Entong Santri Cilik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Entong Santri Cilik
09221a9f8ddebc7125e76d8601aaa7e0.jpg
Format Sinetron
Pembuat MD Ent 2013.pngMD Entertainment
Pemeran -
Komposer lagu tema Dimensi Hidup - Nicky Astria
Lagu tema Dimensi Hidup - Nicky Astria
Lagu pembuka Dimensi Hidup - Nicky Astria
Lagu penutup Jatuh Lagi - Nicky Astria
Komposer Harpa Records
Bahasa Indonesia
Jumlah musim 1
Jumlah episode 38 episode (Daftar episode)
Produksi
Produser eksekutif Shania Punjabi
Produser Dhamoo Punjabi
manoj Punjabi
Lokasi ....
Durasi 60 menit (19:00 - 20:00 WIB)
Rumah produksi  Indonesia
Siaran
Stasiun televisi MNCTV MNC-Group.svg MNCTV
Siaran perdana Senin, 9 Maret 2015
Siaran sejak Minggu, 10 Mei 2015  Minggu, 10 Mei 2015
Tanggal syuting Senin, 1 Februari 2015 - Kamis, 30 April 2015
Kronologi
Diawali oleh Rahasia Aura
Dilanjutkan oleh Malu Malu Kucing
Tayangan terkait Emak Ijah Pengen ke Mekah
Samson dan Dahlia
Pranala luar
www.mdentertainment.co
www.mdentertainment.co

Entong Santri Cilik' adalah sinetron yang ditayangkan di MNCTV.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

-

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Cerita di mulai saat seorang ibu bernama MARYAM melahirkan bayi di bulan suro di bulan Muharam. Bulan di mana Allah menurunkan mu’zijat kepada para nabinya. MARYAM melahirkan bayi ajaib yang diberi nama ENTONG. Kelahiran ENTONG membuat tetangganya yang bernama MINAH menjadi sirik. MINAH bersama JAMILAH dan GEMBUL menyebarkan gossip bahwa MARYAM melahirkan anak jin. MINAH meyakini bahwa anak yang lahir di bulan Suro atau di bulan Muharam nantinya akan membawa kesialan dan dianggap sebagai anak jin. MARYAM yang sehari-hari berjualan ayam potong ternyata memiliki kepandaian dalam ilmu silat, dia pun marah saat dirinya di fitnah melahirkan anak jin.

Ketika ENTONG berusia 3 tahun, Allah SWT menunjukan ke Maha Kuasaannya, di mana ENTONG bisa membuat tulisan arab yang di kutip dari Al-Qur’an yaitu surat Al-Baqoroh ayat satu dan ayat dua. Ketika usianya menginjak 5 tahun, ENTONG sudah mahir membaca Al-Qur’an, bahkan khatam Al-Qur’an. Minah semakin iri terhadap MARYAM yang melahirkan anak ajaib, dan meyakini bahwa itu adalah anak jin. Apalagi bapaknya ENTONG pergi disaat MARYAM baru hamil satu bulan. Selain itu ada juga Hj.KOMARIAH, orang kaya di kampung itu yang selalu ingin di anggap kaya, dan MAKMUR yang terobsesi ingin menjadi ustad terkenal. MAKMUR dan Hj.KOMARIAH memiliki anak yang bernama LAILA. LAILA ini kelak akan selalu memusuhi ENTONG.

Ketika menginjak usia 8 tahun, ENTONG semakin memperlihatkan kalau dirinya adalah anak ajaib. Apa yang di ucapkan olehnya kerap menjadi kenyataan. Orang-orang yang kerap bergunjing dan menjelek-jelekan dirinya dan MARYAM sering mengalami kesialan. Di usia yang baru 8 tahun, ENTONG sudah fasih memaknai setiap ayat di dalam Al-Qur’an. Sang Ustad merasa ENTONG adalah sumur ilmu yang datangnya dari Allah dan harus di gali. Karena itulah, Ustad ingin sekali menimba ilmu dari dalam diri ENTONG. ENTONG adalah Al-Qur’an berjalan, di mana setiap kata dan tindakannya selalu mencerminkan isi kandungan Al-Qur’an dan risalah nabi.

LAILA, WOWO, dan MIMI LEMOT adalah sekelompok anak-anak yang tidak suka dengan kelebihan yang dimiliki oleh ENTONG. Sementara itu, ENTONG memilih bersahabat dengan ULE dan TOPAN.

MARYAM sendiri bukanlah orang biasa, ia mewarisi ilmu olah batin dan silat yang diperoleh dari engkongnya ENTONG, Kong JIIH. MARYAM mengajari jurus-jurus silat kepada ENTONG, sebagai bekal kelak ENTONG dewasa membela diri.

ENTONG di anggap anak ajaib yang datang dari langit untuk menolong sesama. Bahkan ada yang datang kepadanya minta di obati dan minta doa. Namun ENTONG tetaplah anak kecil yang meluruskan sesuatu yang salah yang ada di kampungnya dengan cara anak kecil.

ENTONG bertekad suatu saat nanti ia bisa bertemu dengan bapak kandungnya yang meninggalkannya begitu saja.