Dahagi Singapura 1915

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dahagi Singapura 1915, juga dikenal sebagai Dahagi Sepoy 1915 atau Dahagi Infanteri Ringan Ke-5, adalah pemberontakan yang melibatkan hingga setengah dari resimen 850 sepoy (tentara India) terhadap Inggris di Singapura selama Perang Dunia Pertama, terkait dengan Konspirasi Ghadar 1915. Dahagi itu, pada 15 Februari 1915, berlangsung hampir tujuh hari. Hal itu mengakibatkan kematian delapan perwira dan prajurit Inggris, dua perwira Melayu dan satu tentara, 14 warga sipil Inggris, lima warga sipil Tiongkok dan Melayu, dan satu tawanan perang Jerman sebelum akhirnya dipadamkan oleh pasukan Inggris dan detasemen angkatan laut Sekutu.

Alasan terjadinya dahagi ini rumit dan tetap terbuka untuk diperdebatkan.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Infanteri Ringan Ke-5[sunting | sunting sumber]

Infanteri Ringan Ke-5 adalah resimen yang telah lama didirikan di Angkatan Darat India, yang berawal dari tahun 1803[1] dan memiliki catatan militer yang baik. Awalnya resimen ini dikenal sebagai Batalion Ke-2, Infanteri Asli Bengal Ke-21 dan dinamai ulang sebagai Infanteri Pribumi Bengal (Ringan) Ke-42 pada tahun 1843. Setelah Dahagi India, juga dikenal sebagai pemberontakan India tahun 1857, resimen-resimen Bengal yang masih hidup dinamai kembali pada tahun 1861 dan akibatnya resimen Ke-42 diubah menjadi Infanteri Pribumi Bengal (Ringan) Ke-5. Setelah reformasi militer, kata ''Pribumi'' dibuang, resimen dikenal sebagai Infanteri Ringan Ke-5.[2][1] Resimen ini terkenal karena beberapa penghargaan pertempuran, termasuk Arakan, Afghanistan dan Kandahar 1842, Ghunze 1842, Kabul dan Moodkee, Ferozeshah dan Sobroan 1857.[1] Unit ini juga berperang dalam Perang Afganistan Kedua tahun 1879-1880 dan Perang Birma Ketiga tahun 1885–1887, yang menyebabkan aneksasi Inggris atas Burma dan negara jajahannya, negara bagian Shan.[1]

Sesaat sebelum Perang Dunia Pertama, resimen itu dipekerjakan dalam tugas-tugas garnisun di India. Pada 10 Oktober 1914, Infantri Ringan Ke-5 ditempatkan di Nowgong ketika resimen ini dikirim ke Singapura untuk menggantikan Infanteri Ringan Yorkshire milik Raja yang telah diperintahkan ke Prancis.[3] Tidak seperti biasanya pada tahun 1914-1915, Infantri Ringan Ke-5 adalah unit yang sepenuhnya Muslim, terutama terdiri dari Ranghars (Muslim dari Rajput) dan Pathan, yang dikomandoi oleh perwira Inggris dan India. Setibanya di Singapura, Infanteri Ringan Ke-5 bermarkas di Barak Alexandra.[4]

Perpecahan dan ketidakpuasan dalam resimen[sunting | sunting sumber]

Bahkan sebelum keberangkatannya dari India, Infanteri Ringan ke-5 menderita dari kepemimpinan senior yang lemah dan perselisihan di antara para perwira Inggrisnya (lihat rincian laporan Penyelidikan Pengadilan bawah). Untuk memperumit masalah, sepoy sendiri dibagi menjadi dua pihak yang berbeda pendapat. Satu dipimpin oleh Subedar Mayor Khan Mohamed Khan dan Subedar Wahid Ali dan yang lainnya terdiri dari Subedar Dunde Khan ditambah Jemedars Chisti Khan dan Abdul Ali Khan.[5] Menurut Penyelidikan Pengadilan, disiplin tentara telah dilanggar oleh perpecahan ini dan setiap inovasi kebijakan tertentu atau tindakan lain yang diambil dalam resimen kemungkinan akan ditentang oleh satu faksi atau yang lain.

Para sepoy juga dilaporkan tidak dapat menyesuaikan dan beradaptasi dengan kondisi kehidupan di lingkungan baru mereka. Sementara di India, para sepoy memiliki persediaan daging dan susu kambing yang konstan tetapi karena sulit untuk menerima pasokan kambing yang konstan di Singapura, mereka harus puas dengan penggantinya - ayam dan susu yang sangat sedikit.[6] Para sepoy terpaksa membeli daging dan susu mereka sendiri untuk menebus jumlah yang tidak memadai yang mereka terima dan penggunaan dolar alih-alih rupee membuat mereka semakin kesal.

