Dedalu kambing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dedalu kambing
Salix caprea

Goat willow male catkins
Tumbuhan
Warna bungakuning dan hijau
Jenis buahkapsul
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN19620273
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
KladSuperrosidae
Kladrosids
Kladfabids
OrdoMalpighiales
FamiliSalicaceae
GenusSalix
SpesiesSalix caprea
Linnaeus, 1753
Distribusi

Distribution map

Salix caprea, yang dikenal sebagai Dedalu kambing, dedalu domba, atau sallow besar, adalah spesies umum dedalu yang berasal dari Eropa dan Asia barat dan tengah. [1]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ini adalah semak peluruh atau pohon kecil, mencapai ketinggian 8–10 m (26–33 ft), jarang sampai 13 m.

Daunnya memiliki panjang 3–12 cm dan lebar 2–8 cm, lebih lebar dari kebanyakan pohon Dedalu lainnya.

Bunganya lembut seperti sutra, dan bunga untai berwarna keperakan sepanjang 3-7 cm diproduksi di awal musim semi sebelum daun baru muncul; bunga untai jantan dan betina berada pada tumbuhan berbeda ( dwirumah ). Bungai untai jantan menjadi kuning saat serbuk sari dilepaskan, sedangkan bunga untai betina akan menjadi hijau pucat.

Buahnya berbentuk kapsul kecil dengan panjang 5–10 mm berisi banyak biji kecil yang tertanam di bulu halus seperti kapas. Bijinya sangat kecil (sekitar 0,2 mm) dengan bulu-bulu halus membantu penyebaran; mereka membutuhkan tanah kosong untuk berkecambah . [2] [3]

Budidaya dan kegunaannya[sunting | sunting sumber]

Seruling pohon willow

Sejumlah kecil kultivar telah dipilih untuk digunakan di taman. Yang paling umum adalah S. caprea 'Kilmarnock', dibudidayakan oleh James Smith, dengan pucuk kaku yang terjumbai membentuk kepala pel; itu adalah klon pejantan. Klon betina serupa adalah S. caprea 'Weeping Sally'. Karena mereka tidak membentuk pemimpin, mereka dicangkokkan pada batang pohon Dedalu lainnya yang tegak; Ketinggian kultivar ini ditentukan oleh ketinggian pembuatan cangkok. [3] Tanaman juga dapat ditanam dari potongan kayu hijau, yang menghasilkan gundukan merambat yang menarik. Stek kayu keras seringkali sulit untuk diakarkan.

Tanin dan salisin dapat diekstraksi dari kulit pohon Dedalu kambing. Pohon itu tidak dianggap sebagai sumber kayu yang baik, karena kayunya rapuh dan mudah pecah jika dibakar.

Di Skandinavia, pembuatan seruling Dedalu dari potongan Dedalu kambing sudah cukup umum.

Di Jerman, Hongaria, Slovakia utara, Polandia, dan Ukraina, bunga untai yang baru dibuka digunakan seperti ranting zaitun pada Minggu Palma .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Meikle, R. D. (1984).
  2. ^ Meikle, R. D. (1984).
  3. ^ a b Rushforth, K. (1999).