Do Revenge

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Do Revenge
Poster resmi
SutradaraJennifer Kaytin Robinson
Produser
  • Anthony Bregman
  • Peter Cron
  • Jennifer Kaytin Robinson
Ditulis oleh
  • Celeste Ballard
  • Jennifer Kaytin Robinson
Pemeran
Penata musik
  • Este Haim
  • Amanda Yamate
SinematograferBrian Burgoyne
Penyunting
  • David Clark
  • Lori Ball
Perusahaan
produksi
Likely Story
DistributorNetflix
Tanggal rilis
  • 16 September 2022 (2022-09-16)
Durasi118 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris

Do Revenge adalah film komedi coming-of-age Amerika Serikat tahun 2022 yang disutradarai oleh Jennifer Kaytin Robinson, yang ikut menulis skenario bersama Celeste Ballard. Film ini dibintangi oleh Camila Mendes, Maya Hawke, Austin Abrams, Rish Shah dan masih banyak lagi. Film ini terinspirasi oleh Strangers on a Train karya Alfred Hitchcock (1951). Film ini dirilis di Netflix pada 16 September 2022.

Plot[sunting | sunting sumber]

Drea dan Eleanor sebentar lagi akan menjadi siswa senior di SMA Rosehill Country Day. Drea, yang memasuki Rosehill dengan beasiswa, menjadi orang buangan sosial ketika pacarnya, Max, secara anonim merilis video intim Drea. Drea bekerja di kamp tenis saat musim panas dan bertemu Eleanor, yang akan pindah ke Rosehill. Setelah mobil Drea mogok, Eleanor memberinya tumpangan dan menceritakan kepada Drea bahwa dia juga dijauhi setelah desas-desus palsu tersebar, bahwa Eleanor secara paksa mencium gadis lain di sebuah kamp musim panas saat usia 13 tahun. Gadis tersebut, Carissa, yang juga bersekolah di Rosehill.

Ketika Drea dan Eleanor menyadari bahwa keduanya tidak akan mendapatkan keadilan yang layak mereka dapatkan, keduanya menyusun rencana untuk bekerja sama dan membalas dendam pada pengganggu yang lain; Drea mengurus Carissa, dan Eleanor mengurus Max. Setelah Drea mengubah gaya Eleanor, Eleanor perlahan mengintegrasikan dirinya ke dalam grup populer dalam upaya untuk mengekspos Max. Drea mendekati Carissa dengan menjadi sukarelawan di pertanian sekolah yang Carissa kelola dan bertemu dengan Russ. Eleanor dengan cepat menarik perhatian Max dan teman-temannya, dan dia diundang ke pesta di rumah Max. Eleanor bergaul dengan Max dan mengetahui bahwa Max selingkuh dari pacar barunya, Tara, yang merupakan mantan sahabat Drea. Drea melihat Carissa di pantai bersama Russ dan mencuri kunci pertanian, memberikan keduanya akses ke rumah kaca pertanian yang penuh dengan tanaman ganja dan jamur ajaib.

Pada Upacara Cincin Senior, yang dilayani oleh Carissa, Eleanor dan Drea menggunakan jamur yang ditemukan di rumah kaca untuk membius semua siswa senior dengan tujuan mencuri handphone Max untuk mendapatkan bukti kesalahannya. Drea secara anonim memberi tahu Kepala Sekolah tentang rumah kaca, menghancurkan reputasi Carissa dan membuatnya dikeluarkan. Saat mencari bukti kesalahan Max, keduanya menemukan koleksi foto dan pesan dari gadis lain yang membuktikan Max sudah lama berselingkuh.

Drea dan Russ terus terikat saat skema balas dendam. Pada pertemuan Hari Valentine, Eleanor mengirimkan bukti selingkuh Max ke seluruh siswa senior. Hal tersebut tidak berpengaruh, Max dan Tara berpura-pura menjadi pasangan Poliamori, hanya untuk meningkatkan popularitasnya. Drea juga menerima kabar bahwa dia telah ditolak dari Universitas Yale, perguruan tinggi impiannya.

