Daniel Alexander Maukar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Daniel Alexander Maukar (20 April 1932 – 16 April 2007)[1] adalah seorang pilot Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) yang dikenal karena menembaki Istana Negara pada 9 Maret 1960.[2] Meskipun pada awalnya diseret ke pengadilan militer dan terancam hukuman mati, Maukar menerima pengampunan dari Presiden Soekarno kala itu. Dari yang semula hukuman mati, menjadi hukuman kurungan selama 8 tahun. Kemudian pada saat awal Orde Baru dimulai, Maukar dibebaskan oleh Soeharto yang baru saja menjabat sebagai Presiden ke-2 RI.

Daniel Alexander Maukar
Lahir16 April 1932
Bandung, Hindia Belanda
Meninggal16 April 2007 (umur 74)
Pengabdian Indonesia
Dinas/cabangTentara Nasional Indonesia Angkatan Udara
Lama dinas1956–1960

Maukar lahir di Bandung pada 20 April 1932. Orang tuanya adalah Karel Herman Maukar dan Enna Talumepa. Ia kemudian dibesarkan di Menteng, Jakarta.[3]

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Pada 9 Maret 1960, sekitar pk 12.10, Istana Merdeka dihentakkan oleh ledakan yang berasal dari tembakan kanon 23 mm pesawat MiG-17 F Fresco. Pesawat tersebut kemudian naik meninggi dan melakukan manuver, mengambil ancang-ancang untuk mengulangi serangan terhadap sasaran yang sama.

Setelah itu, MiG-17 tersebut terbang ke tempat lain untuk menghancurkan kilang minyak di Tanjung Priok, tetapi ternyata tembakan meleset. Penerbangan dilanjutkan ke arah Garut untuk melakukan pendaratan darurat di sebuah tempat yang telah ditentukan, yaitu di daerah yang dikuasai DI/TII karena penerbangnya akan diselamatkan oleh DI/TII.

Karena bahan bakar tidak mencukupi untuk mencapai tempat tujuan, pesawat itu mendarat darurat di daerah Leles, Garut, Jawa Barat. Pesawat tersebut diterbangkan oleh Letnan Udara Daniel Alexander Maukar.

Atas perbuatannya, Maukar dikenakan sanksi hukuman mati. Namun pada tahun 1964, Maukar diberikan pengampunan oleh Presiden Soekarno. Pada Maret 1968, ia benar-benar dibebaskan pada era Presiden Soeharto.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]