Gauthier III dari Brienne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Gauthier III dari Brienne (†14 Juni 1205) merupakan seorang Comte Brienne pada tahun 1191-1205, Pangeran Taranto, Adipati Puglia, dan Comte Lecce, dan bergelar Raja Sisilia pada tahun 1201-1205. Dia adalah putra Erard II dari Brienne dan Agnès dari Montfaucon.[1]

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1200 ia menikahi Elvira,[1] putri Tancredi dari Sisilia, saudari dan pewaris raja yang digulingkan, Gugghiermu III dari Sisilia. Pada saat pernikahan mereka, dia dan keluarganya diasingkan di Prancis, berusaha mencari sekutu untuk merebut kembali Kerajaan Sisilia dari Raja muda Friedrich ΙΙ.

Perang salib[sunting | sunting sumber]

Gauthier telah bergabung dengan Perang Salib Keempat sebagai pengikut Thibaut III dari Champagne, dan ketika bepergian melalui Italia dibujuk oleh Paus Innosensius III untuk mendapatkan kembali Italia selatan dan Sisilia dari Jerman, sebagai imbalan atas Lecce dan Taranto.[2] Dengan restu Paus, Gauthier kembali ke Prancis untuk melikuidasi tanahnya dan membeli pasukan,[2] namun setahun kemudian, Gauthier masih belum mempekerjakan cukup orang untuk menyerang Regno.[2] Innosensius III yang melelahkan orang-orang yang terhenti di Gauthier, mempekerjakan orang-orang dari perbendaharaan paus untuk invasi.[2]

Invasi Italia selatan[sunting | sunting sumber]

Gauthier menyerang Diepold pada tanggal 10 Juni 1201 di jembatan dekat Agnella, dan memenangkan pertempuran lain pada tanggal 22 Oktober di Cannae. Meskipun didesak Paus Innosensius III, Gauthier tidak mau menyerang Sisilia sebelum dia mengkonsolidasikan posisinya di daratan.[1] Pada tahun 1204, Gauthier dikepung di benteng Terracina oleh Diepold dari Schweinspünt dan kehilangan satu mata panah, tetapi ia melanggar pengepungan dan menempatkan Diepold untuk bertempur. Pada tanggal 11 Juni 1205, Gauthier dibunuh oleh Diepold sementara mengepungnya di Sarno.[3] Ia dimakamkan di Gereja St. Maria della Foce di Sarno.

Keluarga dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1205, jandanya melahirkan putranya

  • Gauthier IV dari Brienne, tetapi dia hanya menerima County Brienne,[1] warisan Sisilianya telah disita karena pemberontakan ayahandanya.

Jandanya Elvira menikah kedua kalinya dengan Giacomo Sanseverino, Comte Tricarico,[1] dan ketiga Tigrini Guidi, Comte Modigliano (atau Comte Pfalz di Toskana)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Kennan, Elizabeth (1971). "Innocent III and the First Political Crusade: A Comment on the Limitations of Papal Power". Traditio. Vol. 27. 
  • Mitchell, Roger Haydon (2011). Church, Gospel, and Empire: How the Politics of Sovereignty Impregnated the West. Wipf & Stock. 
  • Perry, Guy (2013). John of Brienne: King of Jerusalem, Emperor of Constantinople, c.1175-1237. Cambridge University Press. 
Didahului oleh:
Robert
Pangeran Taranto
1200–1205
Diteruskan oleh:
Friedrich II
Didahului oleh:
Érard II
Comte Brienne
1191–1205
Diteruskan oleh:
Gauthier IV