Shokugeki no Sōma (musim 3)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Shokugeki no Sōma
Musim 3
Gambar sampul bagian belakang dari kompilasi Blu-ray pertama, menampilkan Sōma Yukihira (kiri) dan Erina Nakiri (kanan)
Negara asalJepang
Jml. episode24
Rilis
Jaringan asliTokyo MX, BS11, Animax, AbemaTV
Tanggal disiarkan4 Oktober 2017 (2017-10-04) –
25 Juni 2018 (2018-6-25)
Kronologi Musim
← Sebelumnya
Musim 2
Berikutnya →
Musim 4
Daftar episode

Musim ketiga dari seri anime Shokugeki no Sōma, berjudul San no Sara (餐ノ皿, The Third Plate), diproduksi oleh J.C.Staff dan disutradarai oleh Yoshitomo Yonetani. Musim ini ditayangkan di Jepang pada saluran Tokyo MX sejak tanggal 4 November 2017 hingga 25 Juni 2018 dengan siaran tambahan di BS11, Animax, dan AbemaTV.[1] Musim ketiga ini dibagi menjadi dua paruh, paruh pertama mencakup Festival Bulan ketika Sōma Yukihira menantang anggota Dewan Elit Sepuluh, Terunori Kuga untuk melihat siapa yang bisa mengumpulkan uang lebih banyak dalam festival yang berlangsung selama tiga hari tersebut. Namun, ayah Erina Nakiri—yang bernama Azami Nakiri, telah merencanakan sesuatu di balik layar untuk mengambil alih akademi dan menetapkan serangkaian reformasi dalam kepemimpinannya. Di antaranya adalah pendirian lembaga penguasa baru bernama Central Gourmet Institute serta penghapusan seluruh kelompok independen di dalam lingkungan akademi Totsuki, termasuk Asrama Bintang Polar. Namun, Sōma dan kawan-kawannya menjadi target untuk dikeluarkan dari akademi karena mereka berhasil mempertahankan Asrama Bintang Polar dan beberapa kelompok independen lainnya. Paruh kedua menceritakan tentang ujian kenaikan kelas, yang menjamin kelulusan semua siswa apabila berpegang teguh pada kurikulum dan peraturan dari Central. Pada akhir bagian kedua, kelompok Sōma menantang kelompok Azami dalam pertandingan Shokugeki, demi menjatuhkannya dari jabatan kepala sekolah.

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

CeritaEpisodeJudul [a][b]Tanggal tayang asli [2]
Bagian 1[3]
381"Challenging the Elite Ten"
"Jukketsu ni Idomu" (Jepang: 十傑に挑む)
4 Oktober 2017 (2017-10-04)
Menanggapi provokasi Kuga yang merendahkan di acara Autumn Leaves Viewing, Soma memutuskan untuk memamerkan keterampilan memasaknya pada Festival Bulan mendatang, sebuah acara yang melibatkan kelompok atau individu untuk mendirikan stan makanan di halaman akademi. Setelah memutuskan untuk melawan Kuga secara langsung, Soma mendekati Miyoko Hojo, yang ahli dalam masakan Tiongkok seperti Kuga. Miyoko menjelaskan bahwa meskipun ia ahli dalam semua bentuk masakan Cina, fokus Kuga terletak pada masakan pedas Sichuan. Miyako kemudian membawa Soma ke tempat Kuga, Lembaga Riset Masakan Tiongkok. Soma kaget melihat betapa banyak koki yang bekerja serempak dan presisi, semuanya dilatih oleh Kuga sendiri. Setelah mencicipi sepuluh hidangan khusus dari tahu Mapo yang identik, Soma menjadi lebih bertekad untuk mengalahkan Kuga, dimulai dari mengambil wilayah stan langsung di depannya, dan dia juga memutuskan untuk menyajikan masakan Tiongkok. Ketika Soma mengirimkan formulir pendaftaran, Erina mengatakan bahwa dia akan dikeluarkan jika stannya mengalami kerugian, dan ini mengejutkan Soma.
