Veera (seri televisi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Veera
PembuatMamta Patnaik
Purnendu Shekhar
Ditulis olehShahnawaz Qureshi
Gajra Kottary
Nidhi Singh
SutradaraMohit Hussain
Pengarah kreatifAmit Bhargava
PresenterSTAR Plus
PemeranLihat di Bawah
Lagu pembukaVeera karya Aashish Rego
Lirik: Sharad Tripathi
Negara asalIndia
Bahasa asliHindi
Jmlh. episode896
Produksi
Produser eksekutifSoumia Samadhiya
Karnika Saxena
ProduserYash Patnaik
Mamta Patnaik
Lokasi produksiPitampura
Amritsar
Delhi
SinematografiDeepak Malvankar
PenyuntingKshitija Khandagale
DurasiSekitar 21 menit
Rumah produksiBeyond Dreams Entertainment
DistributorStar Plus
Rilis asli
JaringanStar Plus (2012-2015) ANTV (2016)
Format gambar576i (SDTV)
1080i (HDTV)
Rilis2 Januari 2012 (2012-01-02) –
30 Agustus 2015 (2015-8-30)

Ek Veer Ki Ardaas... Veera (inggris: A Brother's Prayer... Veera) adalah serial televisi India yang ditayangkan di StarPlus dan streaming di Hotstar, diproduksi di bawah Beyond Dream Production milik Yash Patnik. Serial ini tayang perdana pada 29 Oktober 2012 dan berakhir pada 8 Agustus 2015. Awalnya dibintangi oleh aktor cilik Harshita Ojha dan Bhavesh Balchandani dan setelah lompatan cerita selama 15 tahun pada Oktober 2013, serial ini dibintangi Digangana Suryavanshi, Shivin Narang, Vishal Vashishtha, dan Farnaz Shetty. Di Indonesia serial ini ditayangkan di antv.

Penayangan di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Musim Jumlah episode Awalnya Ditayangkan
Pertama ditayangkan Terakhir ditayangkan Keterangan
1 250 18 Januari 2016 23 September 2016 Tayang perdana

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Rannvijay Singh, seorang anak laki-laki berusia delapan tahun tinggal bersama orang tuanya, Ratan dan Sampooran Singh, yang merupakan Sarpanch di desa tersebut. Suatu hari seorang wanita bernama Amrita datang ke pintu dan mengklaim bahwa ayah putrinya adalah Sampooran. Ratan menghina dia tapi Sampooran datang dan setuju dengan Amrita. Melihat hal tersebut, Ratan patah hati dan mengunci diri di kamar dan mencoba bunuh diri. Merasa bersalah, Sampooran meninggalkan rumah dan Amrita meninggal di depan pintu karena penyakit mematikan dengan anak di pelukannya. Rannvijay, tidak mengetahui sejarah orang dewasa, merawat bayi itu dan menamainya Veera, merawatnya seperti seorang ibu. Dia segera mengirimnya ke kota untuk menyelesaikan pendidikannya saat dia tumbuh menjadi gadis yang lincah dan pemberani.

15 Tahun Kemudian[sunting | sunting sumber]

Veera kembali ke rumah dan mencoba membuka pembangkit tenaga surya di Pritampura. Dia bersatu kembali dengan pengganggu masa kecilnya, Baldev yang sudah dewasa dan gaduh, yang ayahnya Balwant yang saleh sekarang adalah Sarpanch. Veera dan Baldev jatuh cinta selama pelatihan peralatan pertanian mereka, dan calon penyanyi Rannvijay juga menikahi saudara perempuan Baldev Gunjan dan sahabat masa kecil Veera yang selalu bermimpi mengunjungi London.

Rannvijay memenangkan kompetisi musik ternama, dan ketenaran mencapai kepala Gunjan saat dia menerima tawaran periklanan dan juga mulai berjudi untuk mendapatkan uang untuk kemewahannya. Gunjan segera hamil tetapi menggugurkan anaknya untuk karirnya, merusak peluangnya untuk hamil selamanya, membuatnya akhirnya menyadari kesalahannya.

Setelah Baldev secara keliru disalahkan atas kejahatan yang diatur oleh polisi setempat Rajveer yang terobsesi dengan Veera, dia menikahi Baldev untuk menyelamatkannya dari kemarahan kakaknya. Baldev segera dibebaskan dan pernikahan mereka diterima oleh keluarga.

Pritampura selanjutnya menjadi korban teroris yang merenggut nyawa Ratan, dan Rannvijay dan Veera yang berduka berjuang untuk menerimanya. Veera segera mengetahui bahwa dia hamil dan bersumpah untuk membiarkan Rannvijay dan Gunjan membesarkan anak tersebut saat serial tersebut berakhir pada hari Rakshabandhan.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

  • Digangana Suryavanshi sebagai Veera Kaur: putri Amrita dan Sampooran, saudara tiri Ranvijay, Sahabat Gunjan, Istri Baldev (2013–2015)
    • Harshita Ojha sebagai Veera Kaur Sampooran Singh Kecil (2012–2013)
    • Nishika sebagai Veera bayi (2012)
  • Shivin Narang sebagai Ranvijay Dewasa "Ranvi" Singh: putra Ratan dan Sampooran, saudara tiri Veera, Suami Gunjan (2013–2015)
  • Vishal Vashishtha sebagai Baldev Singh: putra Balwant dan Bansuri, saudara Gunjan, Suami Veera (2013–2015)
  • Farnaz Shetty sebagai Gunjan Kaur: saudara perempuan Baldev, sahabat Veera, Istri Ranvijay (2013–2015)

Pendukung[sunting | sunting sumber]

Tamu[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Sebelum tayang perdana, judulnya Sooli Upar Sej Piya Ki tapi kemudian diubah menjadi Ek Veer Ki Ardaas... Veera. Serial ini didasarkan pada latar Punjab yang tayang perdana pada 29 Oktober 2012 menggantikan serial tersebut Mann Ki Awaaz... Pratigya. Judul lagu dari seri ini disusun dan dinyanyikan oleh komposer Anand Raj Anand.

