Ekonomi Skotlandia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ekonomi Skotlandia
CaltonHillDugaldMonument.jpg
Edinburgh: ibukota Skotlandia dan pusat finansial terbesar keempat Eropa berdasarkan aset ekuitas
Mata uang Pound sterling (GBP)
Statistik
PDB $240 miliar[1]
(termasuk keuntungan dari
minyak dan gas Laut Utara)
Pertumbuhan PDB 0,6% (Q2 2013)[2]
1,8% (Q2 2012 – Q2 2013)[2]
PDB per kapita $45.330[1][3]
(termasuk keuntungan dari
minyak dan gas Laut Utara)
Pengangguran 7,3%[4]
Industri utama Agrikultur, perbankan, keuangan, komputer, konstruksi, pertahanan, elektronik, layanan darurat, perikanan, makanan dan minuman, kehutanan, sains kehidupan, minyak dan gas, energi terbarukan, pembangunan kapal, tekstil, pariwisata, transportasi
Eksternal
Ekspor barang-barang Sistem dirgantara dan kelautan, jelai, bus, layanan bisnis dan keuangan, produk kimia, komputer, perangkat lunak komputer, listrik, ikan, irn-bru, minyak dan gas, produk farmasi, kentang, energi terbarukan, wiski scotch, shortbread, tekstil, kayu, air
Rekan ekspor utama Tidak termasuk wilayah Britania Raya lainnya
 Amerika Serikat
 Belanda
 Perancis
 Jerman
 Belgia
 Norwegia
 Spanyol
 Italia
 Irlandia
 Swiss
Pembiayaan publik

Ekonomi Skotlandia terkait erat dengan wilayah Britania Raya lainnya dan Area Ekonomi Eropa. Skotlandia memiliki produk domestik bruto per kapita dan nilai tambah bruto per kapita yang lebih tinggi daripada Inggris, Wales, Irlandia Utara, dan Britania Raya secara keseluruhan bila keuntungan dari minyak dan gas di Laut Utara ditambahkan.

Skotlandia merupakan salah satu kekuatan industri di Eropa semenjak masa Revolusi Industri.[5] Akibatnya, terdapat berbagai barang dan jasa yang dihasilkan ekonomi Skotlandia saat ini, dari tekstil, wiski, dan shortbread, hingga mesin jet, bus, perangkat lunak, kapal, avionik, dan mikroelektronik, serta jasa perbankan, asuransi, manajemen investasi, dan jasa-jasa keuangan lainnya.

Layaknya ekonomi-ekonomi maju lainnya, kepentingan industri manufaktur dan industri ekstraktif primer telah menurun. Namun, sektor jasa menguat dan kini merupakan sektor terbesar di Skotlandia.

Pound sterling Britania adalah mata uang resmi di Skotlandia. Bank Inggris bertanggung jawab atas kebijakan moneter dan merupakan bank pusat di Britania Raya.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Scottish Government. "Key Economy Statistics". Diakses tanggal 12 June 2013. 
  2. ^ a b Scottish Government. "Scottish economy grows 0.6 per cent". Diakses tanggal 16 October 2013. 
  3. ^ National Records of Scotland. "2011 Census: First Results on Population Estimates for Scotland - Release 1A" (PDF). Diakses tanggal 16 October 2013. 
  4. ^ BBC. "Scottish employment at five-year high". Diakses tanggal 16 October 2013. 
  5. ^ BBC. "Scotland profile". Diakses tanggal 31 October 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]