392"Má and Là"
"Mā to Rā" (Jepang: 『麻』と『辣』)
11 Oktober 2017 (2017-10-11)
Mendengar tentang pernyataan perang Soma yang tidak langsung terhadap Kuga, Alice yang awalnya tidak peduli bergabung dengan festival. Ia memanfaatkan insting keibuan Jun untuk memasukkannya bersama Ryo di stan yang dikelola oleh Seminar Shiomi, dan ini membuat Hayama kesal. Setelah tanpa sadar mencicipi versi tahu mapo versi Soma, Erina dengan angkuh menjelaskan kepadanya konsep `Má' ( terj. har. panas) dan `là ( terj. har. kepedasan) dalam masakan Sichuan, tanpa sengaja memberikan informasi bermanfaat kepada Soma. Alice dan Hisako menjelaskan bahwa tingkat kepedasan bekerja pada reseptor vaniloid yang berbeda dari indera perasa, dan lebih condong kepada indera rasa sakit—yang memiliki efek adiktif dan penyembuhan. Kembali di asrama, Soma dibantu Megumi mulai bereksperimen untuk mengejar ketertinggalan kemampuannya dari Kuga; tetapi akhirnya hanya membuat hidangan yang terlalu pedas. Keesokan harinya, Hojo meminjamkan mereka oven tanah liat terbuka milik departemen Tiongkok dan mereka berencana untuk membuat Hujiao bing demi menarik pelanggan dengan metode memasak yang unik.
403"Moon Festival"
"Gekkyōsai" (Jepang: 月饗祭)
18 Oktober 2017 (2017-10-18)
Hari pertama Festival Bulan dimulai, dan restoran Kuga segera mendapat antrean pelanggan yang panjang, sementara Soma mampu mengesankan segelintir pelanggan yang didapatnya. Stan-stan yang dikelola oleh Isshiki dan Asrama Bintang Polar, Don RS dan Ikumi, dan Aldini bersaudara tampaknya berjalan baik. Saat berakhirnya hari pertama, restoran Kuga meraih tempat pertama dalam hal penjualan di wilayah Tengah, dan dua stan yang mengalami kerugian adalah stan Soma dan Seminar Shiomi, membuat Erina marah karena mereka semua merupakan peserta penting pada babak utama turnamen Pemilihan Musim Gugur. Hari kedua berlalu dan restoran Kuga sekali lagi mengambil tempat pertama, sementara Soma berhasil memanjat lima posisi dari tempat terakhir setelah memperkenalkan hidangan mi baru yang dibuat dengan mengiris adonan untuk Hujiao ke dalam mi dan menggabungkannya dengan bawang putih, stok udang, dan daging babi berisi—berimprovisasi dari hidangan mi ta-a. Sementara itu, Alice memutuskan untuk memulai dari awal dan bekerja sama dengan Hayama untuk membuat hidangan yang akan memuaskan pelanggan.
414"A Pride of Young Lions"
"Wakaki Shishi-tachi no Mure" (Jepang: 若き獅子たちの群れ)
25 Oktober 2017 (2017-10-25)
Hari ketiga berlalu tanpa banyak perubahan. Soma menyadari bahwa meskipun bisnis Kuga termasuk stabil, waktu tunggu yang lama dan kebutuhan untuk makan cepat pada saat-saat puncak membuat para pengunjung merasa frustrasi. Dengan bantuan Tomita pada hari keempat, Soma menambahkan meja dan kursi di sekeliling stannya. Ia juga menambahkan menu mapo tahu ala Yukihira yang telah dibuat ulang dengan menambahkan mi dan bakso misterius berukuran besar dengan kari di dalamnya. Aroma dan penampilannya yang menarik, berhasil memikat pelanggan Kuga yang frustrasi, dan perlahan tapi pasti, mereka mulai pindah ke stannya. Ketika jumlah pelanggan mulai membludak, Mimasaka datang untuk membantu. Saat Megumi melayani pelanggan dan malam mulai tiba, teman-teman mereka dari stan lain dan anggota Lembaga Riset Masakan Daerah (Regional Cuisine RS) tempat Megumi bergabung, tiba untuk membantu mereka memasak dan menarik lebih banyak pelanggan. Bersama-sama, mereka melewati hari keempat dan mengalahkan restoran Kuga dalam hal penjualan di daerah itu, sekaligus meraih tempat pertama. Stan milik Seminar Shiomi juga akhirnya berhasil menarik pelanggan dan menebus kerugian mereka.
