Gualtiero dari Palearia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Walter dari Palear (atau Palearia, juga Gualtiero da Pagliaria; †1229 atau 1231) merupakan seorang kanselir dari Kerajaan Sisilia di bawah pimpinan Ratu Custanza dan Kaisar Heinrich VI. Dia juga adalah uskup Troia (1189-1208) dan kemudian uskup Catania (dari 1208).

Walter menempatkan Palermo di bawah otoritas saudaranya, Gentile, Comte Manopello, sementara bertindak sebagai wali putra Heinrich dan Custanza yang masih bocah, raja Friedrich dari Hohenstaufen. Gentile menyerahkan kota kepada Markward von Annweiler pada tahun 1198, tetapi Paus Innosensius III menuduh bahwa Markward telah menyuap Walter untuk kota dan perwalian raja.

Pada tahun 1202, sebuah pasukan yang dipimpin oleh Walter dan Diepold, Comte Acerra, dikalahkan oleh Gauthier III dari Brienne, yang menentang Friedrich sebagai raja. Markward meninggal di sebuah kota bernama Patti yang menyerah pada operasi batu ginjal.[1] Setelah kematian Markward, Friedrich jatuh di bawah kendali Guglielmo Capparone. Diepold merebut Friedrich dari Capparone pada tahun 1206 dan menyerahkannya kepada perwalian kanselir. Walter dan Diepold kemudian jatuh dan yang terakhir menangkap istana kerajaan, di mana dia dikepung dan ditangkap oleh Walter pada tahun 1207.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Thomas C. van Cleve, Markward dari Anweiler dan Sisilia Kabupaten (Oxford, 1937), p. 201.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]