Dialek Chungcheong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Chungcheong
충청도 사투리
Dituturkan diKorea Selatan
WilayahHoseo
Penutur
Dialek
Utara
Selatan
Kode bahasa
ISO 639-3
Glottologchun1247[1]
QIDQ625800
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini
Dialek Chungcheong
Hangul
충청도 방언
Hanja
忠淸道方言
Alih AksaraChungcheong bangeon
McCune–ReischauerCh'ungch'ŏng pangŏn


Dialek Chungcheong dari bahasa Korea dituturkan di wilayah Chungcheong (Hoseo) di Korea Selatan, termasuk kota metropolitan Daejeon. Dialek ini juga mencakup beberapa daerah di Provinsi Gyeonggi, terutama Pyeongtaek, yang berbatasan dengan Provinsi Chungcheong. Dialek Chungcheong dapat dibagi menjadi dua kategori: dialek Chungcheong Utara, yang terkenal karena kemiripannya dengan dialek Gyeonggi, dan dialek Selatan, yang mirip dengan dialek Jeolla. Dialek ini terkenal dengan pengucapannya yang lambat, perubahan vokal, dan jargon yang unik. Namun, seiring dengan berkembangnya dialek Seoul dan menyebarnya supremasi bahasa baku, anak muda di Provinsi Chungcheong, termasuk Daejeon dan Sejong, tidak menggunakan dialek asli, atau hanya sedikit yang menggunakannya. Sebagian besar anak muda menggunakan bahasa baku dan dialek secara bergantian, dan di kota-kota yang terletak tepat di bawah wilayah metropolitan Seoul (Sudogwon), seperti Cheonan, dialek ini hampir punah.

Saat ini, dialek ini dipopulerkan oleh Baek Jong-won, seorang koki dan selebritas asal Korea Selatan yang populer, yang sering berbicara dalam dialek Chungcheong dan menggunakan istilah-istilah sehari-hari dalam bahasa Chungcheong.[2]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Ch'ungch'ongdo". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  2. ^ "백종원 억양이 충청도사투리에서 억양이 센 편인가요??". Dong-A Ilbo (dalam bahasa Korea). 2018-10-08. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-02-13. Diakses tanggal 2021-02-02.