Ekspedisi Nias

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Ekspedisi Nias adalah ekspedisi hukuman Tentara Kerajaan Hindia Belanda ke Nias pada akhir tahun 1855, yang, dengan jeda, berlangsung sampai tahun 1864.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Lolowau di Nias.

Nias adalah pulau yang hampir terisolasi. Jarak Pulau Nias dari daratan Sumatera menjadikan Pulau Nias hampir terisolasi dari Sriwijaya dan Majapahit. Namun, penduduk Nias dan aktivitas mereka dicatat dengan baik oleh penduduk Fantsur (Barus) dan Sibolga (keduanya adalah penduduk Batak) selama perdagangan mereka. Pulau Nias secara resmi merupakan bagian dari Kerajaan Fantsur (Barus) pada abad kesepuluh (atau mungkin lebih awal lagi).

Hubungan mereka masih berada dalam keadaan baik sampai abad ke-17. Pernyataan ini akurat menurut catatan Vereenigde Oostindische Compagnie. Pada tahun 1672, Vereenigde Oostindische Compagnie diberi izin oleh Barus untuk melakukan transaksi perdagangan di pelabuhan Barus, Singkil (1693), dan Pulau Nias (1694).

Pada akhir tahun 1855, Ekspedisi Nias diluncurkan oleh Belanda untuk memperluas wilayah mereka untuk menanam rempah-rempah di darat dan membangun pelabuhan di pantai. Menempati Nias akan membuat Belanda lebih mudah untuk mengendalikan rute perdagangan di pantai barat Sumatera. Jika rempah-rempah tumbuh dengan baik, maka Hindia Belanda akan dapat membangun kota pelabuhan kembaran seperti Sibolga atau Barus.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • (Belanda) 1900. W.A. Terwogt. Het land van Jan Pieterszoon Coen. Geschiedenis van de Nederlanders in oost-Indië. P. Geerts. Hoorn
  • (Belanda) 1900. G. Kepper. Wapenfeiten van het Nederlands Indische Leger; 1816-1900. M.M. Cuvee, Den Haag.'
  • (Belanda) 1876. A.J.A. Gerlach. Nederlandse heldenfeiten in Oost Indë. Drie delen. Gebroeders Belinfante, Den Haag.
  • (Belanda) 1866. Willem Adriaan van Rees. De pioniers der beschaving in Nederlands Indië. Verhaal van enige krijgstochten op de buitenbezittingen. D.A. Thieme. Den Haag.
  • 1907. Corpus Diplomaticum, vol 4, pp 25–54.