Laporan Penyelidikan Pengadilan, serta kesaksian kontemporer dari dahagi itu, memandang dahagi ini pada dasarnya merupakan urusan yang terisolasi - yang dihasilkan dari masalah internal yang timbul dalam satu unit yang dipimpin dengan buruk pada layanan luar negeri. Kemungkinan keterlibatan Jerman atau Turki diperiksa dengan cermat tetapi implikasi politik dan sosial yang lebih luas umumnya diabaikan.

Dahagi[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 27 Januari 1915, Kolonel Martin mengumumkan bahwa Infanteri Ringan ke-5 akan dipindahkan ke Hong Kong untuk tugas-tugas garnisun selanjutnya, menggantikan resimen India lainnya. Namun, desas-desus beredar di kalangan para sepoy bahwa mereka mungkin dikirim ke Eropa atau ke Turki untuk berperang melawan rekan seagama mereka yang Muslim.[7] Tiga perwira India, Subedar Dunde Khan, Jemedar Christi Khan, dan Jemedar Ali Khan, kemudian diidentifikasi oleh pengadilan penyelidikan sebagai konspirator kunci dalam masalah ini.[8] Ketika perintah terakhir untuk berlayar ke Hong Kong di atas kapal Nile tiba pada bulan Februari 1915, mereka dan pemimpin kelompok lainnya di antara para sepoy memutuskan bahwa sudah waktunya untuk memberontak. Pada pagi hari tanggal 15 Februari, Komandan Perwira Umum Singapura berpidato di depan pawai perpisahan resimen, memuji para sepoy atas partisipasi mereka yang luar biasa dan merujuk pada keberangkatan mereka keesokan harinya, tanpa menyebut Hong Kong sebagai tujuan. Pada pukul 3:30 sore pada hari yang sama, empat kompi Rajput dari delapan kompi yang membentuk Infanteri Ringan ke-5[9] memberontak. Empat kompi yang sebagian besar terdiri dari sepoy Pathan yang tersisa tidak bergabung dengan pemberontakan tetapi justru tercecer dalam kebingungan. Dua perwira resimen Inggris terbunuh ketika mereka berusaha memulihkan ketertiban.

Para pemberontak membagi diri menjadi tiga kelompok. Sejumlah 100 orang pergi untuk mendapatkan amunisi dari Barak Tanglin, tempat 309 tentara Jerman termasuk anggota kru dari kapal penjelajah ringan Jerman SMS Emden, ditahan oleh Inggris. Para pemberontak menembaki para penjaga kamp dan petugas tanpa peringatan, menewaskan sepuluh penjaga Inggris, tiga tentara Johore yang ada di kamp dan satu interniran Jerman. Di antara yang mati adalah Letnan Dua John Love Montgomerie,[10] Senapan, Sersan G. Wald,[11] (Cadangan) Insinyur, Kopral D. McGilvray,[12] Senapan, Kopral GO Lawson,[13] Pengendara Sepeda Pengintai, Kopral Jance Harper Lance,[14] Senapan, Prajurit BC Cameron,[15] Senapan, Prajurit FS Drysdale,[16] Rifles; Private AJG Holt,[17] Senapan, dan Stoker 1st Class CF Anscombe,[18] HMS Cadmus.[19] Tiga orang Inggris dan satu orang Jerman terluka tetapi selamat dari serangan itu, seperti halnya delapan personil Royal Army Medical Corps di rumah sakit kamp, termasuk satu yang berhasil melarikan diri di bawah tembakan yang sengit untuk menyalakan alarm. Para pemberontak mencoba membujuk orang Jerman untuk bergabung dengan mereka, tetapi banyak orang Jerman yang terguncang oleh kekerasan yang tiba-tiba dan enggan melakukannya. Beberapa pelaut dan pasukan cadangan Jerman ingin bergabung dengan pemberontak, tetapi mayoritas mengambil sikap netral, menolak menerima senapan dari orang-orang India.[20][21] Tiga puluh lima orang Jerman melarikan diri tetapi sisanya tetap di barak.[22]

Karena ini adalah pertengahan Tahun Baru Imlek, sebagian besar Korps Sukarelawan Tiongkok sedang cuti, meninggalkan Singapura hampir tidak berdaya melawan pemberontakan. Pemerintah Inggris tidak siap, dan pemberontak lainnya melakukan pembunuhan besar-besaran di Pelabuhan Keppel dan Pasir Panjang, menewaskan 18 warga sipil Eropa dan lokal. Hukum darurat diberlakukan dan setiap orang yang tersedia dari HMS Cadmus pergi ke darat untuk bergabung dengan unit-unit Relawan Inggris, Melayu dan Cina dan sejumlah kecil pasukan reguler Inggris yang membentuk bagian dari garnisun.[23] Wakil Laksamana Inggris Sir Martyn Jerram [24] mengirim pesan radio meminta bantuan dari kapal perang sekutu di dekatnya.[25]

