Eric Samola

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Eric Samola
Informasi pribadi
Lahir(1936-08-26)26 Agustus 1936
Bendera Hindia Belanda Minahasa, Sulawesi Utara, Hindia Belanda
Meninggal10 Oktober 2000(2000-10-10) (umur 64)
Bendera Singapura Singapura
Pekerjaan
Dikenal karenaJawa Pos

Eric Samola, S.H.(26 Agustus 1936 – 10 Oktober 2000)[1] adalah eksekutif puncak dari Grup Pembangunan Jaya. Ia berhasil mengembangkan "konglomerat" baru dalam bidang pers di Indonesia sehingga ia dijuluki "Raja Pers" dan "Murdoch Indonesia". Julukan itu diberikan para pengamat kepada Eric Samola atas kepeloporannya dalam membina dunia pers Indonesia menjadi sebuah arena binis yang komersial serta menguntungkan.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Eric Samola (dengan nama kecil Eric) lahir di Rerewokan, Tondano Barat, Minahasa, Sulawesi Utara pada tanggal 26 Agustus 1936. Ayahnya, Paul Samola, berpulang saat Eric berusia satu tahun dan adiknya masih dalam kandungan.

Setamat SMA Eric pergi ke Jawa dengan cita-cita menjadi polisi. Akan tetapi, setiba di Jakarta, ia beralih ingin menjadi hakim. Oleh karenanya, ia memilih kuliah di Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat Unversitas Indonesia (sekarang FH-UI) dan lulus pada tahun 1964. Semasa kuliah Eric aktif dalam kepengurusan organisasi mahasiswa Kristen GMKI. Dari sanalah ia mengenal dunia politik dan bertemu Dorothea Sara Luntungan, calon jodohnya.

Berbekal gelar sarjana hukumnya, Eric Samola melamar kerja ke Depertemen Kehakiman. Karena tidak mau ditempatkan di luar Pulau Jawa, Eric lalu bekerja di Depertemen Perdagangan sembari mengajar di FH-UI hingga tahun 1966. Lalu, ia pindah ke Pembangunan Jaya, yang kemudian dikenal dengan nama Jaya Group sebagai karyawan paruh waktu di bagian Hubungan Masyarakat. Tak lama kemudian, ia diangkat sebagai Kepala Bagian Humas merangkap Kepala Biro Hukum. Keberhasilan Eric menangani kasus-kasus hukum di perusahaannya, terutama berkaitan dengan pembebasan tanah, mengantarkan kariernya sebagai jajaran eksekutif puncak grup tersebut.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://www.liputan6.com/news/read/1933/tokoh-pengusaha-pers-telah-meninggal-dunia Eric Samola Meninggal Dunia
  2. ^ Lumbantoruan, Magdalena; Suwartoyo (1992). Ensiklopedi Ekonomi, Bisnis, & Manajemen Jilid 2. Jakarta: PT Cipta Adi Pustaka. hlm. 272-273. ISBN - Periksa nilai: length |isbn= (bantuan).