Domini di Terraferma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Domini de Teraferma (vec)
Wilayah-wilayah daratan
Domini Republik Venesia
Azure-Cross-Or-Heraldry.svg
 
20px
 
Friuli Arms.svg
1433–1797
 

Location of Domini di Terraferma
Wilayah Republik Venesia, Terraferma ditandai dengan warna jingga muda
Zaman sejarah Periode modern awal
 -  Memperoleh wilayah daratan Awal abad ke-15
 -  Ludovico Trevisan menyerahkan
    Patriarkat Aquileia
 
1445
 -  Pertempuran Maclodio 11 Oktober 1427
 -  Traktat Lodi 9 April 1454
 -  Traktat Bagnolo 7 Agustus 1484
 -  Perang Liga Cambrai 1508–16
 -  Traktat Campo Formio 17 Oktober 1797

Domini di Terraferma (bahasa Venesia: domini de teraferma atau stato da tera, secara harfiah berarti "wilayah-wilayah daratan" atau "negara daratan") adalah istilah yang mengacu kepada wilayah-wilayah Republik Venesia yang terletak di daratan Italia Timur Laut. Terraferma merupakan salah satu dari tiga subdivisi wilayah Venesia; dua subdivisi lainnya adalah Dogado ("Kadipaten", wilayah utama Venesia) dan Stato da Màr ("Negara Laut", wilayah seberang laut Venesia").

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Venesia telah menaklukkan daratan Mestre dari penguasa-penguasa Scaliger di Verona pada tahun 1337. Venesia kemudian menaklukkan Treviso dan Bassano del Grappa pada tahun 1339. Namun, pendirian provinsi Terraferma baru dimulai pada masa kekuasaan Doge Michele Steno pada tahun 1400, yang melancarkan kampanye militer di daratan demi kepentingan dagang Venesia. Penerusnya, Tommaso Mocenigo dan Francesco Foscari, memperluas wilayah Venesia dengan merebut wilayah wangsa Scaligeri dari Verona, wangsa Carraresi dari Padua, dan wangsa Visconti dari Milan.

Pada tahun 1420, Venesia mencaplok wilayah Patriarkat Aquileia di Friuli yang terbentang dari pesisir Laut Adriatik hingga Pontebba di Pegunungan Alpen Julian. Kaisar Sigismund mengakui pencaplokan ini pada tahun 1433; empat tahun kemudian, ia secara resmi menyerahkan wilayah tersebut kepada Venesia sebagai fief Kekaisaran Romawi Suci. Kemudian, pada tahun 1523, Kaisar Karl V mencabut semua gelar penguasa feudal.

Setelah jatuhnya Republik Venesia dan disepakatinya Traktat Campo Formio, Terraferma sempat dikuasai oleh Perancis hingga wilayah tersebut diserahkan oleh Napoleon kepada Austria pada tahun 1797. Pada tahun 1805, bekas wilayah Terraferma disatukan dengan Kerajaan Italia yang merupakan negara boneka Napoleon (1805–14). Selepas kekalahan Napoleon, Kongres Wina pada tahun 1815 memutuskan untuk menyerahkan wilayah ini kepada Kerajaan Lombardia-Venesia yang berada di bawah kendali Kekaisaran Austria.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Berengo, Marino. "Il governo veneziano a Ravenna" (PDF).  (dalam Italian). 
  • Da Mosto, Andrea (1937). L'Archivio di Stato di Venezia (dalam Italian). Rome: Biblioteca d'Arte editrice. 
  • Mutinelli, Fabio (1852). Lessico Veneto (dalam Italian). Venice: tipografia Giambattista Andreola.