Dinasti Shun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Shun Raya
大順
1644
Ibu kota Xi'an
(1644)
Beijing
(1644-5 Jun, 1644)
Bahasa Tionghoa
Agama Buddhisme, Taoisme, Confucianism, Kepercayaan tradisonal Tiongkok
Bentuk pemerintahan Monarki
Kaisar
 -  1644-1646 Li Zicheng
Sejarah
 -  Didirikan di Xi'an 1644 1644
 -  Penawanan Beijing 1644
 -  Jatuhnya Beijing 5 Juni 1644 1644
 -  Kaisar Li Zicheng terbunuh 1645
Mata uang syiling China, mata uang China
Pendahulu
Pengganti
Dinasti Ming
Dinasti Qing

Dinasti Shun (Hanzi: 顺 朝; Pinyin: shun Chao) adalah sebuah dinasti berumur pendek dibuat dalam waktu singkat dari era Ming ke Qing aturan di Tiongkok.

Dinasti ini didirikan di Xi'an pada tanggal 8 Februari 1644, hari pertama tahun lunar, oleh Li Zicheng, pemimpin pemberontakan petani besar. Li, bagaimanapun, hanya pergi dengan gelar Raja (王), bukan Kaisar (皇帝). Penangkapan Beijing oleh pasukan Shun di April 1644 menandai berakhirnya dinasti Ming, tetapi Li Zicheng gagal memperkuat mandatnya: pada akhir Mei 1644, ia dikalahkan di Pertempuran Pass Shanhai oleh pasukan gabungan Ming umum Wu Sangui dan Manchu pangeran Dorgon. Ketika ia melarikan diri kembali ke Beijing pada awal Juni, Li akhirnya menyatakan dirinya Kaisar Tiongkok dan meninggalkan ibu kota terburu-buru. Dinasti Shun berakhir dengan kematian Li pada 1645.

Setelah Dinasti Shun diciptakan, Li Zicheng memerintahkan para prajurit untuk membunuh sisa-sisa Ming masih ada di Beijing. Hal ini mengakibatkan pemberontakan yang kuat dari kekuatan Selatan Ming. Selain dengan menteri Shun terus berjuang untuk kekuasaan, dinasti efektif berlangsung kurang dari satu tahun.