Dana Carvey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Dana Carvey
Dana Carvey at the Governor's Ball following the 41st Annual Emmy Awards cropped.jpg
Carvey in September 1989
Nama lahirDana Thomas Carvey
Lahir2 Juni 1955 (umur 64)
Missoula, Montana, Amerika Serikat
Media
KebangsaanAmerika
Tahun aktif1978–sekarang
Genre
Dipengaruhi
Memengaruhi
Suami/istriPaula Zwagerman (1983–present)

Dana Thomas Carvey (lahir 2 juni 1955) adalah seorang aktor dan stand-up komedian yang dikenal untuk karyanya sebagai anggota cor di Saturday Night Live dan untuk memainkan peran Garth Algar di Wayne Dunia film.

Ia juga dikenal untuk menirukan George H. W. Bush dan Ross Perot di Saturday Night Live. Ia juga dikenal untuk bermain Gereja Wanita dan Hans dari Hans dan Franz on SNL; kedua adalah asli SNL karakter.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Carvey lahir di Missoula, Montana, anak Billie Dahl, seorang guru, dan Bud Carvey, sekolah tinggi bisnis guru.[5] Carvey adalah saudara dari Brad Carvey, engineer/designer dari Video Pemanggang roti. Karakter Garth Algar adalah longgar didasarkan pada Brad. Carvey memiliki keturunan Inggris, Jerman, Irlandia, Norwegia, dan Swedia, dan dibesarkan Lutheran.[6][7][8] Ketika ia berusia tiga tahun, keluarganya pindah ke San Carlos, California, di San Francisco Bay Area. Ia menerima gelar pertama drum kit pada usia dini. Dia hadir Tierra Linda Smp di San Carlos, Carlmont Sma di Belmont, California (di mana dia adalah seorang anggota dari Central Coast Bagian juara cross country team),[9] College of San Mateo di San Mateo, California, dan menerima gelar sarjana di komunikasi penyiaran dari San Francisco State University.[10]

Karier[sunting | sunting sumber]

Awal karier[sunting | sunting sumber]

Dia memiliki peran kecil di Halloween II, dan co-bintang pada salah Satu Anak laki-laki pada tahun 1982, yang berumur pendek televisi sitkom yang juga dibintangi Mickey Rooney, Nathan Lane, dan Meg Ryan. Pada tahun 1984, Carvey memiliki peran kecil di Rob Reiner's film Ini Adalah Spinal Tap, di mana ia memainkan sebuah pantomim, dengan sesama komedian Billy Crystal (yang mengatakan kepadanya "Mime adalah uang!"). Dia juga muncul di singkat film-tindakan berdasarkan serial televisi Blue Thunder.

Saturday Night Live[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1986, Carvey menjadi nama rumah tangga ketika ia bergabung dengan cast NBC's Saturday Night Live. Dia, bersama dengan pendatang baru Phil Hartman, Kevin Nealon, Jan Hooks, dan Victoria Jackson, membantu untuk membalikkan menunjukkan menurunnya popularitas dan dibuat SNL "harus-lihat" TV sekali lagi. Bagian penting dari acara kebangunan rohani adalah Carvey pelarian karakter, Gereja Wanita, tegang, sombong, dan saleh host dari Gereja Chat.[11] Carvey katanya berbasis karakter pada wanita yang ia tahu dari gereja saat tumbuh dewasa, yang akan melacak lain gereja' yang hadir. Ia menjadi sangat terkait dengan karakter yang kemudian anggota cast seperti Chris Farley disebut Carvey hanya sebagai "Wanita".[12]

Carvey lain karakter asli termasuk Garth Algar (dari Wayne Dunia), yang didasarkan pada saudaranya,[13] Hans (dari "Hans dan Franz"), dan Grumpy Old Man (dari Pekan Memperbarui penampilan). Sepanjang pemilu dan presiden George H. W. Bush, ia ditunjuk sebagai peniru presiden, membuat dia memimpin aktor politik biasa sketsa di SNL.

