Lompat ke isi

Dharm Yoddha Garud

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dharm Yoddha Garud
Genremitologi Hindu
PembuatAbhimanyu Singh
CeritaBrijMohan Pandey
Skenario
  • Sweksha Bhagat

Dialog

  • Nishant Shandilya

Riset Cerita

  • Reitu Sharma
SutradaraMukesh Kumar Singh
Nishi Chandra
PemeranFaisal Khan
Toral Rasputra
Parul Chauhan
Lagu pembuka"Dharm Yoddha Garud"
Negara asalIndia
Bahasa asliHindi
Jmlh. episode234
Produksi
ProduserAbhimanyu Singh
Rupali Kadiyan
PenyuntingShams Mirza
Pradeep Rawani
Pengaturan kameraMulti- camera
Durasi22 menit
Rumah produksiContiloe Entertainment
Rilis asli
JaringanSony SAB
Rilis14 Maret (2022-03-14) –
10 Desember 2022 (2022-12-10)

Dharm Yoddha Garud (Bahasa Indonesia: Prajurit Adil: Garuda) adalah bahasa India Hindi mitologis serial televisi. Ini menggambarkan kisah Garuda. Serial ini dibintangi oleh Faisal Khan, Toral Rasputra dan Parul Chauhan. Ini diproduksi oleh Contiloe Entertainment. Serial ini ditayangkan mulai 14 Maret 2022 hingga 10 Desember 2022 di Sony SAB dan tersedia secara digital di SonyLIV.[1]

Penayangan di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Musim Episode Awalnya Ditayangkan Keterangan Saluran TV
Pertama Ditayangkan Terakhir Ditayangkan
1 TBA TBA TBA Tayang Perdana Garuda TV

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Cerita bermula ketika Garud datang menemui ibunya, Vinataa. Mereka berbagi ikatan yang sangat baik dan memiliki cinta yang besar satu sama lain. Garud membenci Naag (Ular) Saudara laki-lakinya dan bibi dari pihak ibu Ratu Kadru yang memperlakukan ibunya dengan buruk, Vinata. Ia selalu berusaha mengetahui bagaimana ibunya menjadi budak Kadru. Vinata ketakutan karena ular tersebut, terutama Kaaliya, dan Garud datang untuk menyelamatkannya dan menunjukkan kekuatan pamungkasnya kepada Ular dan Kadru. Namun, Vinata mendinginkan Garud. Vinata kemudian mengajari Garud cara tetap tenang dan beberapa pelajaran penting dalam hidup. Garud bertanya kepada ibunya bagaimana cara mencapai Vaikunth, dan ibunya memberitahunya. Dia pergi ke sana dengan dalih membebaskan ibunya dari perbudakan dan mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Setelah serangkaian insiden, dia bertemu Shesh Naag, yang bercerita tentang masa lalu Vinata dan Kadru tetapi tidak tahu bagaimana Vinata menjadi budak Kadru. Dia menyuruhnya menemui Aditi Maa, ibu Tuhan, untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Dia pergi ke sana. Dia melawan Tentara Asura yang datang untuk membunuh Aditi Maa dan berhasil. Demi menyelamatkan anak-anaknya, Diti Maa berjanji akan menceritakan bagaimana Vinata menjadi budak Kadru. Garud kembali dan bertanya pada Kadru apakah yang dilakukannya benar atau tidak. Anak-anaknya marah, dan perkelahian pun dimulai antara Garud dan Ular. Sebagai hukumannya, Garud dijadikan budak Kadru dan anak-anaknya. Namun, Rahu datang dan menanyakan Garud. Kadru membantah Rahu membalas dengan menghina Kadru. Setelah melihat Rahu menghina ibu mereka, Takshaka, Kaaliya, dan saudara laki-laki mereka bertarung bersama Garud melawan Rahu dan pasukannya. Melihat hal tersebut, Kadru memerintahkan Garud untuk membawanya ke Maharaj Bali dan menyuruh putra-putranya untuk menjaga ibu Garud, Vinata. Rahu memperhatikan Garud dan Kadru terbang menjauh. Dia kemudian membagi dirinya menjadi dua, dan satu pergi ke belakang Garud untuk melihat ke mana dia pergi. Mereka bertemu Maharaj Bali dan meyakinkan dia untuk menghentikan perang. Pertarungan dihentikan dengan Kadru memuji putra-putranya dan Garud bertanya-tanya mengapa Kadru melindunginya. Garud kemudian diberi tugas oleh Kadru: Dapatkan Suryaphool. Garud, ditemani saudara laki-lakinya, secara tidak sengaja mencapai Shani Loka, di mana dia diuji dan lulus. Shani Dev marah pada Naag Brothers dan mereka semua terjatuh. Garud tidak mengenali Naag Bersaudara yang terjatuh dan mendapatkan Suryaphool. Kadru marah dan mengutuk Garud. Vinata dan Garud berdoa kepada Wisnu untuk membuktikan Garud tidak bersalah. Wisnu terbangun dari meditasinya dan memberi tahu Garud bahwa dia akan menghadapi banyak masalah dan dia akan menjadi bagian dari sesuatu yang besar dalam hidupnya.