425"The Darkening Dinner Table"
"Kageriyuku Shokutaku" (Jepang: 翳りゆく食卓)
1 November 2017 (2017-11-01)
Kuga mengalahkan Soma lagi pada hari kelima sekaligus hari terakhir dari Festival Bulan, tetapi dia masih tidak puas. Sebuah kilas balik mengungkapkan bahwa Kuga juga perna menantang Elit Sepuluh saat dia masih kelas satu pada acara Autumn Leaves Viewing sebelumnya. Tsukasa Eishi—kursi pertama saat ini, menerima tantangannya. Saat Kuga kalah, dia membuat kesepakatan dengan Tsukasa: jika Kuga berada di posisi pertama dalam penjualan di area Tengah setiap hari pada ajang Festival Bulan, seperti halnya Tsukasa pada tahun sebelumnya, mereka bisa bertanding ulang. Sayangnya, Kuga dan Soma kalah, karena Soma juga tidak mencapai tujuannya untuk mengalahkan Kuga dalam total penjualan. Sebagai bentuk hiburan, kursi kedua Rindou Kobayashi mengundang Soma dan Megumi ke stan Tsukasa, dan mereka bertiga menikmati sembilan hidangan yang seluruhnya disiapkan oleh Tsukasa. Penasaran dengan kualitas makanan yang ditawarkan oleh wilayah teratas, Soma mengunjungi stan Erina; hanya untuk menemukan Erina gemetar ketakutan dan para tamu stannya juga dibuat terkejut oleh penampilan tak terduga dari ayahnya yang elitis—Azami Nakiri. Soma dan Megumi menyaksikan Azami mengejek para tamu yang telah mencicipi makanan Erina. Azami kemudian menyatakan bahwa dirinya adalah kepala akademi Totsuki yang baru, menurunkan Senzaemon dari jabatannya setelah mengungkapkan bahwa dia telah mendapat dukungan dari 6 anggota Elit Sepuluh.
436"The Imprisoned Queen"
"Toraware no Joō" (Jepang: 囚われの女王)
8 November 2017 (2017-11-08)
Gin dan Joichiro bertemu secara kebetulan setelah bertahun-tahun, dan di tengah-tengah reuni mereka, Gin diberitahukan bahwa jabatan Senzaemon telah digantikan oleh Azami, yang dulunya pernah menduduki kursi ketiga—di belakang mereka berdua. Berita tentang kenaikan Azami menyebar seperti api di seluruh penjuru akademi, dan ini sangat mengejutkan para siswa dan masyarakat. Azami membebastugaskan Hisako dari jabatannya sebagai sekretaris Erina, dan Erina tidak dapat menentang keputusan ini. Senzaemon bertemu dengan Soma, dan dia mengenang masa kecil Erina sebagai gadis kecil yang bahagia, dan menceritakan bahwa Erina telah dicuci otak, dilecehkan, dan diisolasi oleh Azami demi memoles kemampuan "Lidah Dewa" miliknya hingga menjadi seperti sekarang ini. Ini membuat Erina trauma dengan kehadiran ayahnya. Azami juga merobek semua surat yang dikirim Alice untuk Erina dari Skandinavia. Azami kemudian diasingkan, tetapi terus membangun jaringannya yang kuat di belahan lain dunia. Meskipun Soma tampak tidak begitu simpatik dengan situasi Erina, dia mengulangi janjinya sejak pertama kali bertemu Erina kepada Senzaemon: untuk membuatnya mengatakan bahwa masakannya enak. Ketika Erina mulai putus asa sendirian di kamarnya, Alice, Ryo dan Hisako tiba untuk membebaskannya dari kediaman Nakiri, dan akhirnya memindahkannya di Asrama Bintang Polar. Setelah mengetahui tentang masa lalunya, penghuni lain menerima Erina sebagai bagian dari asrama.
