Don 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Don 2
Don 2 poster.jpg
Poster rilis teatrikal
SutradaraFarhan Akhtar
ProduserShahrukh Khan
Farhan Akhtar
Ritesh Sidhwani
SkenarioFarhan Akhtar
CeritaFarhan Akhtar
Ameet Mehta
Amrish Shah
PemeranShahrukh Khan
Priyanka Chopra
Lara Dutta
Kunal Kapoor
Boman Irani
Om Puri
Alyy Khan
MusikShankar-Ehsaan-Loy
SinematografiJason West
PenyuntingAnand Subaya
Ritesh Soni
Perusahaan
produksi
DistributorReliance Entertainment
Tanggal rilis
  • 23 Desember 2011 (2011-12-23)
Durasi
148 menit[1]
NegaraIndia
BahasaHindi
Pendapatan kotor215 crore (setara dengan Kesalahan ekspresi: Kata "atau" tak dikenal, or US$49 juta pada tahun 2017)
[2]

Don 2 (juga dikenal sebagai Don 2: The King is Back) adalah sebuah film thriller aksi India 2011 dan installment kedua dari waralaba Don, disutradarai dan ditulis (bersama dengan Ameet Mehta dan Amrish Shah) oleh Farhan Akhtar. Film tersebut diproduksi oleh Ritesh Sidhwani, Shah Rukh Khan dan Farhan Akhtar, dan merupakan sebuah sekuel dari Don yang dirilis pada 2006. Film tersebut dibintangi oleh Shah Rukh Khan, Priyanka Chopra, Lara Dutta, Om Puri, Boman Irani dan Kunal Kapoor, bersama dengan Hrithik Roshan dalam sebuah penampilan cameo. Alur film tersebut menyoroti akhir dari Don, yang bermula di Malaysia dan berpindah ke Eropa. Don, yang sekarang menjadi raja dunia bawah tanah Asia, berencana mengambil alih kartel narkoba Eropa. Don 2 menandai kembalinya Akhtar dalam penyutradaraan setelah sekitar lima tahun. Film tersebut difilmkan di India, Thailand, Jerman, Malaysia dan Swiss.

Sebelum perilisannya, Don 2 menghadapi masalah hak cipta. Film tersebut dirilis pada 25 Desember 2011 oleh Reliance Entertainment dalam format 2D dan 3D, yang meliputi versi-versi pengalihan bahasa dalam bahasa Tamil dan Telugu. Film tersebut meraih tanggapan positif sampai campuran di India dan umumnya sambutan positif di luar negeri. Film tersebut dipuji karena aksinya, penyutradaraannya dan sinematografinya, sementara kecepatan dan musiknya dikritik.[3] Don 2 ditampilkan di Festival Film Internasional Berlin ke-62. Film tersebut meraih sejumlah penghargaan, termasuk dua Penghargaan Filmfare: Rancangan Suara Terbaik dan Aksi Terbaik. Don 2 berakhir dengan kumpulan keuntungan akhir 2,1 miliar (US$33 juta) termasuk seluruh versi dalam 100 hari di seluruh dunia.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "DON 2 (12A) – British Board of Film Classification". 15 Desember 2011. Diakses tanggal 5 Oktober 2012. 
  2. ^ a b "Top Ten All Time Worldwide Grossers". Boxofficeindia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Juni 2013. Diakses tanggal 13 April 2014. 
  3. ^ "Don 2 Movie Review | Mixed Reviews". Oneindia.in. 24 Desember 2011. Diakses tanggal 26 Desember 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]