Drea kembali menyusun rencana baru untuk menghancurkan Max dan kelompoknya di Pesta Penerimaan yang akan datang, yang hanya dapat dihadiri oleh mereka yang diterima oleh sekolah-sekolah Ivy League. Saat dia menjadi lebih tertekuk, Eleanor mulai menerima popularitas dan teman barunya, memulai hubungan dengan adik perempuan Max, Gabbi. Ketika Max dan teman-temannya mengejutkan Eleanor untuk ulang tahunnya, Drea merusak pesta, hampir mengacaukan seluruh rencana balas dendam mereka. Keduanya berkelahi dan berpisah setelah Eleanor menuduh Drea berbohong tentang Max yang merilis videonya karena kurangnya bukti yang memberatkan. Gabbi tak sengaja mendengar ini dan putus dengan Eleanor, kesal akibat pernyataan Eleanor.

Drea mulai curiga bahwa Eleanor tidak seperti yang dia katakan, mencari Carissa di fasilitas rehabilitasi untuk mendapatkan informasi. Carissa mengungkapkan bahwa Eleanor sebenarnya adalah "Nosey" Nora Cutler, seorang gadis yang Carissa dan Drea kenal dari perkemahan musim panas yang mereka hadiri ketika mereka 13 tahun. Drea-lah yang secara terbuka menyebut Nora sebagai lesbian dan membuatnya menjadi orang buangan, sebuah peristiwa yang Drea tidak ingat lagi. Ketika Drea mencoba menghadapi Eleanor, Eleanor mengancam akan menjebak ibu Drea atas kepemilikan narkoba jika Drea menolak untuk mengekspos teman-teman lamanya di Pesta Penerimaan. Ketika Drea mencoba melarikan diri, Eleanor menabrak mobil Drea, membuat Drea masuk ke rumah sakit. Insiden tersebut memungkinkan Drea untuk membuat cerita sedih yang rumit hingga dia kembali mendapatkan perhatian dari teman-teman lamanya.

Saat Pesta Penerimaan, Drea mengejek dan mengungkapkan Eleanor sebagai "Nosey Nora" kepada teman-teman Max, tetapi langsung menyesalinya dan meminta maaf kepada Eleanor atas tindakannya di masa lalu. Percakapan mereka terganggu ketika Max menemukan mereka dan mengetahui rencana mereka melawan Max. Max berencana untuk mengekspos mereka berdua dan telah mengaku merilis video Drea, tanpa menyadari bahwa Eleanor membawa alat perekam. Eleanor dan Drea memproyeksikan pengakuan Max di pesta, membuat para siswa menentangnya. Max diusir dari Rosehill dan tempatnya di Yale ditawarkan kepada Drea, yang menolaknya dengan rencana untuk mengeksplorasi pilihan lainnya. Drea dan Eleanor melewatkan kelulusan dan pergi menuju matahari terbenam.

Dalam adegan pasca-kredit, Drea meminta maaf kepada Russ dan mereka berbaikan, Eleanor berdamai dengan Gabbi, dan Max bergabung dengan kelompok pendukung Maskulinitas beracun.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pada 14 Oktober 2020, dikabarkan bahwa Netflix sedang mengembangkan film yang saat itu berjudul Strangers. Jennifer Kaytin Robinson ikut menulis dan menyutradarai film tersebut, terinspirasi oleh Strangers on a Train (1951) karya Alfred Hitchcock.[3] Pada November 2020, Camila Mendes dan Maya Hawke dilaporkan akan memerankan film tersebut.[4] Anggota pemeran tambahan diumumkan pada awal 2021.[5][6][7]

