Arnaldo Cézar Coelho

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Arnaldo David Cézar Coelho (lahir 15 Januari 1943; umur 75 tahun) adalah mantan wasit sepak bola. Dia merupakan wasit pertama dari Brasil yang juga non-Eropa yang memimpin pertandingan Piala Dunia FIFA, ketika secara resmi namanya ditetapkan sebagai wasit pada saat laga final antara Italia melawan Jerman Barat, tahun 1982.

Karier Coelho dimulai sebagai wasit sepak bola pantai, kemudian dia serius menekuni secara profesional pada tahun 1965. Saat itu, ada pernyataan populer yang pernah dilontarkan kepada para wartawan bahwa dirinya merupakan wasit dengan bayaran tertinggi di dunia. Selanjutnya nama Arnaldo David Cézar Coelho masuk daftar wasit internasional pada tahun 1968. Pada tahun 1978 dan 1982, dia terpilih sebagai wasit Piala Dunia FIFA. Total pertandingan yang dia pimpin pada final Piala Dunia adalah tujuh kali, tiga di antaranya bertindak sebagai wasit. Setelah dia mengakhiri karier sebagai wasit, dia menjadi komentator sepak bola di Rede Globo. Pada bulan Maret 2010, Reporter The Daily Mail Graham Poll mencantumkan Coelho sebagai salah satu wasit teratas, berdasarkan penampilannya yang prima pada final Piala Dunia 1978 dan 1982. Saudara dari Coelho, Ronaldo Cezar Coelho, adalah anggota parlemen dan pendiri Partai Sosial Demokratik Brasil.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Graham Poll (5 March 2010). "THE LIST: Graham Poll's top 50 football referees - Nos 10-1". The Daily Mail. Diakses tanggal 2010-12-22. But what about the men - and women (as Amy Rayner recently showed) - in the black who have made the right judgment calls in the big matches, when it matters? 10 Arnaldo Cezar Coelho Brazil (1978 World Cup, 1982 World Cup final) 
Didahului oleh:
Bendera Italia Sergio Gonella
Wasit pertandingan final Piala Dunia FIFA
1982
Bendera Brasil Arnaldo Cézar Coelho
Diteruskan oleh:
Bendera Brasil Romualdo Arppi Filho