Edgardo Codesal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Edgardo Codesal Méndez (pengucapan bahasa Spanyol: [eðˈɣarðo koˈðesal]; lahir di Montevideo, Uruguay, 2 Juni 1951; umur 66 tahun) adalah seorang wasit sepak bola Uruguay-Meksiko , paling dikenal ketika mengawasi pertandingan final Piala Dunia FIFA 1990 yang diadakan di Italia.

Karier[sunting | sunting sumber]

Kakeknya berasal dari Argentina, dan ayahnya, José Maria Codesal, adalah wasit pada Piala Dunia FIFA 1966.

Sejak kecil dan bahwa ia bisa mengingat dan mengetahui bahwa ayahnya adalah seorang wasit yang yang membuatnya mengikuti jalan, seperti semua orang Uruguay, Edgardo bergairah tentang sepak bola, bermain di tim Sepak bola Bayi dan anak-anak di daerah dan di usia remaja ia bermain sebagai kiper untuk klub Atletico Cerro dari Montevideo.

Dia memulai kariernya sebagai wasit di Uruguay pada tahun 1976, pada tahun 1977 dalam debut Primera División Uruguaya pada pertandingan Cerro vs Huracán, yang kebetulan berada di Hill Club memiliki sebagian besar mantan rekan tim sepak bolanya. Dalam AUDAF dikenal sebagai "Codesal Jr".

Pada 1980 dia pindah ke Meksiko di mana dia dikontrak oleh Federasi Sepak Bola Meksiko, there begins to arbitrate directly dalam permaianan sepak bola Meksiko dan menjalani kariernya dengan kuat, memulai mewasiti pertandingan internasional dan finals in Meksiko.

Meskipun Codesal lahir di Montevideo Uruguay, ia mewakili negara yang mengadopsinya, Mexico, sebagai wasit CONCACAF di Piala Dunia 1990. Di antara tulisan internasional, Codesal adalah direktur wasit CONCACAF, kepala wasit untuk Piala Dunia Wanita FIFA 1999 di Amerika Serikat, dan anggota komite wasit untuk Piala Dunia U-20 Championship di Nigeria, Piala Konfederasi di Meksiko dan Dunia FIFA U-17 Championship di Selandia Baru.

Piala Dunia 1990[sunting | sunting sumber]

Pengamat FIFA menilai Codesal 8.5 untuk peformanya sebagai wasit.

Italia - Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Selama Piala Dunia 1990, Codesal telah mewasiti pertandingan Italia vs Amerika Serikat, pertandingan babak pertama (grup A), dimenangkan oleh Italia untuk 1-0. Selama pertandingan Codesal memberikan penalti untuk Italia yang Gianluca Vialli gagal mencetak gol.

Kamerun-Inggris[sunting | sunting sumber]

Codesal telah mewasiti pertandingan Inggris vs Kamerun pada babak perempat final. Tiga hukuman diberikan, semua dari mereka mencetak: yang pertama adalah untuk Kamerun yang memungkinkan mereka untuk menyamai skor 1-1; yang kedua adalah untuk Inggris yang mencetak gol Gary Lineker untuk menjadikan skor 2-2 setelah Kamerun memimpin 2-1; yang terakhir juga kepada Inggris dalam waktu tambahan dan Lineker mencetak gol lagi untuk memberikan Inggris bagian ke semifinal. Codesal dikreditkan dengan menjaga kontrol dari pertandingan berpotensi sulit selama 120 menit.

Final[sunting | sunting sumber]

Codesal diangkat untuk final Piala Dunia, yang menampilkan Argentina dan Jerman Barat.

Pekerjaannya di pertandingan ini masih menjadi topik perdebatan sengit di kalangan penggemar sepak bola. Selama pertandingan, Codesal menolak untuk menghadiahi tendangan penalti untuk pemain Jerman Klaus Augenthaler. Kemudian, ia membuat murka dari Argentina dengan tidak memberikan mereka tendangan penalti setelah Lothar Matthäus diduga mentakel Gabriel Calderon.

Di menit ke-83, Codesal memberikan Jerman Barat tendangan penalti untuk apa yang ia lihat adalah pelanggaran oleh Roberto Sensini terhadap Rudy Völler. Panggilan itu kontroversial, dan itu sangat diperdebatkan oleh para pemain Argentina. Andreas Brehme mengkonversi tendangan penalti untuk memberikan Jerman Barat gelar Piala Dunia ketiga.

Codesal juga menjadi wasit pertama yang mengirimkan pemain dalam pertandingan final Piala Dunia Sepak bola, dengan menunjukkan kartu merah untuk Argentina Monzon dan Dezotti. Monzon diberi merah langsung setelah menjegal Jürgen Klinsmann, di mana Klinsmann berlebihan kontak. Dezotti diusir dekat akhir untuk pergumulan dengan Jürgen Kohler ketika Kohler menolak untuk memberikan-up bola dalam upaya untuk membuang-buang waktu. Setelah menolak Dezotti, Codesal dikelilingi dan berdesak-desakan dengan sisa tim Argentina. Argentina selesai pertandingan dengan sembilan pemain, setelah kehilangan setengah tim mereka untuk cedera atau suspensi dengan akhir.

Warisan[sunting | sunting sumber]

Codesal pensiun dari wasit di tingkat atas tak lama setelah Piala Dunia 1990.

Beberapa hari setelah pertandingan, pelatih Argentina Carlos Bilardo, menyarankan Codesal menjadi dokter kandungan, menyarankan dia untuk "mengambil tangannya ke tempat dia tahu".

Pada Piala Dunia FIFA 1994 di Amerika Serikat, banners insulting Codesal were hung sebagai fans Argentina.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]