Eliabar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Eliabar
Helleborus

19th century illustration of Helleborus niger
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
OrdoRanunculales
FamiliRanunculaceae
SubfamiliRanunculoideae
TribusHelleboreae
GenusHelleborus
Linnaeus, 1753
Species
See text

Umumnya dikenal sebagai mawar natal atau eliabar, genus Eurasia [2] Helleborus terdiri dari sekitar 20 spesies tumbuhan berbunga abadi herba atau hijau sepanjang famili Ranunculaceae. Banyak spesies sejenis tumbuhan [3] yang beracun.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Bunganya mempunyai lima kelopak seperti mahkota yang mengelilingi cincin nektar kecil seperti cangkir yang sebenarnya merupakan mahkota yang dimodifikasi untuk menampung nektar . Sepal tidak rontok seperti kelopak, tetapi tetap berada di tanaman, terkadang selama berbulan-bulan. Penelitian terbaru di Spanyol menunjukkan bahwa persistensi kelopak berkontribusi terhadap perkembangan benih .[4]

Hortikultura[sunting | sunting sumber]

Eliabar banyak ditanam di taman wilayah keras Departemen Pertanian Amerika Serikat 5a hingga 8b untuk tujuan dekoratif. Mereka sangat dihargai oleh tukang kebun karena periode berbunga musim dingin dan awal musim semi; tanaman ini ternyata tahan beku dan banyak di antaranya yang selalu hijau .[5] Yang juga bernilai adalah toleransi terhadap naungannya. [6] Banyak spesies tumbuhan sejenis tumbuhan berbunga hijau atau ungu kehijauan dan nilai tamannya terbatas, meskipun tumbuhan eliabar Korsika ( H. argutifolius ), tanaman kuat dengan bunga berbentuk cangkir berwarna hijau pucat dan dedaunan kasar yang menarik, banyak ditanam. Begitu juga dengan 'eliabar busuk' atau setterwort ( H. foetidus ), yang memiliki kumpulan bunga kecil berbentuk lonceng berwarna hijau pucat, sering kali bertepi merah marun, yang kontras dengan dedaunan hijau gelapnya. H. foetidus 'Wester Flisk', dengan bunga dan tangkai bunga memerah, menjadi populer, seperti halnya pilihan terbaru dengan dedaunan kuning keemasan.

Toksisitas[sunting | sunting sumber]

Semua tanaman eliabar beracun, dan seluruh bagian tanaman eliabar beracun. [7] [8] Keracunan semacam tumbuhan jarang terjadi, tetapi memang terjadi. [7] Tumbuhan eliabar biasanya dibiarkan begitu saja oleh hewan seperti rusa dan kelinci karena daun tumbuhan tersebut menghasilkan alkaloid beracun sehingga tidak disukai hewan. Alkaloid beracun terkadang mengganggu tukang kebun dengan kulit sensitif.[9] Itu digunakan dalam Perang Suci Pertama pada awal abad keenam SM untuk meracuni pasokan air kota Kirrha .

Keracunan terjadi melalui konsumsi atau penanganan. Tanaman eliabar tidak boleh tertelan karena kasus keracunan paling parah terjadi ketika tanaman tersebut dimakan. Hal ini terutama berlaku jika eliabar dimakan dalam jumlah besar. [10] Gejala jika tertelan meliputi: mulut dan tenggorokan terbakar, air liur, muntah, kram perut, diare, gejala saraf, dan mungkin depresi. Mengkonsumsi tanaman semacam tumbuhan dalam jumlah besar bisa berakibat fatal. [10] Glikosida jantung beracun terjadi di akar. Tingginya kadar ranunculin dan protoanemonin, terutama pada daun dan getahnya, juga berkontribusi terhadap gejala setelah tertelan. [11]