447"It Begins"
"Hibuta wa Kirareta" (Jepang: 火蓋は切られた)
15 November 2017 (2017-11-15)
Azami mengumumkan bahwa semua lembaga penelitian dan badan independen di Totsuki akan dibubarkan, dan pengumuman ini sangat mengejutkan bagi badan dan staf mahasiswa. Ia juga mengumumkan pembentukan Central Gourmet Society—sebuah badan otoriter baru yang akan memutuskan apa yang harus dimasak dan dibuat oleh siswa. Kursi kesembilan, Eizan Etsuya, tiba di Asrama Bintang Polar bersama anak buahnya untuk mengumumkan bahwa asrama tersebut ditutup. Namun, Soma secara terang-terangan bertanya apakah Shokugeki dapat membatalkan keputusan tersebut. Sebagai tanggapan, Eizan menerima dan menyiarkan langsung pertandingan Shokugeki-nya melawan Kabutoyama Tetsuji—ketua Lembaga Riset Tusuk Sate, hanya untuk mengungkapkan bahwa dia telah menyuap para hakim, dan dengan kejam menyatakan bahwa Shokugeki sudah mati. Ketika penghuni asrama mulai meratapi nasib mereka, Soma dengan keras kepala mengeluarkan tantangan Shokugeki kepada Eizan demi kelangsungan asramanya. Ketika Shokugeki mereka dimulai, Eizan dengan diam-diam mengarahkan anak buahnya untuk mengosongkan Asrama Bintang Polar secara paksa, memperburuk situasi Soma.
458"The Alchemist"
"Arukimisuta" (Jepang: 錬金術師 (アルキミスタ))
22 November 2017 (2017-11-22)
Soma menolak terintimidasi oleh taktik Eizan dan terus memasak, dan ini membuat Eizan marah. Sementara itu, penghuni Asrama Bintang Polar bersatu dan mengusir para anak buah Eizan. Setelah terus diejek oleh Soma, Eizan akhirnya memutuskan untuk memasak dengan serius. Dengan tema Satsuma Jidori Chicken, Eizan menyajikan hidangan nasi ayam Hainan yang mengesankan para juri dan Soma. Soma merespons dengan hidangan gyoza ujung sayap ayam khusus yang menggunakan lemak babi, keju parmesan, dan kecap sebagai bahan khusus. Ia menantang Eizan untuk mencoba hidangannya, dan saat Eizan mulai menggigitnya, dia dengan enggan mengakui bahwa hidangan Soma rasanya enak. Melihat reaksi Eizan dan tergoda oleh aroma makanan tersebut, para juri dengan hati-hati dan diliputi rasa ingin tahu mulai mencicipi hidangan Soma. Merasa kagum dengan rasanya yang unik dan lezat—meskipun menggunakan metode memasak yang tidak lazim untuk membuatnya, para juri memilih Soma dengan suara bulat. Eizan terpaksa mengakui kekalahannya, dan Soma menyatakan kepada seluruh akademi melalui siaran langsung bahwa dia akan bertanding dengan siapa saja yang mengancam teman-temannya dan Bintang Polar, bahkan jika itu Elit Sepuluh sekalipun.
469"Hunting the Survivors"
"Zantōgari" (Jepang: 残党狩り)
29 November 2017 (2017-11-29)
Dengan kemenangan Soma, para anak buah Eizan ditarik dan Asrama Bintang Polar terselamatkan. Para penghuni asrama merayakan kemenangan, bersama dengan Erina, Hisako, Takumi, dan Isami. Isshiki kemudian datang dan menjelaskan bahwa berkat kemenangan Soma, Central sekarang mengizinkan lembaga dan organisasi akademi untuk mengeluarkan permohonan Shokugeki yang akan diawasi oleh juri netral. Beberapa hari kemudian, Isshiki diberhentikan dari Elit Sepuluh, bersama dengan Kuga dan kursi ketiga—Megishima, karena mereka menentang pengangkatan Azami. Sementara itu, anggota Elit Sepuluh yang tersisa dan anggota Central lainnya mulai "memburu mereka yang bertahan" dengan mengalahkan organisasi akademi lain dalam pertandingan Shokugeki mereka. Soma dan teman-temannya memutuskan untuk mengamati pertandingan demi mendapatkan informasi tentang lawan potensial mereka. Alice dan Ryo tiba untuk melakukan pertandingan Shokugeki yang terakhir untuk hari itu, dan semua pertandingan sebelumnya dimenangkan oleh Central. Alice menjelaskan bahwa dia secara tidak sengaja menjadi ketua Lembaga Riset Masakan Berteknologi (Cutting Edge Cuisine RS), sekaligus menjadikannya target dalam perburuan. Ryo menerima tantangan mengatasnamakan Alice, dan bersiap untuk berhadapan dengan anggota Central bernama Kusunoki Rentaro, dan bahan utama pertandingan ini adalah salmon.