Selama tahun 1992 KAMI kampanye pemilihan presiden, Carvey juga kesan dari kandidat independen Ross Perot; di prime-time khusus sebelum pemilu, Carvey dimainkan baik George H. W. Bush dan Perot dalam tiga cara debat dengan Bill Clinton, yang dimainkan oleh Phil Hartman. Sebagai Perot—rekaman dan waktunya untuk memberikan penampilan berinteraksi dengan live Bush dan Clinton—Carvey dihindari menunjukkan tanda-tanda "Hidup dari New York" pembukaan jalur, mengatakan Bush "Mengapa anda tidak melakukannya, tinggal-laki-laki?" Carvey kiri SNL pada tahun 1993.

Pada tahun 1992, Carvey bergabung dengan Mike Myers di Wayne Dunia, film tersebut. Sebuah sekuel, Wayne s World 2, difilmkan dan dirilis pada tahun 1993.

Carvey ini SNL bekerja dia memenangkan sebuah Emmy Award pada tahun 1993 untuk Berprestasi Kinerja Individu dalam Berbagai atau Program Musik. Dia memiliki total enam Emmy[14] nominasi. Carvey telah kembali ke host SNL empat kali, pada tahun 1994, 1996, 2000, dan 2011.

Setelah SNL[sunting | sunting sumber]

Eksekutif NBC berharap untuk mendapatkan Carvey untuk mengambil alih 12:30 am ET hari kerja tempat di jaringan lineup pada tahun 1993 ketika David Letterman kiri acaranya, Late Night dengan David Letterman, yang 11:30 pm ET show di CBS. 12:30 spot akhirnya pergi ke Conan O'brien.

Pada tahun 1994, Carvey membintangi film Bersih. Tahun berikutnya, Carvey difilmkan pertama HBO stand-up khusus Critic. Acara ini menampilkan Carvey melakukan banyak SNL menirukan, serta membuat menyenangkan dari saluran premium nama, mengucapkan "hobo".

Ia harus menolak peran di Bad Anak laki-laki karena ia merasa kewalahan sebagai ayah baru.[13]

Dia reprised banyak SNL karakter pada tahun 1996 dengan Dana Carvey Menunjukkan, berumur pendek prime-time berbagai acara di ABC. Acara yang paling terkenal untuk meluncurkan Robert Smigel's cartoon "Ambigu Gay Duo", serta karier Steve Carell dan Stephen Colbert.

Pada tahun 2002, ia kembali untuk film the spy komedi Master of Disguise. Dirilis seminggu setelah mantan rekan Mike Myers' sukses (dan sejenisnya) film Austin Powers in Goldmember, sebagian besar kritikus dibandingkan film-film dan menyorot Carvey usaha. Namun, film ini berhasil sekitar $40 juta di box office Amerika Utara. Pada bulan Maret 2007, agregat review situs Rotten Tomatoes peringkat sebagai film ke-18 terburuk-review film pada dekade 2000-an, dengan 1% rating segar.[15] Komedian dan mantan Mystery Science Theater 3000 tuan rumah Michael J. Nelson bernama film terburuk ketiga komedi yang pernah dibuat.[16] Carvey tidak muncul dalam sebuah film lagi sampai tahun 2011 ini, Jack dan Jill. Hal ini juga dianggap sebagai salah satu yang terburuk komedi dari semua waktu. Sebelumnya, ia telah muncul di lain Adam Sandler film, Nicky.[17][18]

Dia adalah nomor 90 di Comedy Central's daftar 100 Greatest Stand-Up dari Semua Waktu.[19]

Setelah Master of Disguise[sunting | sunting sumber]

Carvey akhirnya menarik diri dari perhatian untuk fokus pada keluarganya. Dia kemudian mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa ia tidak ingin berada di karier yang anak-anaknya sudah akan tumbuh dengan dia setelah diabaikan menghabiskan waktu dengan mereka.

Pada januari 2, 2007, pemakaman Gerald Ford, George H. W. Bush kenang dalam pidatonya tentang bagaimana Ford mengambil langkah-langkah ketika SNL's Chevy Chase dibuat Ford objek tayangan. Bush mengutip ini sebagai sebuah pelajaran berharga dalam belajar untuk menertawakan diri sendiri sebagai bagian dari kehidupan masyarakat. "Saya akan memberitahu anda lebih banyak tentang hal itu," Bush melanjutkan, "tapi sebagai Dana Carvey akan mengatakan, [meniru Carvey meniru dia] 'Tidak akan melakukannya! Tidak akan bijaksana!'".

