Dunia fiksi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Dunia Fiksi)
Jump to navigation Jump to search

Dunia fiksi (bahasa Inggris: Fictional Universe) adalah dunia buatan yang digunakan sebagai latar untuk satu atau banyak karya fiksi. Sering digunakan di buku-buku tetapi biasa juga digunakan dalam bentuk apapun yang dipakai untuk menceritakan suatu kisah, contoh seperti game permainan peran, televisi atau film. Bisa dikatakan kalau setiap karya fiksi membuat dunia fiksinya sendiri.

Dunia fiksi paling sering digunakan dalam cerita sains fiksi dan fantasi tetapi bisa juga digunakan dalam jenis fiksi apapun. Sebuah dunia fiksi biasanya punya hal-hal tertentu di dalamnya yang membuatnya berbeda dari dunia nyata. Dalam dunia yang sangat fiksi hukum fisikanya sangat berbeda, yang membuat hal-hal yang biasanya tidak ada menjadi ada, contohnya seperti sihir atau perjalanan luar angkasa ke planet lain. Dunia fiksi juga terjadi di masa apapun mulai dari masa lalu, kini atau masa depan.

Contoh dunia fiksi[sunting | sunting sumber]

Ada banyak contoh dunia fiksi. Berikut ini beberapa di antaranya:

Dunia Star Wars[sunting | sunting sumber]

Dunia Star Wars adalah dunia fiksi yang dimulai dari film pertama Star Wars, Star Wars Episode IV: A New Hope pada 1977. Film ini menciptakan sebuah dunia yang penuh dengan makhluk asing dan planet-planet dengan perjalanan luar angkasa ke dunia lain, makhluk sihir dan berbagai jenis sihir. Setelah itu, banyak buku, komik dan video game dibuat berdasarkan dunia ini sehingga menciptakan karakter, tempat dan cerita baru yang semuanya terjadi di dunia yang sama itu. Kebanyakan terjadi pada waktu tiga film pertama atau setelah akhir dari filmnya. Tiga film tambahan juga di buat terjadi di dunia yang sama, tetapi pada masa sebelum film pertamanya. Ini membuat penulisnya mampu menciptakan lebih banyak cerita tentang sejarah dari setiap karakter dan dunia mereka.

The Buffyverse[sunting | sunting sumber]

Pada 1997, penulis dan sutradara Joss Whedon membuat sebuah seri televisi yang berjudul Buffy the Vampire Slayer dari sebuah film yang pernah ia tulis beberapa tahun sebelumnya. Cerita-cerita dari seri televisinya sebagian besar terjadi di kota fiksi Sunnydale, California. Seri ini memiliki makhluk seperti vampir dan manusia serigala. Di dalamnya juga terdapat sihir. Walau fokus dari cerita dan karakternya hanya ada di satu kota, namun kejadian di cerita dan hukum-hukum yang ada di dunia ini berefek pada kota-kota lain, dunia paralel, dimensi lain dan bahkan masa yang berbeda.

Contoh lain[sunting | sunting sumber]

Hampir semua jenis fiksi memiliki dunia ciptaannya sendiri. Banyak dari contoh-contoh ini dimulai dari satu kategori lalu menjadi banyak kategori. Contoh, Harry Potter mulanya hanya seri buku kemudian pindah ke film dan video game.

Film dan televisi
Video game
Buku
Game permainan peran
Lokasi

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]