Efrosini Doukaina Kamaterina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Efrosini Doukaina Kamatera
Lahirskt. 1155
Wafat1211
WangsaDoukas
AyahAndronikos Doukas Kamatiros
PasanganAlexius III Angelus
AnakEirene Angelina
Anna Komnene Angelina
Evdokia Angelina

Efrosini Doukaina Kamaterina atau lebih baik Kamatera (bahasa Yunani: Ευφροσύνη Δούκαινα Καματερίνα ή Καματηρά, skt. 1155 1155 – 1211) merupakan seorang Permaisuri Bizantium melalui pernikahannya dengan Kaisar Bizantium Alexius III Angelus.

Efrosini adalah putri Andronikos Doukas Kamatiros, pejabat tinggi yang memegang gelar megas droungarios dan pansebastos dan istri, Kantakouzene yang tidak dikenal. Dia terkait dengan Kaisar Konstantinos X Doukas dan Eirene Doukaina, kaisar Alexius I Komnenus. Kedua saudaranya telah memberontak melawan Andronikos I Komnenos, satu dipenjarakan dan yang lainnya dibutakan.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Efrosini menikah dengan Alexius Angelus, kakanda Kaisar masa depan Isaakius II Angelus pada sekitar tahun 1169. Meskipun Isaakius II menganugerahkan banyak gelar dan kehormatan atas saudaranya, Alexius merebut takhta pada tanggal 8 April 1195, dengan mengusir Isaakius dan memproklamirkan dirinya sebagai kaisar. Dalam hal ini ia dibantu oleh Efrosini, yang telah mengorganisasi sebuah partai pendukung aristokrat. Efrosini menguasai istana dan memadamkan perlawanannya sendiri, mengamankan aksesi suaminya ke takhta dengan penyuapan besar-besaran.

Efrosini adalah wanita yang mendominasi dengan bakat politik, dan dia secara virtual menguasai Kekaisaran dalam nama Alexios III, yang terutama memusatkan perhatian pada kesenangan dan pengejaran tanpa tujuan. Dia mengeluarkan perintah sendiri dan bahkan mengubah keputusan Alexios ketika itu cocok dengannya, dan mengamankan penarikan menteri yang mampu Konstantinos Mesopotamitis. Efrosini dan Alexius dikritik karena kecintaan mereka terhadap perhiasan dan pengayaan keluarga mereka dengan biaya negara. Saudaranya sendiri, Vasileios Kamateros, dan menantunya, Andronikos Kontostephanos, menuduh Efrosini berzinah dengan salah satu menterinya, seorang bangsawan bernama Vatatzes. Alexius III mempercayai dugaan dan mengeksekusi Vatatzes. Efrosini dilucuti jubah kekaisarannya dan dibuang ke biara di Nematarea pada bulan Oktober 1196. Namun, kerabatnya meyakinkan Alexius untuk mengembalikannya, dan dia dipanggil kembali enam bulan kemudian pada musim semi tahun 1197.

Pada tahun 1203, dihadapkan dengan Perang Salib Keempat dan kembalinya keponakannya, Alexios III Angelus, Alexios III melarikan diri ke Konstantinopel dengan harta yang luar biasa dan beberapa sanak saudari, termasuk putrinya Eirene. Efrosini ditinggalkan dan segera dipenjarakan oleh rezim baru. Alexios IV segera dicekik oleh Alexios Doukas Mourtzouphlos, kekasih Efrosini putri Eudokia, yang kemudian memproklamirkan dirinya sebagai kaisar Alexios V. Pada bulan April 1204 Efrosini meninggalkan kota bersama putrinya dan Alexios V, dan mereka berjalan ke Mosynopolis, di mana suami Efrosini, Alexios III mengungsi. Alexios III membutakan Alexios V dan meninggalkannya ke tentara perang salib, yang mengeksekusinya.

Efrosini dan Alexios III melarikan diri menyeberangi Yunani ke Thessaloniki dan Korintus, tetapi akhirnya ditangkap oleh Bonifacius dari Montferrat dan dipenjarakan. Pada tahun 1209 atau 1210 mereka ditebus oleh sepupu mereka Mikhael I, dan Efrosini menghabiskan sisa hidupnya di Arta. Dia meninggal pada tahun 1210 atau 1211.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Oleh suaminya, Alexius III Angelus, Efrosini memiliki tiga orang putri:

  1. Eirene Angelina, yang menikah dengan (1) Andronikos Kontostephanos; (2) Alexios Palaiologos, oleh siapa dia adalah nenek Kaisar Mikhael VIII Palaiologos.
  2. Anna Angelina, yang menikah dengan (1) sebastokratōr Isaakius Komnenos, cucu keponakan Kaisar Manouel I Komnenos; (2) Kaisar Theodoros I Laskaris dari Nicea.
  3. Evdokia Angelina, yang menikah dengan (1) Raja Stefan Nemanjić dari Serbia; (2) Kaisar Alexios V Doukas; (3) Leon Sgouros, penguasa Korintus.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Efrosini Doukaina Kamaterina
Lahir: skt. 1155 Meninggal: 1211
Gelar penyandang kekuasaan
Didahului oleh:
Margit dari Hongaria
Permaisuri Bizantium
1195–1203
Diteruskan oleh:
Margit dari Hongaria