4710"The Salmon Will Dance"
"Sake wa Odoru" (Jepang: 鮭は踊る)
6 Desember 2017 (2017-12-06)
Ketika Ryo menyiapkan hidangannya, terungkap bahwa Rentaro adalah seorang ahli memasak dalam suhu rendah dan dia menggunakan combi steamer dan cryomill untuk membuat flam confit salmon yang memiliki sisi es krim salmon. Ryo merespons dengan memanggang coulibiac. Ketika para juri menilai hidangan mana yang lebih baik, Rentaro dengan terburu-buru menyombongkan diri bahwa dia telah merendam salmon dalam minyak zaitun saat memasaknya, yang akan mencegah uap air keluar dari daging dan dengan demikian akan menjaga kualitas rasanya. Namun, para juri menyatakan bahwa hidangan Ryo lebih unggul. Ryo mengungkapkan bahwa ia telah memasukkan crêpe bayam, dan campuran rempah-rempah khusus—yang dia pelajari dari pengalamannya di restoran kari—ke dalam coulibiac-nya. Selain itu, campuran Ryo dari berbagai rasa yang tidak merata bersama-sama menonjolkan rasa salmon-nya, memberikan sensasi dinamis yang jauh lebih baik daripada salmon buatan Rentaro. Ryo dinyatakan sebagai pemenang—dan pada saat yang sama—Azami memasuki arena.
4811"Der Weiße Ritter der Tafel"
"Shokutaku no Shirokishi" (Jepang: 食卓の白騎士)
13 Desember 2017 (2017-12-13)
Erina muncul di arena tepat ketika Alice mencaci Azami di depan umum, dan memberi tahu Erina untuk membela dirinya sendiri. Keesokan harinya, Soma menjadi sukarelawan untuk menjadi sous chef (koki pembantu) Tsukasa Eishi di kelas, membuat Tsukasa terkesan dengan keterampilannya yang lebih baik. Setelah kelas berakhir, Tsukasa meminta Soma untuk bergabung dengan Central sebagai asistennya, dan Soma menolak. Tsukasa kemudian menantang Soma dalam sebuah pertandingan Shokugeki tidak resmi dan mempertaruhkan posisinya sebagai kursi pertama, dan sebagai gantinya Soma harus bergabung dengan Central apabila dia kalah. Erina, Hisako, dan Megumi menyaksikan dari luar, sambil bersembunyi. Soma kemudian bertanya kepada Tsukasa apa rencana Azami dan Central yang sebenarnya, dan Tsukasa mengungkapkan bahwa tujuan jangka panjang utama Azami adalah untuk menghilangkan semua restoran di Jepang dan menggantinya dengan restoran-restoran makanan mewah yang hanya disetujuinya. Menyadari bahwa ini berarti merupakan akhir dari banyak restoran lokal—seperti Rumah Makan Yukihira, Soma memutuskan untuk mengalahkan Tsukasa sehingga dia tidak akan dipaksa untuk bergabung dengan Central.