Sekelompok pemberontak mengepung bungalo Komandan Infanteri Ringan ke-5, Letnan Kolonel EV Martin, yang secara efektif memblokir rute ke Kota Singapura. Martin dan satu detasemen Senapan Relawan Negara-negara Melayu yang tergesa-gesa bergerak sepanjang malam tanggal 15, di bawah tembakan sporadis. Sepoy yang setia yang mencoba bergabung dengan mereka diperintahkan untuk "pergi ke tempat yang aman" untuk mencegah mereka dibuat kebingungan dalam gelap oleh pemberontak. Pada siang hari, pasukan pertahanan berhasil merebut kembali barak resimen, dengan korban satu orang terbunuh dan lima orang terluka.[26] Para pemberontak tersebar dan meskipun ada tembakan dari penembak runduk, masyarakat tetap tenang sementara para sukarelawan, pelaut dan marinir bertempur secara sporadis dengan para pemberontak.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Harper, R.W.E.; Miller, Harry (1984). Singapore Mutiny. Singapore: Oxford University Press. ISBN 978-0-19-582549-7. 
  2. ^ "Armed Forces: Units: Indian Infantry: 5th Light Infantry". British Empire. Diakses tanggal 13 February 2014. 
  3. ^ "Vivid Story of Singapore Mutiny". The New York Times. 2 May 1915. hlm. 7. 
  4. ^ Harper, R.W.E.; Miller, Harry (1984). Singapore Mutiny. Singapore: Oxford University Press. ISBN 978-0-19-582549-7. 
  5. ^ Tarling, Nicholas (1982). "'The merest pustule': The Singapore Mutiny of 1915". Journal of the Malaysian Branch of the Royal Asiatic Society. 55 (2): 26–59. 
  6. ^ Harper, R.W.E.; Miller, Harry (1984). Singapore Mutiny. Singapore: Oxford University Press. ISBN 978-0-19-582549-7. 
  7. ^ Sareen, T.R. (1995). Secret Documents on Singapore Mutiny 1915. New Delhi: Mounto Publishing House. hlm. 11–14. ISBN 978-81-7451-009-9. 
  8. ^ Harper, R.W.E.; Miller, Harry (1984). Singapore Mutiny. Oxford University Press. hlm. 22. ISBN 978-0-19-582549-7. 
  9. ^ Philip Mason, pages 426–427 "A Matter of Honour", ISBN 0-333-41837-9
  10. ^ "Life story of John Love Montgomerie from Lives of the First World War". 
  11. ^ "Life story of George Wald from Lives of the First World War". 
  12. ^ "Life story of Donald McGilvray from Lives of the First World War". 
  13. ^ "Life story of Gordon Onslow Lawson from Lives of the First World War". 
  14. ^ "Life story of J G E Harper from Lives of the First World War". 
  15. ^ "Life story of Bernard Cuthbert Cameron from Lives of the First World War". 
  16. ^ "Life story of Frank Stuart Drysdale from Lives of the First World War". 
  17. ^ "Life story of Alec John Grice Holt from Lives of the First World War". 
  18. ^ "Life story of Charles Frederick Anscombe from Lives of the First World War". 
  19. ^ "Roll of Honour". roll-of-honour.com. 
  20. ^ Harper, R.W.E.; Miller, Harry (1984). Singapore Mutiny. Singapore: Oxford University Press. hlm. 62–71. ISBN 978-0-19-582549-7. 
  21. ^ Herbert, Edwin (2003). Small Wars and Skirmishes: 1902–1918 – Early Twentieth-century Colonial Campaigns in Africa, Asia and the Americas. Foundry books. hlm. 223. ISBN 978-1-901543-05-6. 
  22. ^ Sareen, T.R. (1995). Secret Documents on Singapore Mutiny 1915. New Delhi: Mounto Publishing House. hlm. 11–14. ISBN 978-81-7451-009-9. 
  23. ^ Harper, R.W.E.; Miller, Harry (1984). Singapore Mutiny. Singapore: Oxford University Press. hlm. 122–123. ISBN 978-0-19-582549-7. 
  24. ^ "Life story of Thomas Henry Martyn Jerram from Lives of the First World War". 
  25. ^ Sareen, T.R. (1995). Secret Documents on Singapore Mutiny 1915. New Delhi: Mounto Publishing House. hlm. 11–14. ISBN 978-81-7451-009-9. 
  26. ^ "Narrative of Their Doings in the Mutiny". The Straits Times. 26 April 1915. hlm. 12.