Diepold dari Schweinspünt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Diepold, Comte Acerra dalam sebuah ilustrasi dari Liber ad honorem Agusti oleh Petrus de Ebulo, 1196.

Dipold[a] (†setelah 1221),[1] yang dikenal di Jerman sebagai Diepold (atau Dietpold) von Schweinspünt,[b] merupakan seorang ministerialis yang diangkat ke Kadipaten Spoleto pada tahun 1209. Dari asal Bayern, ia adalah seorang yang terkenal putra bungsu Berthold II dari Vohburg[2] dan Adelaide dari Ballenstedt. Dia awalnya adalah vasal Comte Lechsgemünd. Kariernya di Mezzogiorno ditandai dengan serangan dan pengepungan terus-menerus, pertempuran, dan penjarahan yang dikisahkan secara mendalam oleh Richard San Germano, seorang biarawan dari biara yang tanahnya sangat terpukul.

Awal karier[sunting | sunting sumber]

Dia menemani Heinrich VI, Kaisar Romawi Suci, Roma dan Sisilia pada tahun 1191. Dia pertama kali membuat castellan dari Rocca d'Arce. Ia membuat kesepakatan dengan dekan Monte Cassino, Atenulf, dan mengangkat pasukan besar. Mereka menyerang tanah biara San Germano, sekarang berganti nama menjadi Cassino, mengambil kastil-kastil Piumarola dan Pignetaro. Diepold mengalahkan pasukan kerajaan dalam pertempuran sengit di Aquino "sebagai akibat[nya] meningkat."[3] Pada tahun 1191, ia menangkap Richard, Comte Carinola, mantan sekutu Roger dari Andria. Selama mundurnya Heinrich, Diepold berhasil mempertahankan bagian belakang dari sebuah jembatan di Terra di Lavoro.

Dalam periode intervensi, Diepold mendirikan pangkalan kekuatan di Campania. Dia kebanyakan tinggal di daratan dan bertindak sebagai gubernur Heinrich di sana. Dia sangat mendukung pemangku takhta Markward von Annweiler, tetapi ditangkap oleh Comte Caserta. Pada tahun 1195, ia ditunjuk sebagai justiciar Terra di Lavoro. Pada tahun 1197, ia menangkap Richard dari Acerra dan melemparkannya ke penjara. Setelah menyerahkannya kepada kaisar, ia diberikan county Acerra. Diepold mulai meningkatkan pengaruhnya melalui aliansi pernikahan. Ia menikahkan saudaranya Siegfried dengan seorang putri Comte Fondi pada tahun 1199. Ia menikahkan putrinya dengan Comte Caserta dan putranya, dengan putri Pietro, Comte Celano.

Pemerintahan Friedrich[sunting | sunting sumber]

Diepold bertempur melawan Gauthier III dari Brienne, seorang penuntut yang menentang putra dan penerus Heinrich, Friedrich I dari Sisilia. Pada tahun 1201, Gauthier mengalahkan Diepold yang melarikan diri pada tanggal 10 Juni di Capua. Pada tahun 1204, ia mengepung Gauthier di benteng Terracina, tetapi Gauthier mematahkan pengepungan dan Diepold melarikan diri. Pada tanggal 11 Juni 1205, dia menyergap dan membunuh Gauthier sementara yang terakhir mengepungnya di Sarno.[4]

Pada tahun 1206, Diepold akhirnya meyakinkan wali Friedrich muda, Guglielmo Capparone, untuk membebaskan bocah itu ke tangan Gualtiero dari Palearia, kanselir dan sekutu Jerman dan Genova. Capparone, sementara itu, mempertahankan dirinya di istana kerajaan sampai Diepold datang ke pulau itu dan mencampakkannya. Pada tahun 1207, Gualtiero, bagaimanapun, tidak mempercayai Diepold, yang baru saja bepergian ke Roma untuk dibebaskan dari ekskomunikasi oleh Paus Innosensius III. Kanselir menangkapnya, tetapi Diepold melarikan diri dan melarikan diri ke Salerno, di mana dia memasuki perang terbuka dengan Gualtiero dan saudara ipar Kanselir, Pietro dari Celano. Dia dengan telak mengalahkan orang-orang Napoli, sekutu Palearia, pada bulan Mei.[5]

Kejatuhan[sunting | sunting sumber]

Sebagai imbalan atas dukungannya, Kaisar Otto IV mengangkat Diepold ke gelar magister capitaneus totius Apuliae et Terre Laboris dan menjadikannya Adipati Spoleto antara 6 atau 10 Februari 1209. Namun ia tidak mampu mempertahankan otoritasnya atas wilayahnya yang luas. Di Pisa pada bulan November, mungkin dia yang meyakinkan Otto untuk menyerang Sisilia.

Diepold jatuh dengan Friedrich dan Genova. Pada tahun 1218, Friedrich mengirim James dari Avellino untuk menangkapnya dan dia dibawa kembali ke Jerman. Menurut Alberic dari Trois-Fontaines, dia dibebaskan pada tahun 1221 dan bergabung dengan Ksatria Teutonik, hidup bertahun-tahun lebih. Dia tidak kembali ke Italia dan tidak pernah muncul kembali di kronik, mungkin meninggal segera setelahnya.

Gauthier de Brienne dan Diopoldo dari Vohburg

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Latin variations of his name include Diopuldus, Diubuldus, Diopaldus, Theobaldus, Tebaldus, or Tiboldus de Suinespont or de Rocca Archis. In Italian it is Dipoldo.
  2. ^ Schweinspünt may be written Schweinspuent to avoid the umlaut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Perhaps 26 December 1225.
  2. ^ According to the Dizionario, he was not the margrave of Vohburg as sometimes claimed. He was confounded with Diepold VII of Vohburg by T. Toeche, an error already clarified by E. Winkelmann in 1876.
  3. ^ Richard of San Germano. [1]
  4. ^ Mitchell 2011.
  5. ^ Annales Casinenses.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Pavan, Massimiliano (ed). Dizionario Biografico degli Italiani: XL Di Fausto – Donadoni. Rome, 1991.
  • Annales Casinenses. Translated by G. A. Loud.
  • Mitchell, Roger Haydon (2011). Church, Gospel, and Empire: How the Politics of Sovereignty Impregnated the West. Wipf & Stock. 
  • Norwich, John Julius. The Kingdom in the Sun 1130-1194. Longman: London, 1970.
  • Matthew, Donald. The Norman Kingdom of Sicily. Cambridge University Press: 1992.
  • Ryccardi di Sancto Germano Notarii Chronicon. trans. G. A. Loud.
  • Riezler, R. Über die Herkunft Dipolds v. Acerra. FDG 16, 1876, 373-374.
  • Keupp, Jan Ulrich. "Dienst und Verdienst". Die Ministerialen Friedrich Barbarossas und Heinrichs VI. Stuttgart: Hiersemann, 2002. ISBN 3-7772-0229-0
Bangsawan Italia
Didahului oleh:
Richard
Comte Acerra
1197–1218?
Lowong
Lowong
Bagian dari Negara Gereja
Terakhir dijabat oleh
Konrad I
Adipati Spoleto
1209–1218?
Lowong
Bagian dari Negara Gereja
Selanjutnya dijabat oleh
Rainaldo