Carvey membuat penampilan pada tahun 2008 MTV Movie Awards, mengulangi nya SNL karakter Garth Algar dengan host Mike Myers untuk "Wayne Dunia" sketsa. Pada juni 14, 2008, Carvey difilmkan kedua HBO stand-up khusus, pertama dalam 13 tahun, berhak Jongkok Monyet Katakan Tidak ada Kebohongan.

Pada tahun 2010, Carvey muncul di Lucu atau Mati asli sketsa komedi Presiden Reuni. Ia memainkan peran Presiden George H. W. Bush bersama yang lain saat ini dan mantan SNL presiden peniru.

Pada awal 2010, Carvey dan komedian/penulis Spike Feresten dibuat dan membintangi bersama dalam Spoof, sketsa komedi pilot untuk Fox. Ini termasuk sketsa sebuah trailer untuk "Darwin", mock film di mana ia memainkan ahli biologi evolusi, serta parodi dari serial TV hit Hilang. Kedua sketsa ini dapat dilihat di YouTube.[20][21] Pada serial TV animasi The Fairly OddParents, Carvey menyuarakan Cosmo Cosma's penipu saudara Schnozmo.

Pada tanggal 29 April dan 30 tahun 2016 Dana Carvey tercatat dua pertunjukan live di Fox Theatre di Boston, Massachusetts untuk Netflix khusus yang akan dirilis akhir tahun ini. Mencoba tangan mereka sendiri di stand-up comedy, Dana dua anak laki-laki, Tom dan Dex membuka acara bagi-nya.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1979, saat tampil di Cafe Lain di San Francisco, Carvey bertemu Paula Zwagerman. Mereka bertunangan pada tahun 1980 dan menikah pada tahun 1983. Pasangan ini memiliki dua anak.[22]

Pada tahun 1997, Carvey menjalani operasi bypass jantung untuk memblokir arteri koroner, tetapi ahli bedah dioperasikan pada salah arteri. Arteri yang tersumbat itu terkubur dalam otot dan dengan demikian sulit untuk menemukan; lain arteri, meskipun tidak diblokir, itu jelas dapat diakses, sehingga ahli bedah yang dilewati itu. Carvey, kemudian menderita angina pectoris, dituntut untuk malpraktik medis dan dianugerahi $8 juta dalam kerusakan. Dia menyumbangkan uang untuk amal.[23] Ia telah menjalani operasi tambahan untuk memperbaiki masalah jantung. Dia mengatakan Newsday itu, saat ia berada di rumah sakit selama akhir angioplasty, Frank Sinatra meninggal di kamar yang berdekatan dengan-nya.[13]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
1981 Halloween II Assistant
1984 This Is Spinal Tap Mime Waiter
1984 Racing with the Moon Baby Face
1986 Tough Guys Richie Evans
1988 Moving Brad Williams
1990 Opportunity Knocks Eddie Farrell
1992 Wayne's World Garth Algar
1993 Wayne's World 2
1994 Clean Slate Maurice L. Pogue
1994 The Road to Wellville George Kellogg
1994 Trapped in Paradise Alvin Firpo
1995 The Shot Dana Carvey
1996 Fire on the Track: The Steve Prefontaine Story Himself Interviewee
2000 Little Nicky Referee
2002 The Master of Disguise Pistachio Disguisey Writer
2010 Presidential Reunion George H. W. Bush Short film
2011 Jack and Jill Crazy Puppeteer[24]
2015 Hotel Transylvania 2 Dana the Camp Director Voice Only
2016 The Secret Life of Pets Pops Voice Only

Televisi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
1982 One of the Boys Adam Shields 13 episodes
1984 Blue Thunder Clinton "JAFO" Wonderlove 11 episodes
1986–1993 Saturday Night Live Various Roles 134 episodes

Primetime Emmy Award for Individual Performance in a Variety or Music Program
4 Other Nominations for Primetime Emmy Award for Individual Performance in a Variety or Music Program
Hosted episodes in 1994, 1996, 2000, and 2011