Dalam waktu tiga bulan setelah pemutaran perdana, Veera seharusnya melakukan lompatan sepuluh tahun dalam alur ceritanya. Namun, dengan popularitas pemeran utama anak-anak Bhavesh Balchandani dan Harshita Ojha memerankan Ranveer dan Veera, pembuat menunda lompatan dan melanjutkan cerita bersama mereka karena itu Rahul Sharma yang seharusnya menggantikan Balachandani sebagai Ranveer dewasa melanjutkan untuk membuat serial tersebut. Ek Ghar Banaunga.

Pada Mei 2013, urutan harimau yang menyerang desa ditembak menggunakan harimau sungguhan.

Pada bulan September 2014, Darshan Raval, kontestan reality show India's Raw Star of StarPlus meminjamkan suaranya untuk urutan di mana karakter Ranveer yang diperankan oleh Narang berpartisipasi dalam kompetisi menyanyi dan urutan tersebut difilmkan di lokasi syuting India's Raw Star pada Filmcity. Lagu yang dinyanyikan oleh karakter Ranveer ditulis oleh Shaarib Sabri dan Toshi Sabri yang juga tampil sebagai juri acara dalam serial tersebut

Pengecoran[sunting | sunting sumber]

Pada Oktober 2013, butuh lompatan 15 tahun di mana Shivin Narang dan Digangana Suryavanshi menggantikan Balchandani dan Ojha adalah Ranveer dan Veera dewasa sebagai karakter utama. Pasca lompatan, Farnaaz Shetty dan Vishal Vashishtha juga berperan untuk peran utama Gunjan dewasa dan Baldev berpasangan berlawanan dengan Narang dan Suryavanshi yang karakter masa kecilnya dimainkan oleh Arishfa Khan dan Devish Ahuja adalah peran berulang. Awalnya Narang menolak peran Ranvijay saat ditawari oleh pembuatnya tetapi kemudian setuju yang dia katakan, "Saya membaca tentang pertunjukan tersebut dan menyadari bahwa jalan ceritanya sangat berbeda. Dan orang tua saya juga memaksa saya untuk menerima tawaran tersebut." Vashishtha mengikuti audisi untuk karakter Ranveer dan Baldev, tetapi terpilih untuk peran Baldev yang awalnya dia ragu untuk menerima peran negatif sementara pembuat meyakinkannya.

Pada Agustus 2013, Kapil Nirmal yang masuk serial pada Januari 2013 keluar dari serial tersebut dengan berakhirnya perannya. Namun, pada Agustus 2014 dia kembali ketika pembuat mendekatinya tetapi segera pada Desember 2014 dia keluar dari serial tersebut, tidak senang dengan pembentukan perannya dan karakternya terbunuh. Sneha Wagh yang berhenti pada Januari 2014 karena pernikahannya masuk kembali ke seri setelah istirahat pada April 2014.

Awalnya, Sana Saeed didapuk sebagai bintang tamu sebagai penari pada 2014. Tak puas dengan tuntutan Saeed, Kratika Sengar dicasting oleh pembuatnya. Nisha Nagpal seharusnya memainkan peran Simran tetapi tidak bisa ketika pembuat Masakali of Sahara One mengajukan keluhan di CINTAA (Cine and TV Artistes' Association) yang menyatakan bahwa dia berhubungan dengan mereka. Dengan demikian, dia digantikan dalam semalam oleh Priyamvada Kant pada bulan Desember 2014.

Pembatalan[sunting | sunting sumber]

Pertunjukan yang akan berakhir pada Desember 2014, mendapat perpanjangan enam hingga delapan bulan dan segera pada Januari 2015, acara tersebut dialihkan dari slot malam pukul 22:30 ke slot malam pukul 17:00 (IST). Pada bulan September 2015, serial ini dipastikan akan tayang dan berakhir pada 10 Agustus 2015.

Syuting[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan latar belakang Punjab, serial ini sebagian besar difilmkan di lokasi syuting di Powai di Mumbai. Selain itu beberapa urutan difilmkan di beberapa bagian Punjab, Kuil Emas Amritsar dan desa-desa di sekitarnya dan Delhi. Pada bulan Juli 2014, sebuah adegan diambil gambarnya di Polandia.

Adaptasi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2014, serial tersebut di-dubbing dan ditayangkan di Zee Telugu dalam bahasa Telugu sebagai Meena. Versi sulih suara dari serial tersebut disiarkan dalam bahasa Tamil sebagai En Anbu Thangaikku di Vijay TV , tetapi dihentikan setelah hanya 400 episode yang disiarkan. Versi sulih suara dari serial tersebut disiarkan dalam bahasa Malayalam sebagai Manasaveera di Asianet. Serial ini disiarkan di Indonesia di ANTV dalam bahasa aslinya. Selain itu, itu dijuluki dan ditayangkan dalam 50 bahasa di berbagai negara di seluruh dunia. Itu dibuat ulang menjadi Star Maa sebagai serial televisi Telugu Rakhi Poornima . Itu juga dibuat ulang dalam bahasa Bengali sebagai Raakhi Bandhan yang ditayangkan di Star Jalsha.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]