Dewa Wisnu kemudian memberitahu Dewi Aditi yang sedang bermeditasi bahwa masa-masa indah akan datang lagi bagi para dewa. Dewi Aditi datang mencari Garuda yang membantunya, dan atas persetujuan Kadru, ia pergi bersama Garuda mencari anak-anaknya. Dewa Wisnu menceritakan tentang Samudra Manthana dan Garuda yang mengangkat gunung Mandaraachal dan menaruhnya di lautan susu. Di sini, Garuda meminta saudara tirinya, Vasuki Naag, menjadi tali bagi Sagara Manthan. Dewa dan Asura bersama-sama melaksanakan tugas ini dan berbagi ratna yang turun di sana. Di tengah peristiwa tersebut, peristiwa mengejutkan terjadi di rumah tangga Vinata. Suatu hari Vinata pergi ke hutan untuk mengumpulkan kayu bakar dan bertemu dengan seorang Baba tua yang membawanya ke rumahnya dan merawatnya dengan memberinya makanan. Kemudian dia terbukti menjadi orang bijak Dattatreya dan dia memberkati Vinata. Saat itu, tanda-tanda kedatangan Lakshmi muncul melalui Sagara Manthan. Kedatangan Dewi Lakshmi terjadi melalui lautan yang dilanjutkan dengan pernikahan Dewa Wisnu dan Dewi Lakshmi . Aditi , Diti , Kadru dan Vinata juga ikut serta dalam hal ini. Vinata memenangkan hati semua orang di sana. Pengabdian Garuda juga dipuji oleh Lakshmi Narayan. Pernikahan berakhir dan Sagara manthana dimulai lagi dimana Amrita muncul. Para Asura, dengan tipu daya, mencuri Amrit dan para Devata mengikuti mereka. Wisnu mengambil wujud Mohini untuk mengelabui para Asura. Dewi Mohini memberikan Amrita kepada para dewa. Putra Indra, Jayanta, menjaga Amrita di tempat yang aman. Nanti Garuda kembali ke ibunya. Di bawah bimbingan Dewa Wisnu, Garuda belajar dari Nar dan Narayan. Untuk itu, berkah dari Ganesha dan Dewi Saraswati diterima dan Garud mendapat tugas baru.

Kemudian Kadru mengatakan jika Amrita kalasha ditempatkan di hadapannya, Vinata dan Garuda akan terbebas dari perbudakan. Garuda menemui Indra Lok dan mengalahkan Indra dan membawa nektar. Dalam perjalanan, Wisnu siap menghukum Garud tapi Lakshmi menghentikannya. Dia kemudian menyuruh Indra untuk mengambil Amrit setelah Garud dan Vinata mendapat kebebasan. Mereka berdua menerima kebebasan. Wisnu memberi tahu Kadru bahwa semua putranya akan menjadi makanan burung seperti Garud di masa depan. Semua orang memutuskan untuk merayakan Ganesh Chaturthi dan Nar Narayan memutuskan untuk menceritakan kisah Dewa Ganesh.

Ganesh mengirim Mushak untuk melihat apa yang ibunya persiapkan untuknya. Mushak ditangkap oleh Kartikeya. Semua Dewa dan Dewi datang dan mendoakan Ganesha. Kadru datang dan meminta pengampunan dari Vinata dan Garud, karena telah berubah total. Nar Narayan menceritakan kisah Ganesha dimana ibunya menginginkan seorang putra seperti avatar Wisnu, Krishna.

Wisnu tiba dan memberkati dia. Tapi, Mahadewa pergi untuk memberkati 2 Iblis, sehingga kehilangan kesempatan untuk melihat putranya. Segera, Parvati melahirkan seorang putra. Dia mengatakan kepadanya untuk tidak membiarkan siapa pun masuk sampai dia menyelesaikan meditasinya. Namun, ketika Mahadewa kembali dan Ganesh menghentikannya dan dia marah dan memotong kepala Ganesh. Mereka semua menyadari siapa Ganesh. Parvati menyadari apa yang telah terjadi dan bersumpah untuk menghancurkan segalanya tapi Mahadewa memberikan kehidupan kepada Ganesh dengan kepala gajah. Parvati, pada awalnya menolak untuk menerimanya tapi kemudian menerimanya.

Ganesh tiba, di akhir cerita, dan memberi Garud kabar baik bahwa dia akan menjadi vahak Wisnu. Garud menjadi sangat senang dan pergi ke Vaikunth. Wisnu memberitahu Garud untuk mengangkat jarinya tetapi dia terjatuh dan akibatnya, dia kehilangan kekuatannya dan untuk mendapatkan kembali kekuatannya dan menjadi Vahaan Wisnu, mereka mengambil bentuk manusia untuk menyelesaikan misi.