Dermatitis juga dapat terjadi akibat penanganan eliabar tanpa perlindungan. Hal ini biasanya disebabkan oleh ranunculin dan protoanemonin yang terdapat pada bagian luar tanaman, termasuk daun, batang, bunga, dan getah. Racun yang terdapat pada bagian luar tanaman menyebabkan iritasi dan rasa terbakar pada kulit. Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah atau memiliki nama yang salah. Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah atau memiliki nama yang salah. Saat mengumpulkan benih dari eliabar, disarankan untuk menunggu hingga polong mengering dan mengocoknya ke dalam wadah atau ke tanah untuk dikumpulkan. Upaya membuang bijinya dengan tangan membuat kulit terkena racun kuat dalam getah eliabar, yang dapat meningkatkan kerusakan pada kulit. Paparan racun yang kecil atau minimal hanya akan menyebabkan iritasi ringan pada kulit, dan penderitaan hanya akan berlangsung selama beberapa menit. Jika rasa terbakar terus berlanjut atau semakin parah, disarankan untuk mencuci area yang terkena secara menyeluruh untuk menghilangkan racun dan menemui dokter. Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah atau memiliki nama yang salah. Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah atau memiliki nama yang salah.

Spesies yang secara historis dikenal sebagai "Eliabar hitam" menyebabkan tinnitus, vertigo, stupor, haus, anafilaksis, emesis (muntah), katarsis, bradikardia (memperlambat detak jantung ), dan akhirnya, kolaps dan kematian akibat serangan jantung . Meskipun Helleborus niger (Eliabar hitam) mengandung protoanemonin [12] atau ranunculin, [13] yang memiliki rasa tajam dan dapat menyebabkan rasa terbakar pada mata, mulut, dan tenggorokan, ulserasi mulut, gastroenteritis, dan hematemesis, [14] penelitian di tahun 1970an menunjukkan bahwa akar dari H. niger tidak mengandung senyawa kardiotoksik helleborin, hellebrin, dan helleborein yang menyebabkan reputasi mematikan "Eliabar hitam". Tampaknya penelitian sebelumnya mungkin telah menggunakan sediaan komersial yang mengandung campuran bahan dari spesies lain seperti Helleborus viridis, tumbuhan sejenis tumbuhan hijau. [13]

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Pada masa awal pengobatan, dua jenis eliabar dikenal: eliabar hitam, yang mencakup berbagai spesies Helleborus, dan eliabar putih, yang sekarang dikenal sebagai album Veratrum, yang termasuk dalam famili tumbuhan berbeda, Melanthiaceae .[15] Meskipun tanaman terakhir ini sangat beracun, mengandung veratrine dan teratogen cyclopamine (yang dapat menyebabkan cacat lahir fatal cyclopia ) dan jervine, tanaman ini diyakini sebagai eliabar yang digunakan oleh Hippocrates sebagai obat pencahar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Linnaeus1753
  2. ^ "Definition of HELLEBORE". www.merriam-webster.com. 
  3. ^ "Guide to Growing Hellebore Flowers". Lifehack (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-06-15. 
  4. ^ Herrera 2005
  5. ^ "Nursery owner extols many virtues of hellebores". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-05-28. Diakses tanggal 2014-05-28. 
  6. ^ "Hellebores' roses of winter - Yates". www.yates.co.nz. 
  7. ^ a b "Helleborus niger - Christmas Rose". Cornell University, College of Agriculture and Life Sciences. 
  8. ^ "Helleborus orientalis". NC State University. 
  9. ^ Cary, Bill (24 March 2013). "Hellebores -- deer resistant and made for shade" (dalam bahasa Inggris). Gannett Co., Inc. The Journal News; White Plains, N.Y. 
  10. ^ a b "Helleborus orientalis". NC State University. 
  11. ^ "Helleborus niger - Christmas Rose". Cornell University, College of Agriculture and Life Sciences. 
  12. ^ Olson, Kent R., Poisoning & Drug Overdose, p312 at Google Book Search, accessed 12 January 2009
  13. ^ a b Smolinske, Susan C., Toxicity of Houseplants, pp38, 153 at Google Book Search, accessed 12 January 2009
  14. ^ Olson, Kent R, Poisoning & Drug Overdose, p309 at Google Book Search, accessed 12 January 2009
  15. ^ "Vascular Plant Families and Genera - List of Genera in Melanthiaceae". mobot.org. Diakses tanggal 21 October 2010.