Daftar istilah neuroanatomi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel ini menjelaskan terminologi anatomi yang digunakan untuk menggambarkan sistem saraf pusat dan perifer - termasuk otak, batang otak, sumsum tulang belakang, dan saraf. Terminologi anatomi dalam neuroanatom

Neuroanatomi, seperti aspek anatomi lainnya, menggunakan terminologi khusus untuk menggambarkan struktur anatomi. Terminologi ini membantu memastikan bahwa struktur dijelaskan secara akurat, dengan ambiguitas minimal. Istilah juga membantu memastikan bahwa struktur dijelaskan secara konsisten, bergantung pada struktur atau fungsinya. Istilah sering berasal dari bahasa Latin dan Yunani, dan seperti bidang anatomi lainnya umumnya dibakukan berdasarkan leksikon yang diterima secara internasional seperti Terminologia Anatomica.

Untuk membantu konsistensi, manusia dan spesies lain diasumsikan saat digambarkan dalam posisi anatomi standar, dengan tubuh berdiri tegak dan menghadap pengamat, lengan di samping, telapak tangan ke depan.

Saraf[sunting | sunting sumber]

Fungsi[sunting | sunting sumber]

Istilah khusus digunakan untuk saraf tepi yang berasal dari, atau tiba di, titik tertentu.

Serabut saraf aferen adalah serabut yang berasal dari titik sekarang. Misalnya, aferen striatal adalah aferen yang berasal dari striatum.

Serabut saraf eferen adalah yang tiba di titik sekarang. Misalnya, eferen kortikal adalah serat yang datang dari tempat lain, dan tiba di korteks. Perhatikan bahwa itu adalah kebalikan dari arah di mana serat saraf melakukan sinyal.[1]

Persimpangan serat saraf[sunting | sunting sumber]

Istilah khusus juga digunakan untuk menggambarkan rute saraf atau serat saraf:

Sebuah chiasm (dari bahasa Yunani 'Chi') digunakan untuk menggambarkan berbagai jenis penyeberangan atau dalam serabut saraf perifer antara belahan otak. Contoh utama dalam otak manusia adalah Optic chiasm.

Sebuah decussation (dari bahasa Latin 'dari 'deca', 10, yang ditulis dengan huruf kapital X') mengacu pada serabut saraf yang melintasi bidang sagital dari satu sisi sistem saraf pusat ke sisi lain, dan menghubungkan daerah otak yang berbeda. Ada dua jenis:

  • Tipe 1 melintasi bidang sagital di wilayah otak atau segmen tulang belakang yang sama di mana badan sel berada. Contohnya adalah sel Mauthner pada ikan dan ✓amfibi.
  • Tipe 2 melintasi bidang sagital di wilayah otak yang berbeda. Contoh: decussations piramidal.

Tipe pertama dikenal juga untuk invertebrata, sedangkan tipe kedua hanya terjadi pada vertebrata. Tipe kedua dianggap karena puntiran aksial.

Sebuah komisura adalah koneksi bilateral akson yang menghubungkan sisi kiri dan kanan dari wilayah otak yang sama. Misalnya, saluran serabut saraf yang melintasi antara dua belahan otak, adalah komisura anterior, komisura posterior, corpus callosum, komisura hippocampal, dan komisura habenular. Sumsum tulang belakang juga mengandung komisura: komisura putih anterior.

Ganglion juga dapat berbentuk persilangan saraf, tetapi ganglion selalu mengandung sinapsis antara neuron dan juga badan selnya. Jenis persilangan saraf lainnya tidak pernah mengandung sinapsis badan sel neuron.

Perbedaan antara chiasme dan decussation adalah yang pertama mengacu pada saraf tepi sedangkan yang terakhir mengacu pada penyeberangan di dalam sistem saraf pusat. Sebuah komisura menghubungkan wilayah otak yang sama di setiap sisi sedangkan decussation menghubungkan wilayah otak yang berbeda.

Istilah khusus digunakan untuk mewakili anatomi kasar otak:

Gyrus adalah lipatan luar otak, misalnya gyrus precentral. Sulkus adalah lipatan ke dalam, atau lembah di permukaan otak - misalnya sulkus sentral. Istilah tambahan yang digunakan untuk menggambarkan ini mungkin termasuk:

Annectent gyrus, untuk gyrus kecil yang tersembunyi di kedalaman sulkus sulcal fundus, untuk bagian bawah sulkus, lipatan ke dalam Celah digunakan untuk menggambarkan:

Alur yang dalam dihasilkan oleh operkularisasi. Contohnya adalah Celah Sylvian. Alur yang dalam dihasilkan oleh diferensiasi vesikel telencephalic. Contohnya adalah fisura longitudinal, juga dikenal sebagai fisura interhemispheric.[2]

Pencitraan[sunting | sunting sumber]

Akronim khusus digunakan untuk mewakili pencitraan. Beberapa akronim umum termasuk MRI (Magnetic Resonance Imaging) dan CT (Computed tomography).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hal., Blumenfeld (2010). Neuroanatomy through clinical cases (edisi ke-2nd). Sunderland, Mass.: Sinauer Associates. ISBN 9780878930586. OCLC 473478856. 
  2. ^ https://repository.unair.ac.id/96423/1/Belajar%20praktis%20Neuroanatomi.pdf