Dalton Harris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dalton Harris
Nama lahirDalton Harris
Lahir29 Desember 1993 (umur 30)
Clarendon, Jamaika
AsalJamaika
Genre
PekerjaanPenyanyi
Instrumen
  • Vokal
Tahun aktif2009–sekarang
Label
Artis terkait

Dalton Harris (lahir 29 Desember 1993) ialah seorang penyanyi asal Jamaika. Pada tahun 2010, ia memenangkan Digicel Rising Star dan sesudah itu menandatangani kontrak dengan VP Records. Pada tahun 2018, ia dinobatkan sebagai pemenang dari X Factor Britania Raya seri kelima belas.[1]

Kehidupan dan karier[sunting | sunting sumber]

Awal[sunting | sunting sumber]

Harris lahir di Clarendon, Jamaika, sebelum pindah ke Kingston untuk mengejar karier musiknya. Harris teringat kehidupan sulit tumbuh di Jamaika dengan keluarga besar 22 saudara kandung dan hidup mandiri sejak usia 15 tahun. Ia juga berbicara tentang pelecehan fisik dan mental pada awal kehidupannya.[2] Sempat bersekolah di Edwin Allen High namun pada kelas 10 pindah ke Kingston College, tinggal sendirian di sebuah hunian tanpa fasilitas seperti air dan aliran listrik. (Pada titik ini, Dalton bertemu Donovan Germain, CEO dari Penthouse Records. Lalu Dalton masuk ke Kingston College. Ia mengulang kelas 10 dan menjadi siswa papan atas di kelas.) [3] setelah bertemu produser Donovan Germain dari Penthouse Records.[4][5]

2010: Digicel Rising Stars[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2010, Harris menjadi pemenang termuda dari kompetisi menyanyi Jamaika Digicel Rising Stars yang mana sang penyanyi memenangkan hadiah tunai sebesar 1,5 juta JMD. Akan tetapi sang penyanyi kembali ke masa sulit setelah pertunjukan.[5]

2010–2017: Karier di Jamaika[sunting | sunting sumber]

Dalton dipimpin oleh produser Donovan Germain. Ia menduduki puncak tangga lagu aula Jamaika pada tahun 2014 dengan lagu "Pauper".

Ia kemudian melintasi Amerika untuk memperluas cakupannya selama lima tahun.[3] Ia merilis banyak lagu seperti "I'm Numb", "Watch Over Me" dan "That Wonderful Sound" pada tahun 2015, "All I Need", "Whisper in the Wind", "Unfaithful Chronicles" dan "Dem Kinda Woman" pada tahun 2016 dan "Perilous Time" pada tahun 2017. Pada tahun 2018, ia merilis album bersama Unintentional Astronaut dengan Mike Needler.

2018: X Factor[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2018, Harris memasuki musim ke-15 X Factor di Inggris. Ia mengikuti audisi dengan lagu "Sorry Seems to Be the Hardest Word" milik Elton John yang lalu mengesankan para juri akan bakat menyanyinya. Ia mengakui bahwa telah mempersiapkan diri untuk mengikuti audisi selama tujuh tahun setelah kemenangan di Jamaika. Ia mendapat empat ya dari keempat juri yaitu Robbie Williams, Ayda Field, Louis Tomlinson dan Simon Cowell. Bersaing dalam kategori "Boys", ia dilatih oleh Louis Tomlinson.

Karena keberhasilan meningkatnya popularitas Jamaika, X Factor Britania Raya disiarkan di Jamaika setelah Televisi lokal Jamaika (TVJ) membeli hak penyiaran program langsung di Jamaika.[6]

Penampilan dan Hasil di X Factor
Penampilan Lagu Tema Hasil
Audisi "Sorry Seems to Be the Hardest Word" – Elton John N/A Melaju ke six-chair challenge
Six-chair challenge "Purple Rain" – Prince Melaju ke judges' houses
Judges' houses "Listen" – Beyoncé Melaju ke live shows
Live show 1 "Life on Mars?" – David Bowie This is Me Aman
Live show 2 "I Have Nothing" – Whitney Houston Guilty Pleasures Aman
Live show 3 "Creep" – Radiohead Fright Night Aman
Live show 4 "California Dreamin'" – The Mamas & the Papas Movie Night Aman
Perempat Final "Listen" – Beyoncé Big Band Aman
Semi-Final "Feeling Good" – Muse Get Me to the Final (Part I) Aman
"SOS" – ABBA Mamma Mia
"Clown" – Emeli Sandé Get Me to the Final (Part II) Aman
Final "A Song for You" – Leon Russell Tidak ada tema Pemenang
"Beneath Your Beautiful" dengan Emeli Sandé Celebrity duet
"The Power of Love" dengan James Arthur Winner's duet

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Watch: Dalton Harris crowned the X Factor 2018 Winner – I AM A JAMAICAN". iamajamaican.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-24. Diakses tanggal 2019-03-05. 
  2. ^ "Who is X Factor's Dalton Harris? The Jamaican act who won a singing show and landed a record deal". Radio Times (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-11-27. 
  3. ^ a b "Jamaican Observer: Dalton Harris eyes int'l market". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-03-05. Diakses tanggal 2019-03-05. 
  4. ^ "Dalton Harris lived in poverty after winning Digicel Rising Stars competition" (dalam bahasa Inggris). 2013-09-08. Diakses tanggal 2018-11-27. 
  5. ^ a b Limited, Jamaica Observer. "A Star shines again". Jamaica Observer. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-11-27. Diakses tanggal 2018-11-27. 
  6. ^ Jamaica Star: J'cans get to follow Dalton on X Factor.. TVJ get rights to air talent show