Mereka pergi membantu Shastri dan suaminya menemukan putra mereka yang hilang dengan menceritakan kisah Maa Parvati dan sembilan avatarnya. Hari demi hari berlalu, Garud dan Shastri mendapat berkah. Adik perempuan mereka yang serakah mencoba mengambil kendali rumah. Pada hari ke 10, putra mereka kembali dan saudari serakah itu menyadari kesalahannya. Wisnu, Lakshmi dan Garud kembali ke Vaikunth.

Maa Lakshmi menceritakan kisah 'Bhaktha Pralhad' dan Narasimha Avatar Wisnu. Kemudian Gajendra meminta bantuan dan Garud akhirnya menjadi Vahaan Wisnu. Mereka membantu Gajendra dan Devta memuji nama Wisnu dan Garuda.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

Pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Ankit Raj[5] sebagai Kaliya Naag; putra Sage Kashyap dan Kadru; Kakak Takshak dan Naag
  • Angad Hasija[6] sebagai Takshak Naag: putra Sage Kashyap dan Kadru; Kakak Kaliya dan Naag
  • Vishal Karwal sebagai Dewa Wisnu
  • Ankita Singh sebagai
  • Abhishek Soni sebagai Aruna: Putra Sage Kashyap dan Vinata, Saudara Garud. Dia adalah Kusir Tuhan Surya
  • Hrishikesh Pandey[7] sebagai Sage Kashyap; suami Aditi, Diti, Kadru, Vinata, Danu, Surabhi, Krodhavasha, Ira dan Muni; Ayah dari Arun, Garuda, Naags, Adityas, Devas, Rudras, Vasus, Daityas, Maruts, Danavas, Krodhavasas, Manasa, Iravati, Gandharvas, Vamana dan Apsara
  • Soni Singh sebagai Diti: Istri kedua Sage Kashyap, ibu Daitya, Kadru, adik Aditi dan Vinata
  • Piyali Munshi sebagai Aditi: Istri pertama Sage Kashyap, ibu Deva, Kadru, adik Diti dan Vinata
  • Swayam Joshi sebagai Sanatan: Putra Brahma
  • Niel Satpuda sebagai Kartikey
  • Amit Bhanushali sebagai Sheshnaag: Putra Sage Kashyap dan Kadru serta kakak laki-laki tertua Naag
  • Rishav Trivedi sebagai Vasuki; Putra Sage Kashyap dan Kadru serta saudara laki-laki Naag
  • Abhinav Kumar sebagai Indra Dev
  • Aditya Sidhu sebagai Mahabali
    • Dinesh Mehta menggantikan Sidhu
  • Feroz Ali sebagai Prajapati Daksh
  • Shillpa Kataria Singh sebagai Mainadev
  • Sachin Verma sebagai Dewa Siwa
  • Nidhi Seth sebagai
  • Ankit Gulati sebagai Tuan Shani
  • Neha Tiwari sebagai Dhamini
  • Anu Thapa sebagai Simhika
  • Praneet Bhat sebagai Dattatreya
  • Pangeran Dhiman sebagai Varun dev
  • Pradeep Singh Adhikari sebagai Vaayu dev
  • Devaksh Rai sebagai Agni Dev
  • Saarvi Omana sebagai Dewi Patal Bhairavi
  • Gulshan Rana sebagai Guru Brihaspati
  • Digvijay Purohit sebagai Guru Shukracharya
  • Sharad Gore sebagai Resi Durvasa
  • Vijay Malviya sebagai Kakol
  • Sandeep Sharma sebagai Maharishi Narada
  • Javed Pathan sebagai Tarkasur[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dharm Yoddha Garud Coming Soon on Sony Sab (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2022-01-31 
  2. ^ "Faisal Khan लेकर आ रहे 'धर्म योद्धा गरुड़' की कहानी, जिसने मां के लिए दिया बलिदान". Aaj Tak (dalam bahasa Hindi). 18 February 2022. Diakses tanggal 2022-02-21. 
  3. ^ "Toral Rasputra, Parul Chauhan on their roles in Dharm Yoddha Garud". Times of India (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-16. 
  4. ^ "Parul Chauhan on playing negative role of Kadru". Times of India (dalam bahasa Inggris). 16 March 2022. Diakses tanggal 2022-03-16. 
  5. ^ "जानिए धर्म योद्धा गरुड़ के पात्र व कहानी को". TV9 Bharatvarsh (dalam bahasa Hindi). 7 March 2022. Diakses tanggal 2022-03-16. 
  6. ^ "Angad Hasija on playing Takshak Naag and his debut in Mythological genre". Times of India (dalam bahasa Inggris). 17 February 2022. Diakses tanggal 2022-03-16. 
  7. ^ "Hrishikesh Pandey joins Dharm Yoddha Garud". Times of India (dalam bahasa Inggris). 24 February 2022. Diakses tanggal 2022-03-16. 
  8. ^ "My character of Tarkasur in the show is a strong negative character: Javed Pathan of Dharm Yoddha Garud".