Pengambilan gambar utama dijadwalkan berlangsung di Los Angeles pada awal 2021,[8][9] tetapi diubah menjadi Atlanta, Georgia dan Miami, Florida, dengan cerita yang berlatar di Miami setelah penulisan ulang.[10][11] Syuting awalnya selesai pada Agustus 2021[12] dengan tahap produksi selanjutnya terjadi pada Agustus 2022.[11]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di situs web agregator ulasan Rotten Tomatoes, 86% dari 50 ulasan kritikus adalah positif, dengan peringkat rata-rata 6.6/10. Konsensus situs web tersebut berbunyi, "Do Revenge bisa saja menggunakan lebih banyak gigitan, tetapi Maya Hawke dan Camila Mendes menjadikan ini hidangan manis yang paling baik disajikan kepada pemirsa yang mengerti bahwa sekolah menengah bisa menjadi neraka."[13] Di Metacritic, film ini memiliki skor rata-rata tertimbang 66 dari 100 berdasarkan 16 kritik, menunjukkan "ulasan yang umumnya menguntungkan."[14]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Spencer, Ashley (September 14, 2022). "Do Revenge: Paying Homage to Teen Classics by Way of Hitchcock". The New York Times. 
  2. ^ Bitran, Tara (September 14, 2022). "Wait, Was That Sarah Michelle Gellar as the 'Do Revenge' Headmaster?". Netflix Tudum. 
  3. ^ Donnely, Matt (October 14, 2020). "Jennifer Kaytin Robinson Reunites With Netflix for Hitchcock-Inspired Strangers (Exclusive)". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 10, 2020. Diakses tanggal November 10, 2020. 
  4. ^ N'Duka, Amanda; D'Alessandro, Anthony (November 10, 2020). "Camila Mendes & Maya Hawke To Star In Netflix Movie Strangers From Someone Great Helmer Jennifer Kaytin Robinson". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 10, 2020. Diakses tanggal November 10, 2020. 
  5. ^ Kroll, Justin (April 28, 2021). "Rish Shah To Co-Star In The Netflix Pic Strangers From Someone Great Director". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 28, 2021. Diakses tanggal April 28, 2021. 
  6. ^ Kanter, Jake (June 24, 2021). "Sophie Turner Joins Jennifer Kaytin Robinson's Netflix Feature Strangers". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 24, 2021. Diakses tanggal June 24, 2021. 
  7. ^ Kroll, Justin (June 24, 2021). "Netflix Dark Comedy Strangers Sets Cast With Dash & Lily's Austin Abrams And 13 Reasons Why Star Alisha Boe Among Those Joining Ensemble". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 24, 2021. Diakses tanggal June 24, 2021. 
  8. ^ Larasati, Dyah (August 10, 2022). "'Do Revenge': Release Date, Cast, Trailer, and Everything We Know So Far". Collider. Diakses tanggal August 12, 2022. 
  9. ^ Gillespie, Katherine (April 7, 2021). "Camila Mendes Always Keeps Her Cool". Paper. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 9, 2021. Diakses tanggal April 9, 2021. 
  10. ^ George, Crystal. "Where does Do Revenge take place? (Where was Do Revenge filmed?)". NetflixLife. Diakses tanggal September 17, 2022. 
  11. ^ a b Shrestha, Naman (September 14, 2022). "Where Was Netflix's Do Revenge Filmed?". The Cinemaholic. Diakses tanggal September 17, 2022. 
  12. ^ Robinson, Jennifer Kaytin [@jennkaytin] (August 7, 2021). "thank you! and to everyone who is gonna get to watch this batshit masterpiece when it drops on @netflix – you're fucking welcome. that's a wrap, baby. we did revenge". Diakses tanggal August 24, 2021 – via Instagram. 
  13. ^ "Do Revenge". Rotten Tomatoes. Fandango Media. Diakses tanggal September 22, 2022. 
  14. ^ "Do Revenge". Metacritic. Fandom, Inc. Diakses tanggal September 22, 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]