4912"The One Who Aims for the Summit"
"Itadaki wo Mezasu Mono" (Jepang: 頂を目指す者)
20 Desember 2017 (2017-12-20)
Soma membuat paha daging rusa panggang dengan saus kastanye manis, sementara Tsukasa membuat daging punggung rusa dengan lada dan saus beri. Saat mereka selesai, Erina, Hisako, dan Megumi bertindak sebagai juri dan mereka dengan enggan menyatakan hidangan Tsukasa sebagai pemenang. Namun, Tsukasa berubah pikiran dan memutuskan untuk tidak memaksa Soma masuk ke Central, sambil menambahkan bahwa gaya memasak Soma yang tidak ortodoks dan tidak dapat diprediksi bisa jadi akan menghalangi masakannya sendiri. Perburuan yang kedua dimulai beberapa hari kemudian, dan Megumi, Ikumi, serta Marui berhasil menyelamatkan klub mereka masing-masing. Malam itu, Azami berkunjung ke Asrama Bintang Polar, dan dia diterima dengan dingin. Saat dia bergegas pergi, Soma menemui Azami, dan mengungkapkan bahwa dia adalah bagian dari Generasi Emas Bintang Polar, dan bahwa dia menghormati Joichiro dan masakannya. Soma kemudian memberi tahu Azami bahwa Joichiro adalah ayahnya—tepat saat Erina muncul di tengah pembicaraan, dan fakta ini mengejutkan mereka berdua. Merasa penasaran, Azami dengan sombong menyatakan bahwa revolusi yang ia rencanakan dimaksudkan untuk menjatuhkan dunia makanan yang telah "menghancurkan" Joichiro, membuat Soma dan Erina bertanya-tanya apa yang telah terjadi antara Joichiro dan Azami.
Bagian 2[4]
5013"Advancement Exam"
"Shinkyū Shiken" (Jepang: 進級試験)
9 April 2018 (2018-04-09)
5114"Onward on the Totsuki Train"
"Tōtsuki-ressha wa Iku" (Jepang: 遠月列車は行)
16 April 2018 (2018-04-16)
5215"Jeanne d'Arc Rises"
"Tachiagaru Onna Kishi" (Jepang: 立ち上がる女騎士)
23 April 2018 (2018-04-23)
5316"Revenge Match"
"Ribenji Matchi" (Jepang: リベンジ・マッチ)
30 April 2018 (2018-04-30)
5417"The Umami Tightrope"
"Umami no Tsunawatari" (Jepang: 旨味の綱渡り)
7 Mei 2018 (2018-05-07)
5518"For Whom"
"Dare ga Tame ni" (Jepang: 誰が為に)
14 Mei 2018 (2018-05-14)
5619"Declaration of War"
"Sensen Fukoku" (Jepang: 宣戦布告)
21 Mei 2018 (2018-05-21)
5720"Erina's Diligent Studies"
"Erina no Kensan" (Jepang: えりなの研鑽)
28 Mei 2018 (2018-05-28)
5821"The Pioneer of the Wastelands"
"Kōya o Hiraku Mono" (Jepang: 荒野を拓く者)
4 Juni 2018 (2018-06-04)
5922"To the Final Battleground"
"Kessen no Chi e" (Jepang: 決戦の地へ)
11 Juni 2018 (2018-06-11)
6023"Bearing Polar Star Dormitory"
"Kyokuseiryō o Seotte" (Jepang: 極星寮を背負って)
18 Juni 2018 (2018-06-18)
6124"The Basis for Strength"
"Kyōshataru Yuen" (Jepang: 強者たる所以 (ゆえん))
25 Juni 2018 (2018-06-25)

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Judul bahasa Inggris diambil dari Sentai Filmworks.
  2. ^ Judul terjemahan bahasa Inggris diambil dari Crunchyroll.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "On Air". Food Wars! Shokugeki no Sōma Official Website (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 November 2017. Diakses tanggal 17 Oktober 2018. 
  2. ^ 食戟のソーマ 餐ノ皿 [Food Wars! Shokugeki no Soma: The Third Plate]. Tokyo MX (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-10-18. Diakses tanggal 16 November 2017. 
  3. ^ 食戟のソーマ 餐ノ皿の放送情報. Tokyo MX (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-10-18. Diakses tanggal 16 November 2017. 
  4. ^ 食戟のソーマ 餐ノ皿 遠月列車篇. Tokyo MX (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-10-17. Diakses tanggal 13 April 2018.