Unijo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Dendrolagus)
Unijo
Rentang fosil: Pliosen–Sekarang
Dendrolagus matschiei
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Infrakelas:
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Genus:
Dendrolagus

Spesies tipe
Dendrolagus ursinus
Spesies

Lihat teks

Kanguru pohon, semai, atau unijo (dalam bahasa lokal Papua) adalah macropodidae yang beradaptasi dengan lingkungan di atas pohon. Mereka mendiami hutan hujan di Australia dan Papua, Queensland, dan pulau-pulau terdekat.[1] Meski sebagian besar ditemukan di daerah pegunungan, beberapa spesies juga terdapat di dataran rendah seperti Dendrolagus spadix. Sebagian besar unijo merupakan hewan yang terancam punah akibat perburuan dan kehilangan habitat.

Terdapat 12 spesies unijo, mereka memiliki variasi ukuran dan warna bulu yang cukup signifikan, dengan ukuran kepala dan panjang tubuh sekitar 41 hingga 77 sentimeter (16 hingga 30 in), panjang ekor 40 hingga 87 sentimeter (16 hingga 34 in), dan berat mencapai 145 kilogram (320 pon). Betina berukuran lebih kecil dari jantan.

Spesies[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah spesies yang masuk ke dalam genus Dendrolagus:[2]

Gambar Nama ilmiah Sebaran
Unijo kelabu (D. inustus)
Unijo Lumholtz (D. lumholtzi)
Unijo Bennett (D. bennettianus)
Unijo nemena (D. ursinus)
Unijo matschie (D. matschiei)
Unijo doria (D. dorianus)
Ifola (D. notatus)
Unijo Seri (D. stellarum)
Unijo Goodfellow (D. goodfellowi)
Unijo mantel-emas (D. pulcherrimus)
Unijo dataran rendah (D. spadix)
Dingiso (D. mbaiso)
Tenkile (D. scottae)
Unijo wondiwoi (D. mayri) (thought to be extinct until 2018)[3]

Sebaran[sunting | sunting sumber]

Unijo menghuni hutan hujan tropis Papua, jauh di timur laut Australia, dan beberapa pulau di wilayah tersebut, khususnya Kepulauan Schouten dan Kepulauan Raja Ampat . Meskipun sebagian besar spesies ditemukan di daerah pegunungan, beberapa juga terdapat di dataran rendah, seperti unijo dataran rendah . Kebanyakan unijo dianggap terancam akibat perburuan dan perusakan habitat. Karena sebagian besar gaya hidup mereka melibatkan memanjat dan melompat di antara pepohonan, mereka telah mengembangkan metode penggerak yang tepat. Unijo berkembang biak di puncak pohon, berbeda dengan kanguru darat yang hidup di daratan Australia. Dua spesies Unijo ditemukan di Australia, Bennett ( D. bennetianus ), yang ditemukan di utara Sungai Daintree dan Lumholtz ( D. lumholtzi ). Unijo telah beradaptasi lebih baik di daerah dataran tinggi. Unijo harus mencari tempat yang nyaman dan beradaptasi dengan baik untuk berkembang biak, karena mereka hanya melahirkan satu ekor bayi per tahun. Mereka dikenal memiliki salah satu musim melahirkan yang paling santai dan santai. Mereka berkembang biak dengan hati-hati di puncak pohon selama musim hujan. Habitat mereka adalah tempat berkembang biaknya bahaya, karena mereka dapat dengan mudah menjadi mangsa predator alami mereka, ular piton amethystine , yang juga memanjat dan hidup di puncak pohon. Unijo diketahui dapat hidup di daerah pegunungan maupun dataran rendah.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Unijo mempunyai beberapa adaptasi terhadap gaya hidup arboreal. Dibandingkan kanguru darat, Unijo memiliki kaki belakang yang lebih panjang dan lebar serta kuku yang lebih panjang dan melengkung. Mereka juga memiliki cengkeraman seperti spons pada kaki dan telapak kaki mereka. Unijo memiliki ekor yang jauh lebih besar dan menjuntai dibandingkan kanguru darat, sehingga memberikan mereka keseimbangan yang lebih baik saat bergerak di sekitar pepohonan. Pergerakan di tanah adalah dengan melompat, seperti halnya kanguru sejati. Seperti kanguru darat, Unijo tidak berkeringat untuk mendinginkan tubuhnya, melainkan menjilat lengannya dan membiarkan kelembapan menguap dalam bentuk termoregulasi perilaku yang adaptif .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Matschies Tree Kangaroo. National Geographic.
  2. ^ Groves, C.P. (2005). Wilson, D.E.; Reeder, D.M., ed. Mammal Species of the World: A Taxonomic and Geographic Reference (edisi ke-3). Baltimore: Johns Hopkins University Press. hlm. 59–61. ISBN 0-801-88221-4. OCLC 62265494. 
  3. ^ Solly, Meilan (2018-09-27). "Elusive Tree Kangaroo Spotted for First Time in 90 Years". Smithsonian (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-10-12. 

3. http://kebunbinatangonline.blogspot.co.id/2016/04/Kanguru-pohon.html. KBL The Largest Zoo

4. http://www.iucnredlist.org/details/6429/0. IUCN Red list