adalah abdis dan Santa Anglo-Saxon abad ke-VII yang dihormati di gereja Ortodoks Timur dan Katolik Roma.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Eormenhild adalah salah satu dari dua putri Raja Eorcenberht dari Kent dan istrinya, Putri Seaxburh dari Anglia Timur. Dia memiliki dua saudara laki-laki, Ecgberht dan Hlothhere, dan seorang saudara perempuan, Eorcengota. Dia menikah dengan Raja Mercia Wulfhere[1] dan memberinya seorang putra, Cenred, dan seorang putri, Werburgh. Sejarawan D. P. Kirby melihat pernikahan ini sebagai cerminan dari keinginan Mercia untuk lebih dekat dengan Kent yang sudah Kristen. Mercia kemudian berlaku dalam Kristenisasi penuh.

Setelah kematian suaminya pada 675, Eormenhild menerima perintah dan pensiun ke biara yang didirikan oleh ibundanya di Minster, Pulau Sheppey. Ketika ibundanya meninggalkan Sheppey ke Katedral Ely, Eormenhild menggantikannya sebagai abdis. Dia meninggal pada sekitar 700. Dimakamkan di Ely, dia dihormati sebagai Santa, dan dirayakan pada tanggal 13 Februari. Putrinya Werburgh menjadi abdis Ely setelah dia.

Semua informasi tentang Eormenhild berasal dari sumber yang ditulis dengan baik setelah kematiannya. Hanya salinan piagam dari Raja Wihtred dari Kent yang menyebutkannya selama masa hidupnya, pada 699[2]. Dia tidak disebutkan oleh Beda Venerabilis dalam bukunya Historia Ecclesiastica Gentis Anglorum, tidak seperti saudara perempuannya Eorcengota.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber utama[sunting | sunting sumber]

  • Charter of King Wihtred, Sawyer no. 20 (AD 699)
  • The Kentish Royal Legend, also known as Þá hálgan (Cambridge, CCC, MS 201,), ed. Felix Liebermann, Die Heiligen Englands. Hanover, 1889. 1-10. Edition transcribed by Alaric Hall.
  • Kentish Royal Legend / Þá hálgan (London, Lambeth Palace 427, f. 211), transcribed by Alaric Hall
  • Anonymous Old English Life of St. Mildrith (Caligula), ed. and tr. Oswald Cockayne, Leechdoms, Wortcunning, and Starcraft of Early England, vol. 3. London, 1866. 422-9 (Caligula), 428-32 (MS Lambeth Palace). Caligula text partially transcribed by Alaric Hall and Cockayne's volume available as PDF from Google Books.
  • Goscelin, Vita Deo delectae virginis Mildrethae, 11th century. Published in Latin, in Rollason, D, (1982) The Mildrith Legend, Leicester University Press.
  • Charter of King Cnut, Sawyer no. 958 (AD 1022), possibly a forgery.
  • Goscelin, Lectiones in natale S. Eormenhilde, ed. and tr. Rosalind C. Love, Goscelin of Saint-Bertin. The Hagiography of the Female Saints of Ely. OMT. Oxford, 2004. 11 ff.
  • Liber Eliensis, ed. E.O. Blake, Liber Eliensis. Camden Society 3.92. London, 1962; tr. J. Fairweather. Liber Eliensis. A History of the Isle of Ely from the Seventh Century to the Twelfth. Woodbridge, 2005.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]