Dekrit (Belgia)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Di Belgia, sebuah dekrit (Belanda: decreet, Prancis: décret) adalah bentuk undang-undang yang disahkan oleh parlemen komunitas atau regional, kecuali oleh Parlemen Brussel.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Dekrit memiliki kekuatan hukum yang sama dengan undang-undang, yang hanya dapat disahkan oleh Parlemen Federal. Terlebih lagi, tidak seperti negara bagian federal lainnya, tidak ada hierarki di antara undang-undang (federal) dan keputusan (komunitas atau regional), karena setiap entitas seharusnya memiliki yurisdiksi subjek yang jelas. Satu-satunya perbedaan adalah dalam terminologi (dan tentu saja dalam penerapan teritorial, karena keputusan hanya berlaku di yurisdiksi parlemen yang meloloskannya).

Parlemen yang mengatur[sunting | sunting sumber]

Lima majelis legislatif berikut memiliki kekuatan untuk mengeluarkan dekrit:

  • Parlemen Flemish dan Parlemen Komunitas Prancis, menjadi parlemen dari dua komunitas utama, secara langsung berdasarkan dari konstitusi Pasal 127-129;
  • Parlemen Komunitas berbahasa Jerman, langsung berdasarkan konstitusi Pasal 130;
  • Majelis regional sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang seni No.39, menjadi de facto Parlemen Walloon saja, karena masalah regional Flemish dilaksanakan oleh Parlemen Flemish (komunitas), dan karena Brussel adalah masalah yang diorganisir secara terpisah (dengan tata cara alih-alih dekrit). Kewenangan untuk mengeluarkan dekrit untuk majelis daerah hanya secara tidak langsung diberikan oleh undang-undang khusus tentang Reformasi Kelembagaan tahun 1980, dan disebut sebagai "aturan yang dimaksud dalam Pasal 134" dalam konstitusi.
  • Majelis Komisi Komunitas Prancis, yang secara informal dikenal sebagai Parlemen Prancis Brussel. Kedua komunitas (Flemish dan Prancis) dapat mentransfer kekuasaan legislatif ke komisi mereka di Brussel, tetapi hanya Komunitas Prancis. Rekan Flemish, Dewan Komisi Komunitas Flemish, tidak memiliki kekuatan untuk meloloskan dekrit dan tetap berada di bawah kendali penuh Parlemen Flemish. Sebaliknya, itu diatur dengan regulasi.

Kekuasaan ini diperkenalkan dalam reformasi negara pertama pada tahun 1970, kepada dewan budaya Belanda dan Prancis yang saat itu didirikan, pendahulu dari parlemen dua komunitas utama saat ini.

Tidak seperti hukum, dekrit tidak tunduk pada persetujuan kerajaan. Dekrit tidak ditandatangani dan diumumkan oleh raja melainkan diumumkan oleh badan eksekutif, menjadi komunitas atau pemerintah daerah atau, dalam kasus Parlemen Prancis Brussel, Dewan Komisi Komunitas Prancis.

Dekrit dan tata cara diterbitkan dalam jurnal resmi Belgia. Tidak seperti peraturan, dekrit tidak tunduk pada tinjauan yudisial atau pengawasan oleh pemerintah federal. Mahkamah Konstitusi bagaimanapun bertanggung jawab untuk mengawasi pembagian kekuasaan antara negara federal, masyarakat dan daerah dan dapat membatalkan undang-undang, keputusan dan peraturan.

Macam-macam dari dekrit:

  • Dekrit spesial; ada setara dengan undang-undang khusus: undang-undang tersebut membutuhkan dua pertiga mayoritas di parlemen dan diperlukan untuk hal-hal tertentu (kebanyakan yang berkaitan dengan pendidikan dan masalah kelembagaan).
  • Beberapa dari entitas yang disebutkan di atas dapat mengadopsi dekrit bersama (bahasa Belanda; gezamenlijk decreet), (bahasa Prancis: décret conjoint), yang merupakan keputusan yang disetujui oleh beberapa entitas dan berlaku untuk masing-masing entitas. Mekanisme kerjasama ini dimungkinkan per pasal 92-bis/1; undang-undang khusus reformasi kelembagaan diperkenalkan pada tahun 2014 sebagai bagian dari reformasi negara keenam. Dekrit pertama adalah dekrit bersama wilayah Walonia dan Komunitas Prancis pada 19 Juli 2017 tentang kebijakan data terbuka.[1][2]

Selain itu, ada tiga bentuk sejarah legislasi yang disebut dekrit:

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gezamenlijke decreten, 16 May 2017, Senate
  2. ^ Primeur : gezamenlijk decreet aangenomen, 14 November 2017, Senate
  3. ^ Loi du 18 octobre 1908 sur le gouvernement du Congo belge

Pranala luar[sunting | sunting sumber]