1988 Superman 50th Anniversary Special Himself 1 episode
1992–1997 The Larry Sanders Show Himself 3 episodes

Nominated – Primetime Emmy Award for Outstanding Guest Actor in a Comedy Series

1996 The Dana Carvey Show Host

Various Roles

8 episodes

Writer
Executive producer of 1 episode

1998 Just Shoot Me! Oskar Milos 1 episode
1998–1999 LateLine Senator Crowl Pickens 2 episodes
2009 The Fairly OddParents Schnozmo Cosma Voice

1 episode

2010 Spoof Various Unaired pilot for Fox Network
2011 The Oprah Winfrey Show Himself 1 episode
2011 Live with Regis and Kelly Himself 1 episode
2012 Live with Kelly Himself Guest host

3 episodes

2013 Rick and Morty Leonard Voice

1 episode

2014 The Birthday Boys Laurence Eastman 1 episode
2016 First Impressions Himself

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Berulang Saturday Night Live karakter dan sketsa (terdaftar oleh anggota cast)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Miller, Dennis & Dana Carvey. Interview with Dennis Miller. The Dennis Miller Show. 2014-11-19.
  2. ^ Pollak, Kevin & Dana Carvey. Interview with Kevin Pollak. Kevin Pollak's Chat Show. May 31, 2009.
  3. ^ Miller, Dennis & Dana Carvey. Interview with Dennis Miller. The Dennis Miller Show. 2009-02-13.
  4. ^ Fallon, Jimmy & Dana Carvey. Interview with Jimmy Fallon. Late Night with Jimmy Fallon. September 2011.
  5. ^ "Dana Carvey Biography (1955-)". FilmReference.com. Diakses tanggal September 3, 2011. 
  6. ^ "CNN Transcript – Larry King Live: Dana Carvey Lives to Tell About Mistaken Bypass Surgery – June 29, 2000". CNN. 
  7. ^ Pearlman, Cindy (1990-04-13). "Dana Carvey grabs at an 'Opportunity'". Chicago Sun-Times. 
  8. ^ "Beaver County Times - Google News Archive Search". google.com. 
  9. ^ "CCS Finals – 1971". Dyestatcal.com. Diakses tanggal 2011-01-02. 
  10. ^ "Dana Carvey". Montana Kids. Montana Office of Tourism. Diakses tanggal August 6, 2011. 
  11. ^ "Saturday Night Live Backstage". Saturday Night Live. 2011-02-20. NBC. 
  12. ^ Pete Holmes (2014). "You Made It Weird Episode 239". Diakses tanggal 2014-12-17. 
  13. ^ a b c "Dana Carvey does stand-up at the Paramount". Newsday. 
  14. ^ "Dana Carvey Emmy Nominated". Emmys.com. Diakses tanggal 2012-07-17. 
  15. ^ "Rotten Tomatoes". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 2012-07-17. 
  16. ^ Nelson, Michael J. "Inoperable Humor: The 5 Worst Comedies of All Time". Cracked. Diakses tanggal 2010-04-17. 
  17. ^ Carbone, Nick (February 25, 2012). "And the Worst Film of the Year Is Officially ..." TIME. Diakses tanggal May 13, 2013. 
  18. ^ Germain, David (April 2, 2012). "Adam Sandler sets worst-movie record as Jack and Jill wins awards in every category at Razzies". The Independent. London. Diakses tanggal May 13, 2013. 
  19. ^ "Comedy Central's 100 Greatest Stand-Ups of all Time". Everything2.com. 2004-04-18. Diakses tanggal 2012-07-17. 
  20. ^ "Dana Carvey is "DARWIN"". YouTube. 2007-06-16. Diakses tanggal 2012-07-17. 
  21. ^ "Dana Carvey's LOST Spin-off". YouTube. Diakses tanggal 2012-07-17. 
  22. ^ "Dana Carvey Biography". Biography.com. A&E Television Networks. Diakses tanggal 2 November 2015. 
  23. ^ Henerson, Evan (2002-08-04). "Carvey not laughing - this time". Houston Chronicle (edisi ke-2 Star). Chron.com. hlm. 12. Diakses tanggal 2012-07-17. 
  24. ^ "Dana Carvey to Make His Comeback in Jack and Jill?". ComingSoon.net. Diakses tanggal 2012-07-17. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]