Eragrostis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Eragrostis
Eragrostis variabilis
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Tribus:
Subtribus:
Genus:
Eragrostis

Spesies tipe
Eragrostis eragrostis
(sinonim dari E. cilianensis)
Spesies

Lihat Daftar spesies Eragrostis

Sinonim[3]
  • Acamptoclados Nash
  • Boriskellera Terechov
  • Diandrochloa De Winter
  • Erochloe Raf.
  • Erosion Lunell
  • Macroblepharus Phil.
  • Neeragrostis Bush
  • Psilantha (K.Koch) Tzvelev
  • Roshevitzia Tzvelev

Eragrostis adalah genus tumbuhan yang tersebar luas dalam keluarga rumput (Poaceae). Anggotanya ditemukan di banyak negara di semua benua yang dihuni dan banyak pulau.[4][5][6][7][8][9][10]

Eragrostis umumnya dikenal sebagai Rumput cinta[11] atau Rumput tongkat. Nama genus ini berasal dari kata Yunani ἔρως (eros, artinya "cinta") dan ἄγρωστις (agrostis, artinya "rumput").[12]

Rumput ini umumnya digunakan sebagai pakan ternak. Bijinya tampaknya memiliki nilai gizi yang tinggi bagi beberapa hewan, namun ukurannya juga sangat kecil dan mengumpulkannya untuk digunakan sebagai makanan manusia merupakan hal yang rumit dan oleh karena itu jarang dilakukan, kecuali tef (Eragrostis tef) yang digunakan untuk membuat roti tradisional di Tanduk Afrika, seperti injera dari Ethiopia dan lahoh dari Somalia. Rumput ini merupakan tanaman yang memiliki kepentingan komersial. Eragrostis clelandii dan Eragrostis tremula masing-masing tercatat sebagai makanan kelaparan di Australia dan Chad.[13]

Spesies lain seperti Eragrostis amabilis digunakan sebagai tanaman hias. Eragrostis cynosuroides digunakan dalam upacara pūjā di kuil Hindu yang berada di Karighatta. Rumput Cinta Bahia (Eragrostis bahiensis) dikenal sebagai hiperakumulator sesium-137 dan dapat ditanam untuk menghilangkan atom radioaktif yang sangat beracun dari lingkungan. Eragrostis curvula telah ditanam secara luas untuk mencegah erosi tanah.

Penyebaran bijinya seringkali dilakukan melalui hewan yang lewat, kait butirannya menempel pada bulu atau rambut atau pada pakaian. Media penyebaran lainnya adalah angin atau gravitasi yang tersebar. Beberapa herbivora memakan rumput ini, termasuk invertebrata seperti ulat kupu-kupu spesies Lon zabulon dan vertebrata. spesies hewan bovidae yang telah punah yakni Hippotragus leucophaeus diperkirakan memakan rumput ini. Tandan yang lebat juga menjadi tempat berlindung bagi hewan-hewan kecil seperti burung spesies Peucaea botterii yang langka. Rumput ini mungkin merupakan tanaman penutup tanah yang penting di pulau-pulau samudera seperti Pulau Laysan, di mana tanaman lain jarang ditemukan.

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Eragrostis merupakan genus tipe dari tribus Eragrostideae.[14][15] Banyak spesiesnya yang kini dianggap lebih sesuai dengan genus lain termasuk Cladoraphis, Coelachyrum, Desmazeria, Diplachne, Ectrosia, Festuca, Harpachne, Poa, dan lain-lain.[3]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Genus: Eragrostis Wolf". Germplasm Resources Information Network. United States Department of Agriculture. 9 March 1999. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 June 2011. Diakses tanggal 25 February 2011. 
  2. ^ "IPNI Plant Name Details". IPNI.org. Diakses tanggal 29 March 2017. 
  3. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama u
  4. ^ Wolf, Nathanael Matthaeus von 1776. Genera Plantarum Vocabulis Characteristicis Definita 23.
  5. ^ Atlas of Living Australia, Eragrostis Wolf Love Grasses
  6. ^ Flora of China Vol. 22 Page 471, 画眉草属 hua mei cao shu Eragrostis Wolf, Gen. Pl. 23. 1776.
  7. ^ "Eragrostis in Flora of Pakistan @ efloras.org". Efloras.org. Diakses tanggal 29 March 2017. 
  8. ^ Altervista Flora Italiana, genere Eragrostis
  9. ^ "2013 BONAP North American Plant Atlas. TaxonMaps". BONAP.net. Diakses tanggal 29 March 2017. 
  10. ^ "Threatened Species Programme - SANBI Red List of South African Plants". SANBI.org. Diakses tanggal 29 March 2017. 
  11. ^ "Eragrostis". Integrated Taxonomic Information System. 
  12. ^ Quattrocchi, Umberto (2006). CRC World Dictionary of Grasses. II E-O. CRC Press. hlm. 805. ISBN 978-0-8493-1303-5. 
  13. ^ Freedman, Robert (1998): Famine Foods – Poaceae or Graminae Diarsipkan 2007-02-06 di Wayback Machine.. Version of 6 March 1998. Retrieved 12 November 2007.
  14. ^ W. T., Thiselton-Dyer (1 January 1897). Flora capensis: being a systematic description of the plants of the Cape colony, Caffraria, & Port Natal (and neighbouring territories). 7 Pt 2. Lovell Reeve & Co. Diakses tanggal 29 March 2017. 
  15. ^ "Tropicos - Name - Eragrostideae Stapf". Tropicos.org. Diakses tanggal 29 March 2017.