Dialek Gyeonggi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gyeonggi
경기 방언/서울 사투리/서울말
Seoul
Dituturkan diKorea Selatan, Korea Utara
WilayahDaerah Ibu Kota Nasional Seoul (Seoul, Incheon, dan Provinsi Gyeonggi), Kaesong, Yeongseo
Penutur
Dialek
dialek Seoul Lama
dialek Gyeonggi Utara
dialek Gyeonggi Selatan
dialek Yeongseo
dialek Kaesŏnɡ
Kode bahasa
ISO 639-3
Glottologseou1239[1]
IETFko-u-sd-kr11
QIDQ485492
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Bahasa Korea dialek Gyeonggi (경기 방언) atau dialek Seoul (서울 사투리/서울말) adalah dialek prestise dari bahasa Korea dan merupakan dasar dari bentuk baku yang digunakan di Korea Selatan. Bahasa ini digunakan di seluruh Semenanjung Korea dan di diaspora Korea, tetapi terutama terkonsentrasi di Daerah Ibu Kota Nasional Seoul, bagian terpadat di Korea Selatan, yang mencakup kota Seoul dan Incheon, serta seluruh Provinsi Gyeonggi. Bahasa ini juga digunakan di kota Kaesong di Korea Utara.

Baru-baru ini, dialek Gyeonggi telah mengalami peningkatan penggunaan dalam konteks daring (online), yang pada gilirannya menyebabkan sebagian besar anak muda Korea menggunakan dialek ini, terlepas dari afiliasi regional mereka. Penggunaan saluran komunikasi daring yang produktif diharapkan dapat mengarah pada adopsi dialek Gyeonggi yang lebih luas, sebagai pengganti dialek regional yang berbeda.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Seoul". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History.